Tempat Wisata

Air Terjun Tujuh Tingkat: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Berada di Aceh Selatan, tak lengkap rasanya jika tak menyempatkan diri menikmati panorama pantai-pantai yang ada di kabupaten ini. Puluhan pantai eksotik tersebar di kawasan ini, terkenal dengan legenda Tuan Tapa. Namun ternyata Aceh Selatan tetap menyimpan pesona keindahan alam berupa air terjun yang indah. Air terjun ini dinamakan Air Terjun Tujuh Tingkat.

Sesuai dengan namanya, Air Terjun Tujuh Tingkat menampilkan tujuh air terjun dengan keistimewaan dan pesona yang berbeda-beda. Ketujuh tingkat air terjun tersebut terpisah namun masih berada di lokasi yang sama. Air terjun ini menjadi salah satu destinasi favorit warga sekitar untuk menyegarkan diri dan menghabiskan waktu berlibur.

Air terjun tujuh tingkat

Lokasi tepatnya air terjun tujuh lantai ini berada di Gampong Batu Itam, Kecamatan Tapak Tuan, Kabupaten Aceh Selatan, Provinsi Aceh. Untuk menuju tempat wisata ini, wisatawan perlu menempuh perjalanan minimal 8 kilometer atau sekitar 10 menit dari pusat Kota Tapak Tuan.

Air terjun tujuh lantai ini juga tidak terlalu sulit untuk ditemukan, terdapat gerbang dan papan petunjuk menuju ke tempat wisata ini. Di Jalan Medan – Tapak Tuan, wisatawan bisa melihat dengan jelas pintu gerbangnya. Dari pintu gerbang, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 2 kilometer menuju tempat parkir.

Kondisi jalan dari pintu gerbang hingga tempat parkir dapat dikatakan cukup baik, walaupun belum beraspal namun jalannya cukup datar dan masih dapat digunakan oleh kendaraan pribadi seperti mobil. Hati-hati karena terkadang jalannya berkelok dan menanjak. Dari tempat parkir mobil Air Terjun Tujuh Lantai ini letaknya tidak jauh, hanya beberapa ratus meter saja.

Keajaiban air terjun tujuh lantai

Saat wisatawan menuju air terjun, mereka bisa mendengar suara gemericik air yang tenang dan menenangkan dari tempat parkir. Di sepanjang perjalanan wisatawan akan banyak menjumpai pepohonan hijau yang membuat suasana rindang dan asri. Apalagi udara di tempat ini sejuk sehingga sangat menyehatkan untuk dihirup.

Wisatawan juga bisa menjumpai perkebunan pala yang menjadi salah satu aset utama Kabupaten Aceh Selatan. Sesampainya di air terjun, wisatawan disuguhi fenomena air terjun alami dengan air yang cukup jernih. Bebatuan besar pun tampak menghiasi keindahan air terjun.

Air terjun tujuh tingkat

Berbeda dengan air terjun lainnya, Air Terjun Tujuh Tingkat memiliki ketinggian antara 2 hingga 5 meter. Terdapat beberapa air terjun yang dapat dinikmati wisatawan, serta kolam dengan air yang cukup jernih berwarna hijau kebiruan. Kesegaran airnya akan membuat siapapun yang melihatnya terpesona dan langsung terjun ke dalam kolam.

Beberapa tingkatan air terjun ini letaknya bersebelahan, namun ada juga air terjun tingkatan yang jaraknya agak jauh dari air terjun pertama. Air terjun pertama hingga keempat jaraknya cukup dekat, namun jika wisatawan ingin menikmati keindahan tingkat 5 hingga 7 harus mendaki kembali sesuai arus sungai.

Air terjun tingkat pertama merupakan tempat yang populer bagi wisatawan untuk bermain dan berenang. Pasalnya, kolam pada tingkat ini cukup besar dan tidak terlalu dalam. Air terjun ini juga dikelilingi pepohonan hijau yang seolah menciptakan suasana alami. Tak jarang terlihat burung-burung kecil berkicau di balik dahan, diiringi suara gemericik air.

Setelah lelah bermain air dan berenang, wisatawan bisa beristirahat di gubuk kecil sederhana yang berada tak jauh dari air terjun. Wisatawan dapat beristirahat sambil menikmati keindahan alam yang masih alami dan menyantap sesuatu untuk mengisi perut yang keroncongan.

