Tempat Wisata

Air Terjun Sungai Medang : Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Tempat

Kabupaten Kerinci memiliki beberapa air terjun yang tersebar di berbagai lokasi yang menawarkan keindahan berbeda. Mulai dari air terjun setinggi 150 meter hingga air terjun mini bisa ditemukan di kawasan yang dikenal sebagai penghasil teh hitam ini. Air terjun di kawasan ini sebagian besar tersembunyi di balik hutan, tebing, dan perbukitan, seperti Air Terjun Sungai Medang.

Berbeda dengan air terjun di Kerinci pada umumnya, air terjun ini tidak terlalu tinggi namun memiliki keunikan tersendiri. Terdapat beberapa tingkatan air terjun dengan pesona dan keindahan berbeda-beda yang mampu membuat wisatawan penasaran untuk melihatnya. Kondisi air terjun masih sangat alami berpadu dengan lingkungan yang asri dan lestari.

Air Terjun Sungai Medang

Secara geografis Air Terjun Sungai Medang terletak di Desa Sungai Medang, Kecamatan Air Hangat Timur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Dari Sungai Banyak, wisatawan setidaknya menempuh jarak sekitar 10 kilometer yang bisa ditempuh dalam waktu sekitar 20 hingga 30 menit.

Namun setelah sampai di Desa Sungai Medang, pengunjung harus bersiap berjalan kaki untuk sampai ke air terjun. Air terjun ini terletak di perbukitan Sungai Medang dan wisatawan harus berjalan melewati semak-semak dan pepohonan lebat. Medannya cukup mudah untuk dilalui dan saat berkendara wisatawan akan disambut kicauan burung bersama.

Pesona Air Terjun Sungai Medang

Air Terjun Sungai Medang merupakan salah satu tempat wisata di Kabupaten Kerinci yang sangat populer. Tidak hanya wisatawan lokal saja yang datang, namun banyak juga pengunjung dari luar kota. Keindahan alam yang masih terjaga ditambah dengan keunikan air terjun menjadi daya tarik tersendiri yang mampu menarik pengunjung.

Sesampainya di lokasi, wisatawan akan disambut dengan air terjun tingkat pertama yang tingginya sekitar 5 meter. Di sini wisatawan bisa beristirahat sejenak sambil menikmati suara air yang jatuh di bebatuan. Bermain air atau mandi di bawah air terjun juga bisa dilakukan karena aliran airnya tidak terlalu tinggi dan cukup ramah bagi wisatawan.

Air Terjun Sungai Medang

Setelah menikmati air terjun tingkat pertama, wisatawan dapat melanjutkan perjalanan ke air terjun tingkat kedua dan ketiga. Untuk menuju tingkat ketiga sedikit merepotkan karena wisatawan harus menyeberangi sungai yang mengalir dari air terjun.

Di tingkat ketiga ini, air terjun terlihat semakin indah dengan ketinggian sekitar 18 meter. Suara air jatuh bahkan lebih kuat dibandingkan tingkat pertama dan kedua. Setelah tingkat ketiga, Air Terjun Sungai Medang masih mempunyai puluhan tingkat, diperkirakan ada 14 tingkat. Wisatawan bisa naik ke level 4, 5 dan 6 dan menikmati panorama alam yang menakjubkan di sekitarnya.

Namun wisatawan tidak boleh lengah saat mendaki ke tingkat berikutnya. Pasalnya jalan menuju level 7 dan seterusnya semakin sulit dan cenderung ekstrim. Wisatawan harus melintasi tebing dengan berpegangan pada akar kayu, sehingga terpeleset dapat membahayakan nyawa. Belum lagi banyak bebatuan licin yang membuat medan semakin parah.

Selain itu, kondisi lahan yang rawan longsor juga sangat berbahaya untuk dilintasi. Belum lagi bebatuan besar yang bisa saja berjatuhan dari atas saat Anda mencapai level selanjutnya. Oleh karena itu, sebaiknya jangan memaksakan diri untuk mencapai level 7 hingga 14. Wisatawan tetap bisa menikmati keindahan Air Terjun Sungai Medang di tingkat air terjun yang mudah dijangkau.

