Tak Berkategori

Air Terjun Songgo Langit – Atraksi, Aktivitas, Lokasi dan Harga Tiket

Air Terjun Songgo Langit yang disebut juga “Penyangga Surga” menawarkan keajaiban alam eksotik penuh rahasia di Jepara.

Harga tiket: Rp6.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Bucu, Kec. Kembang, Kab.Jepara, Jawa Tengah; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Songgo Langit merupakan salah satu destinasi alam paling populer di Jepara. Airnya merupakan mata air alami yang berasal dari sungai di atas. Air terjun ini merupakan air terjun tertinggi di bawah Gunung Muria. Limpasan air dipengaruhi oleh curah hujan, pada musim hujan limpasan air deras, sedangkan pada musim kemarau limpasan air berkurang.

Air terjun setinggi 80 meter ini memiliki lebar sekitar 2 meter. Hal yang perlu diperhatikan wisatawan saat berlibur ke air terjun adalah tidak diperbolehkan mandi atau bermain air langsung di bawah air terjun karena sangat berbahaya.

Tempat jatuhnya air tersebut membentuk cekungan atau cekungan sedalam 8 meter. Pusaran air di palung ini sangat kuat sehingga pengunjung tidak boleh mendekatinya. Air Terjun Songgo Langit memiliki beragam keindahan yang ditawarkan. Selain itu, semakin banyak juga cerita misterius di kalangan masyarakat. Penasaran dengan keindahannya? Simak ulasannya di bawah ini.

➥ Penawaran hotel di Jepara

Objek wisata yang ditawarkan Air Terjun Songgo Langit

Objek Wisata Air Terjun Songgo LangitFoto: Google Maps / Frizal Biru Tua

1. Julukan Penyangga Langit

Gunung Muria merupakan gunung yang sangat terkenal di kalangan masyarakat Jawa Tengah. Ketinggian gunung ini 1.601 meter di atas permukaan laut. Gunung ini merupakan tempat peristirahatan salah satu Walisongo yaitu Sunan Muria. Keindahan Gunung Muria memang tak perlu diragukan lagi, tak hanya di puncak gunungnya, tapi juga di lerengnya.

Air Terjun Songgo Langit dari nama Songgo berarti “penopang” dipadukan dengan kata “Langit” yang berarti “penopang langit”. Pasalnya, ketinggian air terjun yang mencapai 80 meter ini dipercaya mampu menopang langit. Keindahan alam yang luar biasa ternyata mampu menunjang langit Jepara.

2. Kisah mistis di balik Air Terjun Songgo Langit

Air terjun eksotik ini terkenal tidak hanya keindahannya saja, namun juga kisah mistisnya yaitu tentang sepasang suami istri yang sedang menaiki kereta di tengah malam, kemudian salah jalan dan terjatuh ke dalam jurang, Ngarai Ini akan berasumsi itu adalah air terjun yang indah ini.

➥ Opentrip 3D2N Karimun Jawa Jepara

Kisah mistik yang kedua adalah kepercayaan bahwa air terjun tersebut membutuhkan pengorbanan ketika orang belum menikah. Kepercayaan ini dianut oleh masyarakat setempat sehingga jarang sekali orang yang belum menikah bermain di kawasan air terjun indah ini. Benar atau tidaknya belum bisa dibuktikan secara pasti karena ceritanya menjadi perbincangan masyarakat setempat.

3. Lokasi air terjun yang mudah dijangkau

Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang membutuhkan perjalanan cukup jauh untuk sampai ke air terjun, Air Terjun Songgo Langit memungkinkan pengunjung untuk berjalan langsung menuju air terjun karena letaknya tepat di samping jalan utama yang dilalui kendaraan.

Sesampainya di tempat parkir, pengunjung bisa mengagumi keindahan air terjun. Cukup berjalan beberapa langkah saja Anda sudah bisa langsung melihat pesona alamnya.

4. Sawah

Air di air terjun ini tidak berasal langsung dari sumber air pegunungan, melainkan dari sungai yang berada di atas air terjun. Di bagian sungai ini terdapat hamparan sawah luas yang mampu menyegarkan mata bagi yang melihatnya. Karena merupakan air sungai, maka aliran air yang mengalir dipengaruhi oleh kondisi musim.

Dari gerbang masuk Desa Bucu, pengunjung disuguhkan hamparan persawahan warga yang hijau. Sawah di desa ini sangat subur karena saluran irigasinya berfungsi dengan baik.

5. Kolam renang anak

Manajemen melanjutkan pekerjaan pembangunan di kawasan Air Terjun Songgo Langit dan menambah area kolam anak. Kolam renang anak ini memberikan kenyamanan bagi para orang tua karena anak-anak dapat bermain di sana tanpa perlu khawatir licinnya bebatuan di air terjun.

Kolam renang anak ini mampu menampung 10-12 anak untuk berenang. Selain kolam renang juga terdapat taman bermain anak sehingga tempat ini sangat cocok dijadikan destinasi liburan keluarga karena ramah anak.

➥ Tur Satu Hari Karimunjawa Jepara

Alamat dan rute menuju air terjun

Alamat Air Terjun Songgo LangitFoto: Google Maps / Ragil Setyoningsih

Alamat air terjun mempesona ini berada di Desa Bucu, tepatnya di Dukuh Ngelencer, Kecamatan Kembang, Jepara, Jawa Tengah. Dari Kota Jepara sendiri jaraknya sekitar 30 kilometer dan bisa ditempuh dalam waktu 45-60 menit berkendara dengan kendaraan pribadi.

