Tempat Wisata

Air Terjun Sumber Nyonya, rasakan keindahan air terjun mempesona penuh mitos di Pasuruan

Air Terjun Sumber Nyonya di Pasuruan merupakan air terjun unik bertingkat tiga yang sarat mitos dan menawarkan pengalaman alam yang mempesona yang misterius.

Harga tiket: Rp3.000, Jam beroperasi: 07.00-17.00 WIB, Alamat: Gunung Sari, Tutur, Kec. Said, Kab.Pasuruan, Jawa Timur; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Sumber Nyonya merupakan keajaiban alam di Pasuruan yang menawarkan keindahan alam yang menakjubkan. Dikelilingi oleh banyak pepohonan hijau, tempat ini sangat sejuk dan asri.

Anda akan disuguhkan pesona alam yang tak terlupakan, dengan suara gemericik air yang menenangkan dan menenangkan pikiran. Selain keindahan alamnya, tempat ini juga menyimpan sejarah menarik.

Bahkan ada beberapa mitos yang mengandung rahasia. Hal ini membuat kunjungan dan penjelajahan tempat ini semakin menarik. Mari kita pelajari lebih jauh keindahan alam dan sejarah yang tersimpan di bawah ini.

Sejarah dan Mitos Air Terjun Sumber Nyonya

Sejarah dan Mitos Air Terjun Sumber NyonyaFoto: Google Maps/Mas Yant

Air terjun dapat terbentuk melalui proses pergeseran permukaan bumi akibat gempa bumi. Selain itu, perubahan permukaan laut dan erosi batuan juga dapat menyebabkan terbentuknya air terjun.

Air Terjun Sumber Nyonya di Pasuruan tercipta akibat turbulensi sungai yang tidak dapat diprediksi dan dikendalikan. Pasir yang terbawa air sungai mengikis batuan yang ada kemudian membentuk sungai lain di lokasi yang lebih rendah.

Karena itulah terdapat sungai kecil di bawah air terjun dimana Anda bisa menikmati kesegaran airnya. Uniknya, air terjun tersebut dari waktu ke waktu tampak semakin tinggi, hal ini disebabkan oleh jatuhnya batu-batu besar yang menyebabkan erosi pada bebatuan di bawahnya.

Konon dahulu kala banyak wanita di sekitar air terjun yang belum bisa mempunyai anak. Misteriusnya, fenomena ini semakin meningkat dan jumlah wanita di sekitar air terjun yang mengalami kesulitan hamil pun terus meningkat.

Setelah diselidiki, ternyata penyebab masalah tersebut bukan berdasarkan pengetahuan supranatural. Namun karena banyak orang yang mengonsumsi air terjun yang mengandung perak, hal tersebut menyebabkan kemandulan.

Objek wisata yang ditawarkan air terjun Sumber Nyonya

Objek Wisata Air Terjun Sumber NyonyaFoto: Google Maps/Kuloboyo (Cimenk)

Keunikan air terjun

Air terjun Sumber Nyonya Pasuruan mempunyai tiga tingkat yaitu tingkat pertama tingginya sekitar 15 meter, tingkat kedua tingginya sekitar 7 meter dan tingkat ketiga juga tingginya sekitar 15 meter.

Sebelum air terjun ini mencapai hulu sungai, aliran airnya menghantam bebatuan keras di bawahnya. Hal ini membuat air mancur terlihat seperti terbagi menjadi dua bagian. Ada juga beberapa gua alam di Bukit Air Terjun yang bisa Anda jelajahi.

Untuk mencapai gua tersebut anda harus mendaki selama kurang lebih 10 menit. Namun perjalanan ini memerlukan bantuan pemandu karena jalurnya cukup terjal dan licin.

Cantik alami

Air terjun ini menyimpan banyak keindahan. Anda akan terkesima saat melihat keindahan dan kesejukan tempat ini. Bahkan, Anda akan mendengar kicauan burung yang akan membuat suasana liburan Anda semakin menyenangkan.

Pepohonan rindang yang mengelilingi air terjun ini memberikan kesejukan dan kesegaran. Tempat ini bisa Anda jadikan destinasi wisata yang cocok untuk melepaskan diri dari hiruk pikuk kehidupan sehari-hari.

Alamat, lokasi, rute dan tiket masuk

Alamat Air Terjun Sumber NyonyaFoto: Google Maps/Sinyo Ureh

Air Terjun Sumber Nyonya terletak di Dusun Gunungsari, Desa Wonosari, Kecamatan Tutur, Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur. Tempat ini tersembunyi di tengah hutan dan dikelilingi pemukiman penduduk sehingga jarang dikunjungi wisatawan.