Fasilitas Air Terjun di Sungai Medang

Karena Air Terjun Sungai Medang terletak di perbukitan, maka fasilitas objek wisata ini sangat terbatas. Masih belum adanya fasilitas seperti toilet, tempat parkir dan mushola di dekat lokasi air terjun. Namun pengunjung biasanya menitipkan kendaraannya di rumah warga.

Sayangnya jalur menuju air terjun masih belum beraspal dan belum ada rambu jalan sama sekali. Sedangkan jika ingin salat, wisatawan bisa mengunjungi masjid-masjid di sepanjang Sungai Medang. Tidak ada warung atau pedagang yang menjajakan makanan di lokasi air terjun. Oleh karena itu, sebaiknya persiapkan perbekalan dari rumah terlebih dahulu atau beli di dekat pemukiman warga.

Baca juga: Air Terjun Renah Pemetik, Pesona Alam Kerinci di Balik Tebing Tinggi

Jika wisatawan berencana untuk bermalam, ada hotel di pinggir Sungai Medang yang bisa disewa untuk bermalam. Menjelang akhir pekan, berkunjung ke Air Terjun Sungai Medang bisa menjadi pilihan yang tepat. Di sini Anda akan menemukan berbagai aktivitas yang bisa Anda lakukan saat mengunjungi air terjun.

Nikmati keindahan alam

Saat berlibur ke Air Terjun Sungai Medang, Anda bisa menikmati panorama alam berupa air terjun disertai suara gemericik air. Di tempat wisata ini Anda bisa berenang, bermain air dan merasakan betapa segarnya air. Suasana asri dan alami dengan berbagai pepohonan hijau membuat betah berada di air terjun ini.

Anda juga bisa menjelajahi keindahan air terjun ini dengan berjalan beberapa tingkat di atasnya. Namun Anda harus berhati-hati dan tetap waspada karena medan ekstrim dan bebatuan licin dapat mengancam keselamatan Anda. Jangan memaksakan diri untuk mencapai level ketujuh dan seterusnya, karena ini akan sangat berbahaya.

Perburuan Foto

Fotografi juga menjadi kegiatan yang wajib Anda lakukan saat sampai di air terjun ini. Anda bisa memotret keindahan air terjun serta lingkungan alam yang masih terjaga dan lestari. Jika masih kurang puas, Anda bisa mencari tempat lain untuk berfoto. Jika Anda memiliki drone, Anda juga bisa menggunakannya untuk memotret air terjun dari udara.

Kurang lengkap rasanya jika tidak mengabadikan momen liburan melalui foto selfie. Anda bisa berfoto selfie dengan latar belakang air terjun. Anda juga dapat menggunakan batu berbeda dengan ukuran berbeda. Berhati-hatilah saat mengambil foto karena batu yang licin dapat menyebabkan Anda terpeleset dan merusak kamera atau ponsel Anda.

Benamkan diri Anda di sumber air panas alami

Setelah merasakan sejuk dan segarnya air di air terjun, Anda bisa bersantai dengan mengunjungi sumber air panas di Sungai Medang. Tak jauh dari air terjun terdapat sumber air panas yang dilengkapi dengan kolam. Cukup bayar Rp 4.000 saja kamu sudah bisa memanjakan tubuh dengan air panas.

Biaya masuk Air Terjun Sungai Medang

  • Biaya masuk: Rp 5.000/orang

Biaya masuk ke destinasi wisata ini dapat berubah sewaktu-waktu. (Pembaruan September 2023)

Jam Buka Air Terjun Sungai Medang

Baca juga:

Peta lokasi Air Terjun Sungai Medang

Tips berwisata ke Air Terjun Sungai Medang

  • Jika ingin ke air terjun periksa dulu cuacanya dan jika sedang hujan jangan memaksakan diri untuk pergi ke air terjun.
  • Bawalah bekal secukupnya agar Anda tidak kelaparan di air terjun.
  • Berhati-hatilah saat berada di air terjun karena banyak bebatuan licin di sana.
  • Jagalah alam dengan tidak merusak keindahannya.
  • Mohon bantu menjaga kebersihan lingkungan dan tidak membuang sampah di sekitar air terjun.

Galeri Foto Air Terjun Sungai Medang

Potret air terjun Sungai Medang
Air Terjun Sungai Medang
Air Terjun Sungai Medang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button