Tempat Wisata

Air Terjun Tansaran Bidin: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Pesona keindahan alam Aceh seolah tak ada habisnya untuk dijelajahi. Di beberapa daerah masih terdapat berbagai tempat wisata yang belum terjamah karena belum banyak orang yang mengetahuinya. Seperti Air Terjun Tansaran Bidin yang tidak hanya menyuguhkan keindahan air terjun saja, namun juga panorama alam sekitar yang masih natural dan masih alami.

Secara geografis, Air Terjun Tansaran Bidin terletak di Desa Tansaran Bidin, Kecamatan Bandar, Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh. Untuk mencapai lokasi air terjun ini, wisatawan harus menempuh jarak minimal 35 kilometer atau satu jam dari ibu kota Kabupaten Bener Meriah.

Air terjun Tansaran Bidin

Air Terjun Tansaran Bidin memang menjadi salah satu tempat wisata paling populer di kalangan penduduk setempat. Pasalnya belum banyak orang yang mengetahui keberadaan air terjun cantik ini. Keindahan tempat wisata ini memang sungguh menakjubkan. Wisatawan bisa merasakan suara air yang jatuh dari atas tebing. Panorama alam di sekitarnya pun tak kalah indahnya, berupa perbukitan hijau dan tebing bebatuan megah.

Tidak mudah untuk melihat keindahan air terjun ini karena medannya yang cukup ekstrim dan terdiri dari perbukitan yang rawan longsor. Setelah sampai di Pondok Baru, ibu kota Kecamatan Bandar, wisatawan harus memarkir kendaraannya dan melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki selama kurang lebih 90 menit. Melewati jalan terjal berbentuk bukit menjadi tantangan tersendiri yang harus dilalui wisatawan untuk menikmati keindahan Air Terjun Tansaran Bidin.

Pesona Air Terjun Tansaran Bidin

Objek wisata Air Terjun Tansaran Bidin sangat cocok bagi wisatawan yang menyukai tantangan atau pecinta alam. Selama perjalanan menuju air terjun ini, mata berulang kali disuguhkan panorama alam berupa hijaunya perbukitan, hutan belantara, dan perkebunan lokal yang luas. Meski hanya bisa diakses dengan jalan setapak, namun tempat wisata ini tetap menarik wisatawan.

Sesampainya di air terjun, pengunjung akan terkesima dengan fenomena air terjun yang mengalir dari atas tebing. Air terjun ini tingginya sekitar 50 meter, sehingga terdengar suara nyaring air yang jatuh ke bebatuan. Suara gemericik air seolah mengusir segala penat dari perjalanan jauh menuju air terjun ini.

Air terjun Tansaran Bidin

Terdapat pula sungai di bawah Air Terjun Tansaran Bidin yang mengalir cukup deras. Wisatawan bisa mandi, berenang atau merasa seperti sedang berdiri tepat di bawah air terjun dan menikmati setiap tetes airnya. Namun pengunjung diimbau berhati-hati karena pada tahun 2016 ada calon pengantin meninggal dunia akibat terpeleset saat mengambil foto jelang pernikahan.

Air di tempat wisata ini sangat dingin dan segar, wisatawan bisa langsung meminum airnya untuk melepas dahaga setelah perjalanan yang melelahkan. Batu-batu sungai yang terdapat di sekitar air terjun juga menjadi hiasan alam sehingga menambah keindahan Air Terjun Tansaran Bidin.

Pesona alam di sekitar air terjun sangat mempesona, terdapat tebing batu yang menjulang tinggi dan banyak tanaman hijau. Banyak juga pepohonan yang bisa ditemui disini, alam yang terjaga ini menciptakan suasana asri dan udara segar. Mata terasa sejuk saat memandangnya.

Setelah puas berenang dan bermain air, pengunjung bisa bersantai di bebatuan sungai yang berada di bawah air terjun sambil menikmati suara gemericik air. Namun bebatuan ini juga licin karena terkena air, oleh karena itu wisatawan disarankan untuk sangat berhati-hati. Sejenak kita bisa mengagumi ciptaan Yang Maha Kuasa dan turut melestarikannya.

Fasilitas air terjun Tansaran Bidin

Fasilitas di Air Terjun Tansaran Bidin relatif terbatas karena lokasi air terjun ini terpencil. Pemerintah setempat mengakui sulitnya membangun infrastruktur di tempat wisata ini karena medan yang terjal.

