Tempat Wisata

Air Terjun Tesbatan: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Kota Kupang di Provinsi Nusa Tenggara Timur dikenal tandus dan gersang. Namun jika anda berkunjung ke kecamatan Amarasi anda akan menemukan tempat yang sejuk dimana anda bisa melihat sebuah oasis tersembunyi bernama air terjun Tesbatan. Wisata air terjun ini berlangsung di kecamatan Amarasi, sekitar 50 km dari kota Kupang. Bagi Anda yang berkunjung ke tempat wisata ini, disarankan untuk mengendarai kendaraan pribadi untuk mencapai spot air terjun yang agak tersembunyi.

Karena air terjun ini cukup jauh dari jalan umum, Anda bisa mempermudah akses dengan sepeda motor. Anda dapat melakukan perjalanan dari Pasir Panjang ke Soe. Tempat wisata air terjun ini memang masih sepi pengunjung, namun tempat ini menjadi salah satu tujuan bagi yang suka hiking.

Objek Wisata Air Terjun Tesbatan:

Air Terjun Tesbatan menawarkan pemandangan alam yang indah. Sepanjang jalan menuju objek wisata, pengunjung akan menemukan deretan pepohonan yang rimbun dan menenangkan. Jejak ini juga cukup bagus untuk dijadikan spot foto dengan tema alam yang menakjubkan. Mereka yang suka fotografi bisa mencoba tempat ini untuk mengambil gambar yang bagus.

Jalan menuju air terjun masih tanah liat sehingga pengunjung perlu berhati-hati saat musim hujan karena licin. Jika Anda mengikuti jalan menuju air terjun maka akan terlihat pemandangan sungai yang mengalir dari air terjun Tesbatan. Masyarakat juga membuat jet air yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan mereka. Nuansa pedesaan yang asri ini seakan membuat hati tentram dan nyaman.

Setelah menyusuri jalan dengan pepohonan yang rindang, Anda akan menemukan gapura yang melambangkan pintu masuk ke Air Terjun Tesbatan. Cukup berjalan beberapa menit, pengunjung akan menemukan pemandangan air terjun yang mereka tuju. Rasa lelah setelah menempuh perjalanan jauh akan terbayar lunas sesampainya di lokasi air terjun ini. Keindahan landscape yang disajikan sangat memanjakan mata.

Anda bisa beristirahat sambil merenungi lokasi menarik di sekitar Air Terjun Tesbatan. Anda juga bisa mengabadikan tempat ini karena ada banyak sudut yang menarik untuk difoto. Air terjun di tempat wisata ini sangat jernih dan bersih. Banyak yang berkunjung ke tempat ini terharu menikmati sensasi bermain di air yang berwarna biru kehijauan, seperti berwisata di Green Canyon.

Terdapat kolam di bawah air terjun Tesbatan yang bisa digunakan untuk bermain air atau mandi menikmati kesegaran air terjun yang jatuh. Di kolam ini kamu bisa menghabiskan waktu sepuasnya dengan teman-teman, pemandangan alamnya masih sangat asri. Anda akan menikmati ketenangan yang luar biasa karena jauh dari keramaian dan hiruk pikuk kota.

Bagi yang sedang bermain dan bajunya basah bisa menggunakan ruang ganti yang ada di area air terjun. Namun, ruang ganti yang tersedia hanya seadanya karena masih belum ada uluran tangan dari pemerintah untuk menjadikan wisata NTT ini lebih layak.

Setelah puas bermain air, pengunjung juga bisa melakukan aktivitas menarik lainnya, seperti jalan-jalan menyusuri Dataran Air Terjun Tesbatan. Air terjun ini memiliki tiga tingkat. Air terjun tingkat tertinggi adalah yang paling banyak dikunjungi wisatawan karena paling mudah diakses dan berada di sebelah jalan setapak.

Air terjun tengah atau kedua merupakan air terjun dengan pemandangan paling indah. Air Terjun Tesbatan tingkat tengah memiliki dinding yang cukup lebar. Namun, untuk melihat keindahan pemandangan dari dekat, cukup melelahkan menyusuri jalur tepian sungai.

Selain itu air terjun tingkat ketiga yaitu yang terendah memiliki ketinggian sekitar 3 m, tingkat ketiga cukup menarik dan jika hasil jepretannya bagus juga bisa dijadikan spot foto. Anda tidak akan menyesal berjalan menyusuri tiga tingkat Air Terjun Tesbatan ini karena masing-masing memiliki pemandangan unik untuk dinikmati.

Karena terletak di tempat yang bisa dibilang pedalaman, diharapkan pemerintah membantu mengembangkan wisata alam NTT ini. Keindahan potensi alam air terjun ini layak untuk dimanfaatkan untuk lebih mengembangkan kota Kupang. Dengan bekal fasilitas yang memadai dan pengelolaan yang baik, kawasan wisata ini semakin dikenal masyarakat dan sering dikunjungi wisatawan. Alhasil, perekonomian akan membaik dan masyarakat sekitar juga akan lebih sejahtera.

Fasilitas Air Terjun Tesbatan:

  • area parkir
  • ruang ganti
  • Spot foto yang menarik

Biaya masuk ke air terjun Tesbatan

  • Tiket masuk dewasa: Rp 2.000/orang
  • Harga tiket untuk anak-anak: Rp 1.000/orang
  • Biaya parkir motor: Rp 1.000
  • Biaya parkir: Rp 2.000

(Diperbarui Mei 2023)

Jam Buka Air Terjun Tesbatan:

  • Buka setiap hari dari jam 8 pagi hingga 6 sore.

Lokasi dan Rute Air Terjun Tesbatan:

Wisata air terjun ini bertempat di Desa Tesbatan, Kecamatan Amarasi, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur.

Jalan menuju tempat wisata bisa dilakukan dari Pasir Panjang hingga Jalan Raya Timor. Kemudian pilih jalur ke arah Soe. Begitu sampai di pertigaan Pasar Oesao, Anda bisa mengambil arah kanan menuju Oekabiti.

Air Terjun Tesbatan merupakan salah satu wisata alam yang ada di Nusa Tenggara Timur. Tempat wisata ini menawarkan suasana alam yang sangat asri, air terjunnya sangat jernih. Di tempat ini, Anda bisa bersantai sambil bermain air yang menghadirkan kesejukan.

Selain bersantai di air terjun ini, Anda juga bisa memanfaatkan tempat ini sebagai spot foto yang menarik. Banyak fotografer dan backpacker rela jauh-jauh pergi ke suatu tempat dengan potensi alam yang bagus untuk merasakan keindahan yang tersaji di sana.

Peta lokasi air terjun Tesbatan

Tips mengunjungi air terjun Tesbatan

Jadikan liburan Anda dan keluarga di Air Terjun Tesbatan semakin menyenangkan dan berkualitas. Berikut beberapa tips dari kami yang bisa Anda gunakan sebagai referensi liburan Anda:

  • Waktu terbaik mengunjungi Air Terjun Tesbatan adalah liburan panjang.
  • Datanglah ke Air Terjun Tesbatan bersama orang tersayang dan dapatkan pengalaman liburan yang tak terlupakan.
  • Bawa kamera dan cari foto terbaik dengan kamera terbaik.
  • Usahakan agar tubuh tetap prima saat berlibur di Air Terjun Tesbatan.

Galeri foto Air Terjun Tesbatan

Air Terjun Tesbatantempat fotoSpot foto di samping air terjunBerenang di bawah air terjunSuasana air terjun ramai pengunjungberburu foto

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button