Tempat Wisata

Air Terjun Tesbatan, Air Terjun Eksotis 7 Tingkat di Kupang

harga tiket: Gratis, Waktu aktif: 08.00-18.00 WIB, Alamat: Tesbatan, Kec. Amarasi, Kab.Kupang, Nusa Tenggara Timur; map: pemeriksaan situs

Air Terjun Tesbatan merupakan tempat wisata yang cukup tersembunyi dari keramaian. Namun tempat ini menyembunyikan segudang keindahan yang tentunya tidak bisa dibandingkan dengan tempat wisata lainnya. Seperti namanya, air terjun ini terletak di kawasan Tesbatan, Kota Kupang, Provinsi Nusa Tenggara Timur.

Kota Kupang memang dikenal sebagai kota yang cukup gersang dan tandus. Namun siapa sangka tempat ini memiliki tempat wisata yang begitu menakjubkan yaitu Air Terjun Tesbatan. Kawasan wisata berupa air terjun ini terletak di kecamatan Amarasi. Jika berangkat dari Kupang, jarak tempuh menuju lokasi adalah 50 km.

Bagi Anda yang kebetulan berkunjung ke tempat ini, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi. Nantinya pengunjung boleh membawa sepeda motor untuk akses jalan yang lebih mudah. Tempat wisata ini memang masih terbilang sepi, namun destinasi wisata ini merupakan salah satu kawasan yang paling diminati bagi yang ingin dan menyukai tracking.

Daya tarik air terjun Tesbatan

Daya tarik air terjun TesbatanSumber gambar: Google Maps Nurnaeni Rais

1. Air Terjun Tiga Tingkat

Salah satu daya tarik yang ditawarkan Air Terjun Tesbatan adalah memiliki tiga tingkatan air. Untuk level atas disini anda akan melihat pengunjung yang cukup banyak. Itu karena level teratas sebenarnya yang paling mudah untuk dicapai, plus itu juga di jalan setapak.

Di tingkat kedua terdapat air terjun yang memiliki panorama yang begitu indah. Di sana pengunjung akan melihat tembok yang begitu tinggi dan lebar. Jika Anda ingin melihat panorama yang indah ini, Anda harus mengeluarkan banyak tenaga.

Pasalnya, nantinya Anda harus turun dan melintasi jalan setapak yang berada di area bantaran sungai. Jika Anda berada di area terendah atau di tingkat ketiga, Anda akan menemukan panorama yang begitu menarik dan sangat layak untuk diabadikan melalui foto.

2. Panorama yang masih begitu indah

Sebelum Anda memutuskan untuk menghabiskan liburan akhir pekan di Air Terjun Tesbatan, Anda harus tahu bahwa tempat ini memang merupakan salah satu kawasan yang masih alami. Pemandangan yang bisa Anda temukan di sana masih begitu indah. Pepohonan rimbun yang menjulang tinggi dapat ditemui di sepanjang jalan setapak.

Di jalan setapak merupakan area yang cocok untuk dijadikan spot foto karena memberikan background yang begitu indah. Bagi pengunjung yang merupakan fotografer amatir, akan mudah menemukan spot-spot cantik di sana. Selain itu, wisatawan bisa melihat aliran sungai yang begitu jernih.

3. Air jernih dan bersih

Air Terjun Tesbatan Selain memiliki tiga tingkatan air, air terjun ini dikenal bersih dan jernih. Banyak pengunjung yang datang dan akhirnya pindah ke permainan air tersebut. Warna air di air terjun ini mirip dengan warna Green Canyon. Di kawasan wisata yang satu ini, Anda bisa menikmati kolam untuk berendam atau berendam.

Alamat dan rencana perjalanan ke situs

Alamat Air Terjun TesbatanKredit foto: Google Maps Khoiri oke

Untuk menuju lokasi Air Terjun Tesbatan, Anda harus menggunakan transportasi darat. Seperti yang sudah disebutkan, tempat wisata ini terletak di provinsi Nusa Tenggara Timur. Pengunjung harus berjalan melalui hamparan pasir yang panjang melalui Jalan Timor Raya.

Setelah itu, pengunjung bisa memilih rute menuju Soe. Jika sudah berada di kawasan pertigaan, Anda bisa mengambil arah kanan yaitu menuju ke arah Oekabiti. Wisata alam ini sangat cocok untuk Anda coba. Di tempat ini Anda akan menemukan kawasan wisata yang begitu indah.

Selain itu, air terjunnya bersih dan jernih sehingga Anda bisa menikmati waktu yang menyenangkan sambil bermain air. Selain itu, jangan lupa untuk mengabadikan setiap momen seru yang Anda alami di tempat ini.