Masih belum ada fasilitas umum di air terjun ini seperti toilet atau musholla, serta belum tersedia tempat parkir di dekat tempat tersebut. Biasanya wisatawan memarkir kendaraannya di depan rumah penduduk, tentunya perlu izin terlebih dahulu kepada pemiliknya.

Baca juga: Menyusuri rumah Meutia dan mengingat sepenggal sejarah Aceh

Jika tidak, kondisi jalan sangat sulit dikelola dan tergolong ekstrim. Hanya ada satu jalan setapak yang bisa dilalui wisatawan untuk menuju Air Terjun Tansaran Bidin. Karena tidak ditemukan petunjuk arah, wisatawan harus bertanya kepada warga sekitar di mana sebenarnya air terjun tersebut berada.

Tidak ada warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar tempat tersebut. Oleh karena itu pengunjung disarankan membawa bekal sebelum menuju ke air terjun. Jika ingin bermalam, wisatawan dapat menyewa akomodasi atau hotel di kawasan Bandar.

Masih belum adanya penjaga di tempat wisata untuk mengurus hal-hal yang tidak diinginkan. Bahkan, dua wisatawan tewas terpeleset dan terseret arus sungai deras. Dengan adanya keindahan Air Terjun Tansaran Bidin, diharapkan pemerintah lebih baik dalam mengelola tempat ini agar dapat menarik wisatawan.

Mengunjungi Air Terjun Tansaran Bidin bisa menjadi alternatif bagi wisatawan yang menyukai tantangan. Di sini Anda akan menemukan aktivitas yang dapat Anda lakukan di lokasi.

Menikmati keindahan air terjun

Apalagi saat berwisata, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat mempesona. Apalagi sesampainya di air terjun, Anda pasti akan terkesima dengan eksotisme air terjun ini. Dengan ketinggian mencapai 50 meter, Anda bisa merasakan suara gemuruh air yang langsung mengajak Anda menikmati.

Di tempat wisata ini Anda bisa berenang, bermain air, mandi dan juga merasakan dinginnya air. Bebatuan sungai dan tebing kokoh menjadi penghias alam Air Terjun Tansaran-Bidin. Tempat ini sangat alami sehingga cocok bagi Anda yang ingin refreshing dan melepas penat sejenak dari aktivitas sehari-hari.

Perburuan Foto

Kegiatan ini merupakan kegiatan wajib bagi wisatawan ketika berkunjung ke Air Terjun Tansaran Bidin. Ada beberapa objek menarik di tempat ini yang bisa Anda jadikan latar belakang fotografi. Bergaya bersama teman dan keluarga untuk mengabadikan momen yang tidak terjadi setiap hari.

Keindahan air terjun ini sungguh mempesona, itulah sebabnya wisatawan kerap memanfaatkan tempat ini untuk foto prewedding. Namun tetap hati-hati dan waspada saat bergembira karena sudah banyak korban meninggal di objek wisata ini. Anda tentu ingin liburan Anda berjalan sesuai rencana dan tidak terjadi hal-hal aneh.

Biaya masuk Air Terjun Tansaran Bidin

Pengunjung dikenakan biaya sebesar 5.000 rupiah per orang untuk memasuki tempat wisata ini. Kemudian jam bukanya adalah 24 jam yang berarti Anda bisa leluasa mengunjungi Air Terjun Tansaran Bidin kapan saja untuk menikmati keindahannya.

Baca juga:

Peta lokasi Air Terjun Tansaran Bidin

Tips berwisata ke Air Terjun Tansaran Bidin

  • Persiapkan kondisi fisik dan ketahanan tubuh Anda karena perjalanan menuju air terjun ini sangat melelahkan.
  • Sebaiknya amati cuaca terlebih dahulu dan jangan memaksakan jika cuaca sedang tidak bersahabat.
  • Bawalah barang bawaan yang cukup agar tidak membebani Anda selama perjalanan.
  • Berhati-hatilah saat bepergian karena harus melewati jalan terjal berupa perbukitan terjal.
  • Hati-hati di Air Terjun Tansaran Bidin karena bebatuannya licin dan aliran sungainya deras.
  • Jaga kebersihan tempat wisata dengan tidak membuang sampah sembarangan.
  • Lindungi air terjun.
  • Berdoalah sebelum berangkat agar liburan Anda berjalan sesuai rencana.

Galeri Foto Air Terjun Tansaran Bidin

Potret Air Terjun Tansaran Bidin
Potret pengunjung air terjun
Menikmati keindahan air terjun
Spot foto dengan latar belakang air terjun
Perburuan Foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button