Tempat Wisata

Air Terjun Siluwok, nikmati panorama air terjun yang mempesona di Kulon Progo

Pernah dengar Air Terjun Siluwok? Kalau tidak biasa karena masih merupakan objek wisata baru di Kulon Progo Yogyakarta.

harga tiket: Bebas, Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Mengger Malang, Sidoharjo, Kec. Samigaluh, Kab.Kulon Progo, DI Yogyakarta; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Ketika mendengar kata Jogja, keberagaman pariwisata langsung terlintas di benak. Itu memang benar, karena kota ini seolah menjadi surga bagi wisatawan di Indonesia.

Berada di kawasan Kulon Progo, air terjun Siluwok ini masih sangat asri. Lokasinya berada di kawasan hutan komunal, sehingga keindahannya selalu terjaga. Jika Anda tertarik untuk mengunjunginya, tidak ada salahnya untuk menyimak terlebih dahulu ulasannya di bawah ini.

Daya Tarik Wisata Curuk Siluwok

Obyek wisata Curuk SiluwokSumber gambar: Twitter jogjaupdate.com

Salah satu alasan mengapa Anda harus mencoba datang langsung ke air terjun di kawasan Kulon Progo Yogyakarta ini yang menawarkan sejumlah atraksi antara lain:

1. Panorama air terjun yang mempesona

Air terjun atau Curug Siluwok ini memiliki ciri khas tersendiri. Sedikit berbeda dengan air terjun pada umumnya, khususnya di Kulon Progo. Air di air terjun ini mengalir dari tebing yang cukup tinggi. Warnanya juga menarik, yakni biru muda.

Namun, warna ini hanya muncul jika Anda berkunjung saat musim kemarau. Berbeda jika Anda datang pada musim hujan. Ini karena kenampakan air terjun menjadi keruh berwarna coklat.

2. Lokasinya strategis

Padahal, lokasi Air Terjun Siluwok tidak jauh dari objek wisata lainnya, yakni Air Terjun Perawan Sidoharjo. Hingga saat ini, meski tergolong baru, wisata air terjun Siluwok semakin menjadi primadona di Kulon Progo.

Untuk bisa mencapai air terjun ini anda harus mendaki melewati hutan yang masih sangat alami. Jadi jika ingin datang, pastikan Anda memiliki tenaga dan kondisi fisik yang cukup. Jalur yang dilalui berada di tepi tebing dan cukup licin.

3. Kesegaran alami air terjun pegunungan

Kedalaman air terjun Siluwok sendiri hanya sekitar 2 meter saja. Kedalaman yang luar biasa ini sebenarnya cukup aman digunakan untuk berenang. Selain itu, banyak juga spot foto yang bisa kamu gunakan untuk kenang-kenangan.

Kesegaran Air Terjun Siluwok tidak boleh diremehkan. Anda bisa merasakan dinginnya air khas pegunungan. Dapat sejenak mendinginkan pikiran yang lelah menjadi segar dan aktif kembali.

4. Tidak terlalu tinggi tapi cukup berat

Curug Siluwok sebenarnya tidak setinggi itu, hanya sekitar 20 meter saja. Meskipun demikian, dapat dikatakan bahwa drainase airnya cukup kuat. Di bawah ini adalah kolam alami yang cocok untuk berenang dan bermain air.

5. Keberadaan satwa liar yang eksotik

Untuk menuju Air Terjun Siluwok, pengunjung harus berjalan kaki melalui jalan setapak di dalam hutan. Menariknya, jika beruntung, Anda bisa melihat sekumpulan hewan eksotis, yaitu monyet. Bahkan, ada hamparan sawah berundak yang enak dipandang mata.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun SiluwokSumber gambar: Twitter Vinkacu

Air Terjun Siluwok terletak di Jalan Kawenon, Sidoharjo, Samigaluh, Kulon Progo, Yogyakarta. Rute yang dapat ditempuh adalah melalui jalur Seyegan menuju Balangan hingga Kecamatan Minggir.

Di Minggir Anda akan menemukan pertigaan Dekso lalu berkendara menuju Samigaluh. Dari situ ikuti saja jalan tersebut hingga bertemu dengan penunjuk jalan menuju Curug Sidoharjo. Wisata Air Terjun Siluwok terletak di dekat Air Terjun Sidoharjo sehingga bisa langsung dikunjungi.