Akses jalan hanya dapat dilakukan dengan kendaraan pribadi karena angkutan umum tidak dapat mengantarkan Anda ke tujuan.

Perjalanan menuju Air Terjun Songgo Langit setelah sampai di gerbang Desa Bucu. Selanjutnya perintahkan kendaraan untuk mengikuti jalur menuju gerbang masuk tempat wisata. Meski jalan yang dilalui berkelok-kelok, namun masih beraspal sehingga cukup memudahkan pengendara.

Sesampainya di gerbang masuk, perintahkan kendaraan untuk mengikuti jalan di sebelah kanan. Di sana Anda akan menemukan loket tiket. Setelah membayar biaya, kembalikan kendaraan ke tempat parkir yang telah disediakan. Jarak antara loket dan tempat parkir cukup jauh karena kondisi jalan yang terjal dan berkelok.

Dari turunan, penguji bisa melihat ketinggian air terjun. Setelah turun, terdapat tempat parkir di sebelah kanan sekaligus area utama air terjun. Jadi jarak antara tempat parkir dan air terjun tidak jauh.

Biaya masuk wisata alam

Di loket pembayaran, pengunjung harus membayar biaya sebesar Rp 6.000/orang. Harganya tentu saja sangat terjangkau mengingat keindahan yang bisa disaksikan di air terjun tersebut. Sedangkan biaya parkirnya sebesar Rp5.000 untuk mobil dan Rp10.000 untuk bus, sedangkan untuk kendaraan roda dua, biaya parkir sudah termasuk dalam tiket masuk.

Jam operasional air terjun ini tidak ditentukan, namun pengunjung bisa datang dari pagi hingga sore hari. Biasanya ada banyak wisatawan di akhir pekan.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas seru di Air Terjun Songgo LangitFoto: Google Maps / Pasukan Lawak

Main Air Terjun Songgo Langit Jepara

Meski saluran di bawah air terjun memiliki kedalaman 8 meter dan gaya yang cukup kuat membuat pengunjung tidak bisa mendekatinya, namun kolam di sekitar air terjun tidak terlalu dalam dan bisa digunakan pengunjung untuk bermain air.

Bermain air menjadi lebih seru jika datang di waktu yang tepat yaitu saat arus air cukup deras, karena percikan airnya bisa membuat badan basah meski dari jarak jauh. Orang dewasa bisa mandi, berenang atau berenang di area air terjun. Saat berlibur ke lokasi tepi pantai, pastikan Anda selalu membawa pakaian ganti.

Selfie

Berfoto memang menjadi hal yang paling menyenangkan saat berlibur, apalagi di era media sosial dimana segala hal bisa dibagikan. Kegiatan berfoto semakin menarik dengan adanya spot foto berupa bingkai berbentuk hati yang dihiasi bunga berwarna-warni.

Ada juga bingkai bernama “Air Terjun Songgo Langit Jepara” yang terbuat dari kayu dan dihiasi bintang di atasnya. Selain kedua foto maskot tersebut, spot foto alam pun tak kalah menariknya, seperti foto dengan latar belakang air terjun, foto bebatuan besar di pinggir air terjun dekat sungai dan lain-lain.

Santai

Terdapat juga tempat bersantai di Air Terjun Songgo Langit yang indah. Bebatuan besar yang mengelilingi air terjun menjadi tempat yang tepat untuk bersantai sambil mengagumi keindahan alam yang tersaji di depan mata. Suara gemericik air yang merdu mampu menghadirkan rasa tenang di telinga Anda.

Wisata kuliner

Selain bebatuan, pengunjung juga bisa bersantai di tempat duduk pengelola pariwisata yang ada di area kandang. Warung di sini menawarkan makanan, minuman, dan gorengan panas.

Temani anak bermain

Terdapat fasilitas berupa kolam renang anak dan juga taman bermain anak yang dapat digunakan oleh pengunjung yang membawa anak kecil. Kolam renangnya cukup luas dan bersih. Orang tua dan anak-anak bisa menghabiskan waktunya bermain di sini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan air terjun

Fasilitas Air Terjun Songgo LangitFoto: Google Maps / Henny Novita

Pihak manajemen terus melakukan pembenahan di berbagai aspek, khususnya fasilitas Air Terjun Songgo Langit. Apalagi di masa pandemi seperti saat ini, manajemen kerap memanfaatkannya untuk melakukan pembangunan.

Sejumlah fasilitas baru akan disediakan antara lain kolam renang anak, taman bermain anak, dan musala yang terletak di pinggir sungai. Ada gubuk untuk bersantai, tong sampah lebih banyak. Kamar mandi juga didesain ulang untuk memberikan manfaat maksimal kepada pengunjung.

Warung makan juga mengalami peningkatan dari segi menu dan pelayanan. Beragam fasilitas yang sudah ada harus dijaga dengan baik. Pengunjung harus ingat untuk tidak sembarangan membuang sampah ke area air terjun karena akan mencemari lingkungan dan mencemari alam.

Demikian ulasan Air Terjun Songgo Langit di Kabupaten Jepara. Air terjun yang menawarkan keindahan alam indah ini bisa dikunjungi setiap hari. Banyak wisatawan yang datang pada akhir pekan. Di masa pandemi, ingatlah untuk tetap mengikuti protokol kesehatan saat berlibur.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button