Tempat Wisata

Air Terjun Tawang – Harga tiket, lokasi rute dan tempat terbaru 2023

Curug Titang Temanggung – Air Terjun Titang masih satu aliran dengan Sungai Lungge yang bisa Anda gunakan untuk berenang. Selain air sungai yang jernih, juga memiliki area kolam yang cukup luas.

Selain itu, Air Terjun Titang sering dijadikan tempat arung jeram bagi pecinta alam. Berbeda dengan air terjun lain di Temanggung, air terjun ini sudah banyak dikenal di kalangan wisatawan. Dan sering ramai ketika hari libur tiba.

Kawasan ini juga sering menjadi tempat ritual keagamaan masyarakat muslim. Biasanya dilakukan sehari sebelum bulan puasa dan Idul Fitri dan Idul Adha. Ritual itu disebut Padusan, di mana umat Islam mandi di sungai secara berbondong-bondong. Untuk menyambut datangnya bulan suci Ramadhan atau Hari Raya.

Lokasi Air Terjun Titan

lokasi Air Terjun TitangFoto:

Air Terjun Titang sendiri terletak di Dusun Durenan, Desa Tembarak, Kecamatan Temabarak, Kabupaten Temanggung.

Akses/jalan menuju Curug Ttang

Rute menuju lokasi Air Terjun TawangFoto:

Air Terjun Titan berjarak sekitar 6 kilometer dari pusat kota Temanggung. Dan dapat ditempuh dengan mobil dengan jarak tempuh sekitar 15 menit.

Jika Anda kesulitan menemukan air terjun ini, Anda mungkin bisa mengikuti peta di bawah ini melalui Google Maps:

Perjalanan menuju air terjun dimulai dari pemukiman penduduk dan dilanjutkan melewati persawahan dan lembah. Cara menuju air terjun ini cukup mudah tidak seperti air terjun lainnya di Temanggung.

Daya Tarik Curug Ttang

daya tarik air terjun kutubFoto:

Jika Anda berada di kota Temanggung, Anda tidak boleh melewatkan wisata alam yang menarik ini. Banyak yang mengatakan Curug Tiang seperti surga yang tersembunyi, mempesona dan tidak banyak orang yang mengetahuinya.

Jika ingin bersantai dan menghilangkan penat, maka datanglah ke Curug Titang Temanggung. Dengan beragam atraksi, semua orang akan merasa nyaman berada di sini dan mengajak Anda berlama-lama.

Suguhan utamanya tentu saja derasnya air terjun yang terus mengalir menuju kolam kubangan. Genangan air di bawah air terjun ini tidak terlalu dalam dan termasuk kategori dangkal.

Saat matahari cukup terik menerangi genangan genangan, airnya tampak berwarna hijau tosca. Terlihat begitu menggemaskan dan pastinya akan membuat semua orang langsung merasakan kesegaran airnya.

Selain itu, dikelilingi banyak pepohonan rimbun di kawasan mirip hutan. Tumbuhan hijau yang cukup banyak membuat suasana di sini begitu asri dan pastinya sejuk.

Tiket masuk Air Terjun Tawang

Tiket masuk Air Terjun TitangFoto:

Temanggung, daerah berjuluk “Kota Bambu Runcing” ini dikaruniai banyak potensi alam yang luar biasa. Karena terletak di daerah pegunungan, setiap wisata Temanggung pasti memiliki suasana yang menyegarkan.

Tempat wisata alam yang mempesona dapat dengan mudah Anda temukan di Temanggung dan Curug Titang adalah salah satunya. Kota Temanggung menawarkan beragam wisata air terjun yaitu Curug Merak, Onje, Lawe dan Titang yang selalu menjadi destinasi liburan.

Air Terjun Tawang sendiri, Anda dapat menjelajahi setiap sudut yang indah tanpa membayar banyak uang. Saat artikel ini dimuat, harga tiket masuk Curug Ttang hanya Rp 5.000 per orang.

Selain tiket masuk, Anda tetap harus membayar biaya parkir kendaraan. Rp 2.000 untuk kendaraan roda dua seperti sepeda motor dan Rp 5.000 untuk yang membawa mobil pribadi.