Waktu berkendara untuk wisata ini adalah 1 jam perjalanan dari pusat kota Yogyakarta. Jaraknya kurang lebih 31 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu normal dengan kendaraan bermotor.

Dari tempat parkir Anda harus berjalan kaki sekitar 700 meter untuk sampai ke air terjun cantik ini. Jalannya licin dan di tepi jurang. Karena itu, Anda harus selalu berhati-hati selama perjalanan yang memakan waktu sekitar 20 menit.

Biaya masuk wisata alam

Karena terbilang baru, pihak pengelola tidak memungut biaya masuk untuk bisa melihat keindahan Air Terjun Siluwok secara langsung. Itu berarti Anda dapat masuk dan keluar dengan bebas tanpa membayar biaya sedikit pun.

Namun, mereka yang tiba dengan kendaraan dapat mengharapkan biaya parkir. Biayanya tidak terlalu mahal dan termasuk terjangkau. Biaya parkir adalah Rp 5.000 untuk mobil dan Rp 2.000 untuk sepeda motor.

Tampaknya tidak ada peraturan khusus mengenai jam buka. Artinya, Anda bisa berkunjung setiap hari. Akan lebih nyaman jika Anda datang pada pagi hingga sore hari karena medan yang harus dilalui tidak terlalu mudah sehingga lebih aman.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Siluwok

Aktivitas seru di Air Terjun SiluwokSumber Gambar: Google Maps Tommy Saputra

Apa yang bisa pengunjung lakukan di sana? Ada banyak aktivitas, meski cukup umum bagi wisatawan air terjun. Meski begitu, liburan di sana bisa menawarkan pengalaman terbaik karena tempatnya masih sangat asri. Anda dapat melakukan hal-hal menyenangkan seperti:

1. Berenang

Kegiatan yang selalu dilakukan seseorang saat datang ke air terjun atau wisata air terjun, apalagi jika tidak melibatkan berenang. Ada semacam kolam alami dengan kedalaman yang aman di bawah Air Terjun Siluwok. Cocok untuk anda yang suka berenang karena airnya sangat segar dan dingin.

2. Rendam

Anda tidak terlalu suka berenang atau Anda tidak pandai berenang? Anda tidak perlu dipaksa untuk berenang. Anda juga bisa berenang saja karena kolamnya sangat aman. Namun, jangan menyelam di bawah air terjun saat musim hujan.

Pasalnya, bisa jadi air terjun tersebut membawa material berbahaya dari atas. Misalnya seperti sepotong kayu atau kerikil. Semua ini dapat melukai Anda jika mengenai tubuh atau kepala.

3. Mainkan air

Pengunjung bisa sekedar bermain air di sekitar air terjun. Banyak orang melakukannya. Sambil menikmati dinginnya air terjun, rasakan sejuknya udara pegunungan.

4. Melompat dari tepi air terjun

Air Terjun Siluwok dikelilingi beberapa tebing tinggi dengan bebatuan besar di tepinya. Anda bisa menggunakannya untuk melompat ke dasar air terjun. Ini akan menjadi sensasi tersendiri ketika nanti Anda berhasil sampai ke dasar kolam airnya. Tentunya kegiatan ini hanya boleh dilakukan oleh orang yang sudah berpengalaman.

5. Ambil foto

Jangan lewatkan juga untuk mengabadikan banyak momen menarik di Air Terjun Siliwok. Tersedia banyak spot foto menarik. Cocok sebagai oleh-oleh.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun SiluwokSumber gambar: Twitter jalan perjalanan

Air Terjun Siluwok tidak dikelola oleh siapapun. Oleh karena itu, dapat dikatakan bahwa fasilitasnya masih sangat terbatas. Selain tempat parkir di rumah penduduk setempat, di sana juga banyak orang yang berjualan makanan dan minuman ringan.

Nah, jika Anda cukup lelah setelah seharian jalan-jalan, Anda bisa bersantai sejenak dengan memesan hidangan yang sesuai dengan keinginan Anda. Harganya relatif terjangkau. Jangan lupa untuk selalu menaruh sisa makanan dan minuman pada tempatnya untuk menjaga kelestarian tempat wisata tersebut.

Itu tadi ulasan yang cukup singkat tentang wisata Curug Siluwok di Yogyakarta. Meski masih baru dan minim fasilitas, keindahannya justru menjadi daya tarik tersendiri. Anda bisa menjadikannya destinasi wisata terbaik dengan mengajak keluarga atau teman terdekat Anda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button