Berita Wisata

Air terjun Tondopi yang megah di Bombana tingginya mencapai 15 meter

“Siapa bilang Sultra hanya terkenal dengan Wakatobi saja? Ternyata masih banyak objek wisata lain yang bisa dijelajahi Telisikers saat berkunjung ke kawasan yang menjadi rumah bagi hewan anoa ini, termasuk air terjun Tondopi”

BOMBANA, TELISIK.ID – Siapa bilang Sulawesi Tenggara hanya terkenal dengan Wakatobi? Ternyata masih banyak objek wisata lain yang bisa dijelajahi Telisikers saat berkunjung ke kawasan yang menjadi rumah bagi hewan anoa, di antaranya air terjun Tondopi.

Menurut situs resmi Dinas Pariwisata Sulawesi Tenggara, disparsultra.id, Air Terjun Tondopi berada di Desa Tongkoseng, Kecamatan Watchunu, Kabupaten Bombana. Jaraknya kurang lebih 49 kilometer atau 1,5 jam dari pusat Kabupaten Bombana ke Rumbia.

Seorang pegiat keliling, Ahmad Akhyar mengatakan, saat pertama kali mengunjungi air terjun tersebut pada Juni 2020, saat itu menurutnya air terjun Tondopi masih asri dan belum banyak dikunjungi orang.


Baca juga : Pesona eksotis Gua Watuburi Bombana yang merupakan situs prasejarah

Dahulu, ia harus melintasi medan yang sulit untuk membayar keindahan air terjun tersebut, menempuh jarak berkilo-kilometer melewati pemukiman penduduk. Namun, saat terakhir kali berkunjung pada 2021, ia menemukan banyak perkembangan di objek wisata ini.

Air Terjun Tondopi terletak di Desa Tongkoseng, Kecamatan Watchunu, Kabupaten Bombana, Sulawesi Tenggara. Foto: Repro disparsultra.id

“Saat ini sedang dibangun jalan baru oleh sebuah PT di Bombana, sehingga tidak perlu lagi melintasi pemukiman warga,” ujarnya kepada Telisik.id.

Ditambahkannya, saat ini pekarangan di sekitar air terjun cukup luas dengan pohon-pohon yang ditebang untuk memperluas pandangan, warga sekitar juga memanfaatkan pekarangan untuk membuka warung makan dan minum bagi pengunjung.

Sesampainya di sana, para Telisikers akan terkagum-kagum dengan kemegahan air terjun Tondopi yang menjulang begitu tinggi hingga memaksa leher untuk mendongak melihat keindahannya.

Baca juga : Pantai Tanjung Tabako menjadi tujuan wisata favorit masyarakat Bombana

Akhyar menggambarkan mata air yang jatuh dari air terjun Tondopi itu tenang dengan arus yang landai. Menurutnya, kolam di bawah air terjun sangat cocok untuk tempat berenang dan berendam.

Kolam renang di bawah air terjun Tondopi sangat cocok untuk berenang atau bermain air. Foto: Instagram @akhyarft

Meski begitu, pengunjung harus berhati-hati terhadap medan berbatu di bawah air terjun dan mencari tempat aman di tepi kolam yang tidak terlalu dalam. Memang spot kolam renang yang berada di dekat air terjun Tondopi ini bisa mencapai kedalaman 2 hingga 3 meter.

Dikutip dari suaranasional.id, air terjun Tondopi memiliki ketinggian sekitar 15 meter. Beberapa lokasi bidadari yang keren bisa jadi pengisi feed Instagram kamu. (B-Adv)

Pengarang: Adinda Septia Putri

Penerbit: Kardin

* BACA BERITA TERBARU LEBIH LANJUT BERITA GOOGLE

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button