Kompleks air terjun tujuh lantai

Fasilitas yang ada di Air Terjun Tujuh Lantai sudah cukup baik namun masih memerlukan perbaikan. Terdapat tempat parkir yang luas, sehingga wisatawan yang datang dengan mobil tidak perlu khawatir untuk memarkir kendaraannya.

Namun sayangnya masih belum ada toilet atau toilet yang bisa digunakan wisatawan untuk berganti pakaian. Jika wisatawan muslim ingin beribadah dapat menggunakan masjid dan musala yang ada di sekitar Gampong Batu Itam. Selain itu, masih belum ada warung yang menjual makanan di tempat wisata sehingga wisatawan harus membawa perbekalan sendiri.

Baca juga: Tapak Tuan Tapa, Misteri Jejak Kaki Manusia Raksasa

Namun wisatawan masih bisa menemukan restoran dan kafe di sekitar jalan utama Medan – Tapak Tuan. Selain itu, tersedia juga pilihan hotel dan akomodasi jika wisatawan ingin menginap di sekitar Air Terjun Tujuh Lantai.

Potensi wisata Air Terjun Tujuh Lantai sebenarnya cukup besar. Diharapkan kedepannya pemerintah daerah lebih memperhatikan pembangunan infrastruktur untuk menarik wisatawan dari dalam kota maupun luar negeri. Misalnya saja membangun jalan, toilet, dan fasilitas pendukung lainnya.

Berwisata ke Air Terjun Tujuh Tingkat merupakan salah satu cara menarik untuk mengisi akhir pekan Anda. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan di tempat wisata ini.

Nikmati keindahan alam

Tempat wisata ini menawarkan pesona alam yang begitu indah dan lestari. Mengunjungi air terjun ini akan memberikan Anda panorama air terjun indah dengan berbagai tingkatan. Anda bisa menikmati keindahan air terjun dengan duduk di atas bebatuan sambil menghirup udara segar.

Nikmati alam sekitar berupa pepohonan hijau yang juga sangat indah untuk dipandang. Aroma pala selalu menemani Anda saat berada di air terjun ini. Tempat wisata ini sangat cocok untuk menyegarkan pikiran dan hati anda.

Berenang dan bermain air

Kurang lengkap rasanya jika berkunjung ke air terjun namun tidak basah kuyup dengan berenang atau bermain air. Di air terjun ini Anda juga bisa menikmati segarnya air sungai yang berasal dari pegunungan. Airnya cukup jernih, dingin dan segar, sangat cocok jika Anda mengunjungi air terjun ini saat musim kemarau.

Air terjun bertingkat tujuh ini memiliki beberapa kolam dengan tingkat tertentu yang bisa digunakan untuk berenang. Kolamnya tidak terlalu dalam sehingga cukup aman bagi keluarga yang membawa anak-anaknya. Tentu akan sangat seru jika berlibur ke air terjun dan berenang bersama teman-teman.

Perburuan Foto

Anda juga bisa berburu foto di tempat wisata air terjun ini. Tempat ini sangat cocok bagi pecinta fotografi lanskap karena menawarkan pemandangan yang sangat indah. Ada beberapa objek yang bisa Anda abadikan dengan kamera.

Selain itu, tempat ini juga cocok untuk foto prewedding dan selfie seru. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati karena bisa saja kamera atau smartphone kamu terjatuh ke dalam air. Bawalah kamera yang bagus untuk mendapatkan hasil terbaik dari foto Anda.

Jam buka dan tarif masuk Air Terjun Tujuh Tingkat

Anda dapat mengunjunginya kapan saja karena buka 24 jam. Biaya atau HTM yang perlu disiapkan adalah 5.000 per orang.

Baca juga: 250 Tempat Wisata di Aceh Paling Menarik Yang Wajib Dikunjungi

Peta lokasi air terjun tujuh tingkat

Tips menuju Air Terjun Tujuh Tingkat

  • Selalu waspada saat berkendara dari gerbang menuju tempat parkir karena jalanan berkelok-kelok dan menanjak.
  • Bawalah perlengkapan seperti baju ganti karena rugi kalau tidak berenang disini.
  • Membawa makanan dan minuman dari rumah.
  • Selalu menjaga kebersihan kawasan dengan tidak membuang sampah di sekitar air terjun.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button