Biaya masuk ke air terjun Tesbatan

Biaya masuk ke air terjun TesbatanSumber gambar: Google Maps Nurnaeni Rais

Untuk tiket masuk ke kawasan Air Terjun Tesbatan belum diberlakukan. Dalam artian, semua pengunjung yang ingin menikmati keindahannya tidak dipungut biaya apapun. Hal ini akan sedikit mengurangi budget Anda untuk berlibur di tempat ini.

Uang yang digunakan hanya untuk membayar biaya parkir. Karena itu, pengunjung yang kebetulan membawa kendaraan pribadi harus membayar biaya parkir.

Namun harga parkir tidak ditentukan oleh pihak tur, jadi pengunjung dipersilakan membayar disini. Jam buka Air Terjun Tesbatan mulai pukul 08.00 dan tutup pukul 18.00.

Aktivitas seru di air terjun Tesbatan

Aktivitas seru di air terjun TesbatanKredit foto: Google Maps BeeDDjoo

1. Mandi dan bermain air

Salah satu kegiatan yang tidak boleh dilewatkan saat mengunjungi Air Terjun Tesbatan adalah mandi dan bermain air. Bagi Anda yang ingin bermain di air, Anda perlu membawa pakaian ganti. Anda bisa langsung menuju ruang ganti yang telah disediakan di kawasan wisata.

Tempat wisata ini cukup aman sehingga Anda bisa berenang atau bermain air sepuasnya. Namun, Anda tidak boleh melupakan pengawasan anak-anak Anda yang mandi di kolam alami ini.

2. Berburu foto

Untuk kegiatan selanjutnya yang tidak kalah direkomendasikan yaitu hunting foto. Bagi pengunjung yang sangat menyukai aktivitas foto, berikut berbagai jenis spot foto yang instagramable.

Anda dapat membuat pepohonan lebat sebagai objek atau background foto. Tak hanya itu, jalur pendakian di tempat ini juga sangat menarik untuk diabadikan. Untuk itu, kegiatan ini tidak boleh dilewatkan dalam keadaan apapun.

Nantinya Anda bisa mengambil foto yang luar biasa, karena hampir setiap bagian dari air terjun Tesbatan bisa dijadikan spot foto yang indah.

3. Bersantai di sekitar Air Terjun Tesbatan

Untuk aktivitas terakhir yang bisa Anda lakukan selama Air Terjun Tesbatan yaitu bersantai atau bersantai. Setelah anda disini anda sudah puas menikmati keindahan tempat ini, jadi tidak ada salahnya duduk santai sambil merasakan kesejukan alam sekitar.

Apalagi di akhir pekan, banyak pengunjung yang datang ke kawasan wisata ini. Hampir sebagian besar dari mereka mencari tempat untuk menenangkan diri dan bersantai setelah penat bekerja. Oleh karena itu, meski daerahnya cukup tersembunyi, beberapa orang tidak ragu untuk datang ke tempat ini.

4. Melihat panorama alam

Panorama alam yang ditawarkan air terjun ini memang begitu indah dan memanjakan mata. Saat menyusuri jalan, Anda bisa melihat aliran sungai yang bermuara dari air terjun Tesbatan. Bersama pepohonan yang rindang dan berjejer rapi, panorama di kawasan wisata ini menjadi sangat mempesona.

Setelah melewati pohon rindang, Anda akan melihat pintu masuk atau gapura yang mengarah ke panorama air terjun. Bahkan jika Anda merasa sangat lelah, semua itu pasti akan terbayar ketika Anda berada di tempat wisata. Keindahan yang ditawarkan begitu unik, indah dan tak terlupakan.

Fasilitas yang tersedia di area air terjun

Fasilitas air terjun TesbatanSumber gambar: Google Maps Baktiar Mlaku

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Air Terjun Tesbatan, perlu diketahui bahwa ada banyak fasilitas yang nantinya bisa digunakan pengunjung di sana. Fasilitas ini tentunya akan memudahkan berbagai aktivitas para wisatawan.

Mulai dari fasilitas berupa tempat parkir yang tentunya luas dan aman. Selain itu, Anda juga akan menemukan fasilitas lainnya yaitu toilet dan ruang ganti. Namun perlu diketahui bahwa jumlah toilet dan ruang ganti cukup terbatas, sehingga Anda harus mengantri.

Fasilitas terakhir yang bisa ditemukan di sana adalah berbagai area spot foto yang menarik. Tentunya hal itu akan membuat Anda semakin bersemangat untuk liburan akhir pekan di Air Terjun Tesbatan.

Air Terjun Tesbatan yang berada di kawasan tersembunyi menawarkan pengalaman berlibur yang seru dan tentunya tak terlupakan. Anda bisa datang ke tempat ini untuk menenangkan pikiran dan hati Anda dengan pemandangan yang menakjubkan dan air terjun yang menyegarkan. Jadi jangan ragu untuk segera kesana.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button