Perlu diketahui bahwa tarif masuk dan peraturan parkir di lokasi wisata dapat berubah sewaktu-waktu. Namun Anda tidak perlu khawatir karena satu hal yang pasti, wisata alam di Temanggung tidak akan menguras kantong Anda.

jam buka

Jam Buka Air Terjun TitangFoto:

Sebelum mengunjungi Curug Ttang untuk mengisi waktu luang, ada baiknya persiapkan segala sesuatunya dengan baik. Salah satunya adalah memperkirakan kapan waktu terbaik untuk menjelajahi pesona air terjun di Air Terjun Ttang yang menakjubkan.

Destinasi menarik ini bisa Anda kunjungi kapan saja karena dibuka untuk umum setiap hari. Dari hari Selasa hingga Senin, Curug Titang Temanggung selalu buka mulai pukul 08.00 hingga 18.00 WIB.

Tentunya jika Anda sudah mengetahui jam operasional wisata tersebut, Anda sudah bisa memprediksi kapan Anda akan datang ke sini. Anda bisa datang di pagi hari untuk merasakan air terjun yang masih sangat alami.

Cukup banyak juga wisatawan yang datang ke wisata Temanggung ini pada siang hari. Untuk melihat lebih dekat warna tosca pada genangan air saat terkena sinar matahari.

Ada juga yang datang pada sore hari untuk menikmati udara segar dan dingin di area air terjun. Seperti halnya wisata alam pada umumnya, kami menyarankan Anda datang ke sini saat musim panas/kemarau.

Datang juga –> Curug Merak seperti surga yang tersembunyi.

Perabot

Tanaman Air Terjun TiangFoto:

Salah satu wisata air terjun yang paling populer dan selalu ramai oleh pengunjung, terutama di akhir pekan. Biasanya pengunjung dari kota Temanggung sendiri yang ingin bersantai dan menikmati banyak tempat wisata mendominasi.

Berkat sejumlah fasilitas pendukung, momen liburan Anda di Air Terjun Curug Ttang akan semakin menyenangkan. Fasilitas di Air Terjun Titang yang bisa Anda temukan dan gunakan adalah:

  • Area penyimpanan kendaraan
  • paviliun / pondok
  • Toko sederhana
  • zona pejalan kaki
  • melintasi jembatan
  • Spot foto yang menarik

Nikmati keseruan tak terbatas di Air Terjun Titang, Temanggung, Jawa Tengah dengan latar pemandangan alam yang memikat. Duduk santai, jalan-jalan, bermain air adalah hiburan favorit yang biasa dilakukan di sini.

Bebatuan di sekitar air terjun yang mengalir dari genangan air merupakan salah satu tempat yang indah untuk duduk santai. Ditemani semilir angin yang sejuk, Anda akan merasa nyaman banget di sini, meski harus berlama-lama.

Kunjungi juga -> Curug Onje dengan pemandangan alam yang menakjubkan.

Tempat terbaik di Curug Ttang

tempat terbaik di air terjun titangFoto:

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan di sini adalah berfoto dari berbagai sudut yang menarik. Tentu saja, fotografi adalah tentang mengabadikan setiap momen seru, baik itu melalui selfie, foto grup, atau rekaman video.

Berbagai panorama alam yang indah dapat Anda gunakan sebagai latar belakang foto Anda. Spot terbaik di Curug Titang tentunya adalah air terjun yang terus mengalir menuju genangan kubangan.

Yang unik air terjun ini tidak memiliki tebing yang tinggi seperti air terjun pada umumnya. Saat musim kemarau tiba, Anda bahkan bisa mendaki ke puncak.

Review Sebelumnya –> Curug Lawe yang Mempesona.

Tips berkunjung

Tips mengunjungi Air Terjun TitangFoto:

  • Cuaca cerah adalah syarat mutlak jika ingin menikmati liburan di Curug Ttang dengan maksimal.
  • Tidak disarankan untuk melakukan perjalanan ke air terjun/air terjun kecuali cuaca alami memungkinkan untuk eksplorasi lebih dalam.
  • Ikut serta menjaga kebersihan Kawasan Wisata Air Terjun Titang agar selalu asri dan lestari.
  • Berhati-hatilah dengan aktivitas apa pun agar semuanya berjalan sesuai harapan dan tentunya baik-baik saja.

Demikian ulasan singkat Air Terjun Titang di Temanggung Jawa Tengah dengan segudang wisata alamnya. Rasakan ketenangan, kesegaran dan kealamian tanpa batas di Curug Titang Temanggung.

Source: mytrip123.com

Related Articles

Back to top button