Lokasinya sekitar 90 km dari pusat kota surabaya atau kota malang. Melalui darat dibutuhkan waktu sekitar 1,5 jam. Rute yang harus Anda lalui juga cukup mudah, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk menuju air terjun.

Namun jalur yang harus Anda lalui dari tempat parkir menuju air terjun cukup panjang. Dari tempat parkir harus berjalan kaki sekitar 2-3 km. Jalurnya juga tidak mudah, harus hati-hati karena agak licin dan terjal.

Anda hanya perlu membayar tiket masuk dan biaya parkir sebesar Rp 3.000 saja saat berkunjung ke Air Terjun Sumber Nyonya. Fasilitas yang tersedia antara lain beberapa spot foto, tempat parkir, toilet, musala, restoran dan tempat sampah. Air terjun ini bisa Anda kunjungi mulai pukul 07.00 hingga 17.00 WIB.

Aktivitas yang menyenangkan

Aktivitas Menarik Air Terjun Sumber NyonyaFoto: Google Maps/Mas Yant

1. Bermain air

Kesegaran dan kesejukan Air Terjun Sumber Nyonya bisa Anda nikmati dengan bermain air di tepi sungai. Anda bahkan bisa berenang di sungai dan menikmati kesegaran air mancur. Namun, Anda harus berhati-hati dan memperhatikan kedalaman sungai.

2. Eksplorasi alam di sekitar Air Terjun Sumber Nyonya

Air Terjun Sumber Nyonya di Pasuruan menyimpan segudang keindahan alam yang bisa Anda jelajahi. Anda bisa mendaki bukit tersebut dan memasuki area gua di balik bukit air terjun.

Anda juga bisa melihat beberapa burung berkicau dengan suara merdu. Tempat ini sangat cocok bagi anda yang suka hiking.

3. Piknik bersama

Jika tidak ingin bermain air atau menjelajah alam, Anda bisa piknik bersama keluarga atau teman.

Anda bisa membawa beberapa bahan makanan dan peralatan memasak untuk sekadar membuat roti panggang atau kopi panas. Anda bahkan bisa membawa tenda untuk berkemah di area yang telah ditentukan.

4. Ambil foto

Ada beberapa spot foto menarik di Air Terjun Sumber Nyonya yang bisa Anda gunakan untuk berfoto bersama keluarga atau teman. Selain spot foto yang disediakan, Anda juga bisa berfoto dengan latar air terjun atau alam yang indah.

Tips mengunjungi air terjun

Sebaiknya berkunjung ke lokasi pada pagi hari agar rute menuju lokasi mudah dijangkau. Namun jika berkunjung pada sore hari, sebaiknya bawa senter sebagai penerangan. Anda juga perlu mempersiapkan fisik karena beberapa jalur menuju Air Terjun Sumber Nyonya cukup berat.

Selain itu, Anda juga perlu membawa air minum atau makanan ringan yang cukup untuk menemani perjalanan. Jangan lupa untuk membawa perlengkapan yang diperlukan seperti jas dan baju ganti, dan jika dirasa perlu Anda juga bisa membawa perlengkapan dasar piknik.

Upaya perlindungan lingkungan yang berkelanjutan

Upaya perlindungan lingkungan di Air Terjun Sumber NyonyaFoto: Google Maps/Rosy Ari

Air terjun Sumber Nyonya Pasuruan mempunyai potensi wisata yang sangat besar. Keindahan alam dan sejarahnya yang menakjubkan menjadikan tempat ini sebagai destinasi wisata yang menarik.

Perkembangan sarana dan prasarana pariwisata memberikan dampak positif bagi masyarakat sekitar. Setiap pengunjung harus bisa membantu masyarakat setempat menjaga kelestarian lingkungan air terjun. Anda dapat membantu dengan membuang sampah pada tempatnya, tidak mencemari lingkungan air atau air terjun, dan menjaga flora dan fauna yang ada.

Pemerintah juga dapat melakukan upaya untuk membatasi pengunjung Air Terjun Sumber Nyonya Pasuruan pada waktu-waktu tertentu untuk mendukung perlindungan lingkungan. Selain itu, pemerintah dan masyarakat setempat dapat memberikan edukasi tentang pelestarian alam kepada setiap pengunjung.

Itulah beberapa keindahan dan daya tarik objek wisata Air Terjun Sumber Nyonya Pasuruan. Destinasi wisata ini menjadi bukti nyata keindahan alam Indonesia yang tak henti-hentinya memukau. Kunjungi wisata ini bersama keluarga atau teman anda dan jangan lupa untuk melestarikan alam Indonesia.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button