Tak Berkategori

Air Terjun Tegenungan Terindah di Gianyar Januari 2024

Air Terjun Tegenungan

  • Biaya masuk: Rp10.000-Rp. 20.000
  • Jam buka: 06.30-18.30 WIB
  • Nomor telepon:
  • Alamat lokasi : Jl. Ir. Sutami, Kemenuh, Sukawati, Gianyar, Bali, Indonesia, 80581

Wisata air di Bali tidak selalu harus melibatkan pantai atau danau. Air terjun bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Bali. Salah satu hal yang menarik untuk dikunjungi adalah Air Terjun Tegenungan atau Air Terjun Tegenungan di Gianyar.

Air terjun ini sungguh sangat indah. Pengunjung dalam dan luar negeri sangat tertarik untuk mengenal pesona air terjun ini. Selain itu, harga tiket yang berlaku juga sangat terjangkau.

Harga Tiket Masuk Air Terjun Gianyar Tegenungan

Untuk memasuki objek wisata ini pengunjung harus membayar tiket masuk sebesar Rp 10.000 hingga 20.000. Tiket ini cukup murah, apalagi biaya parkir sudah termasuk dalam harga tiket masuk. Pengunjung tidak perlu lagi membayar biaya parkir.

Biaya masuk Air Terjun Tegenungan

Baca: Tiket Masuk Air Terjun Kanto Lampo Gianyar dan Berbagai Penawaran Uniknya

Jam Operasional Air Terjun Tegenungan

Objek wisata ini buka mulai pukul 06.30 hingga 18.30. Tidak ada waktu khusus yang tepat untuk mengunjungi objek wisata ini. Karena tempatnya sejuk dan rindang, datang kapan saja pun tidak masalah. Yang terpenting datang saat cuaca cerah karena air terjun terlihat lebih jernih.

Benamkan diri Anda dalam pesona Air Terjun Tegenungan Gianyar

Derasnya aliran Air Terjun TegenunganDerasnya aliran Air Terjun TegenunganDerasnya aliran Air Terjun Tegenungan. Foto: Gmap/Gwithyen Silk

Ada air terjun indah yang tersembunyi 33 kilometer dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Air Terjun Tegenungan, air terjun yang tersembunyi di balik rimbunnya pepohonan. Air terjun ini merupakan aliran sungai dari Tukad Petanu yang mengalir langsung melalui bebatuan. Dengan ketinggian 15 meter, pengunjung bisa melihat betapa megahnya air terjun ini dari bawah.

Air yang mengalir deras akan membentur bebatuan di sekitarnya sehingga membuat arusnya terlihat seperti anak tangga. Di bagian atas air terjun terdapat sungai berbatu, dan dinding air terjun juga terbuat dari batu. Pengunjung juga bisa duduk di atas bebatuan, yang penting cari tempat yang tidak licin. Di bawah air terjun terdapat kolam air jernih di lantai berbatu.

Baca: Teras Sawah Tegallalang Teras Sawah Hijau Fantastis

Menginap di kawasan air terjun sangat sejuk karena dikelilingi pepohonan rindang. Mulai dari semak belukar, pepohonan yang bercabang dan tak lupa pohon kelapa juga ikut meramaikan suasana. Perpaduan warna hijau dengan air terjun yang jernih membuat pemandangan menjadi sempurna.

Berenang di Kolam Air Terjun Tegenungan

Berenang di Kolam Air Terjun TegenunganBerenang di Kolam Air Terjun TegenunganBerenang di Kolam Air Terjun Tegenungan. Foto: Gmap/Thomas Hut

Di bawah air terjun terdapat kolam yang airnya berasal langsung dari air terjun. Tentu saja airnya begitu segar dan jernih. Bahkan, pengunjung bisa melihat dasar kolam yang terbuat dari batu karena bening.

Pengunjung bisa berenang di bawah air terjun karena kolamnya tidak terlalu dalam. Jika ingin mendekati air terjun, harap berhati-hati. Karena terkadang arusnya bisa sangat kuat. Ada baiknya untuk tidak berenang terlalu dekat dengan air terjun.

Baca : Tiket Masuk Taman Keramas dan Kegiatannya

Waktu yang tepat untuk berenang adalah saat cuaca sedang cerah, seperti saat musim kemarau. Karena saat itu airnya jernih. Namun saat musim hujan, air menjadi lebih keruh dan kotor.

Tempat foto siap Instagram

Spot foto dengan latar belakang air terjunSpot foto dengan latar belakang air terjunBagi yang ingin berfoto dengan latar belakang air terjun dan pemandangan sekitar, tersedia spot foto untuk wisatawan. Foto: Google Maps/Desmond Soo

Daya tarik Air Terjun Tegenungan bukan hanya air terjunnya saja. Di sekitar air terjun terdapat spot-spot Instagrammable yang bisa dijadikan objek foto. Pihak pengelola sengaja menciptakan tempat-tempat menarik agar daya tariknya tidak hanya pada air terjunnya saja.

Cabang-cabangnya disusun membentuk sarang burung berukuran besar, lengkap dengan hiasan kepala burung. Ada juga cabang berbentuk hati. Pengunjung bisa berfoto dengan bingkai ranting hati ini.

Baca: Restoran Seru Dtukad River Club di Tepi Sungai

Untuk menuju air terjun, pengunjung harus menuruni ratusan anak tangga. Tidak perlu khawatir karena kondisi tangga masih sangat baik dan sudah dilengkapi dengan gerbang pelindung. Sebelum mencapai air terjun, terdapat tempat berupa balkon yang menghadap ke air terjun. Pengunjung bisa berfoto di sini dengan latar belakang air terjun.

Namun, Anda tidak bisa menyaksikan matahari terbit di sini seperti di pantai. Pengunjung masih bisa menyaksikan matahari mengintip dari balik air terjun. Muncul dan menerangi area air terjun.

Cahayanya mencoba menembus pepohonan di belakang air terjun. Hal ini membuat tampilannya semakin indah.

Baca: 10 Tempat Wisata di Gianyar yang Wajib Dilewatkan

Rasakan sensasi berayun di tepian tebing buatan

Berayun di depan Air Terjun TegenunganBerayun di depan Air Terjun TegenunganBerayun di depan Air Terjun Tegenungan. Foto: Gmap/Ingrid Fojtikova

Selain sebagai spot foto yang menarik, di sini juga terdapat ayunan yang terletak di tepi tebing buatan. Meski ayunannya tidak terlalu tinggi, namun cukup menegangkan saat diayunkan. Pasalnya, ayunan tersebut berada di atas tebing batu buatan.

Namun pengunjung akan merasakan ketegangan saat mencoba mengayunkannya. Pengunjung bisa berfoto di ayunan dengan latar belakang air terjun. Atau berayun dengan pemandangan air terjun.

Anda harus berhati-hati karena pengunjung tidak dilengkapi dengan tali pengaman. Namun jangan khawatir karena ayunannya terbuat dari jeruji dan tali yang kuat.

Fasilitas di air terjun Tegenungan Gianyar

Objek wisata ini memiliki fasilitas umum seperti toilet dan toilet. Di pintu masuk yang juga merupakan pintu keluar terdapat toko-toko yang menjual oleh-oleh khas Bali. Mulai dari kain khas Bali, kaos hingga aksesoris yang bisa dijadikan oleh-oleh.

Lokasi Air Terjun Tegenungan Gianyar

Objek wisata ini terletak di Jalan Ir. Sutami, Desa Kemenuh, Kecamatan Sukawati, Kabupaten Gianyar. Akses menuju lokasi sangat mudah, bisa ditempuh dengan sepeda motor atau mobil.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button