Tempat Wisata

Air Terjun Tumburano, air terjun cantik yang diapit tebing unik di Kepulauan Konawe

Air Terjun Tumburano, air terjun cantik yang diapit tebing unik di Kepulauan Konawe
harga tiket: Rp 15.000 Waktu aktif: 24 jam, Alamat: Lansilovo, Kec. Wawonii Utara, Kab.Konawe, Sulawesi Tenggara; Bahan pengikat: pemeriksaan situs

Dengan pesonanya yang luar biasa, Air Terjun Tumburano menjadi salah satu wisata alam di Sulawesi Tenggara. Air Terjun Tumburano terletak di wilayah administrasi Desa Tumburano Lansilowo, Kecamatan Wawonii Utara, Konawe.

Air terjun ini terbilang unik karena memiliki tebing yang sangat besar berwarna cokelat yang menyerupai atap rumah adat kuno. Dari tebing inilah air mengalir dan memberikan suasana yang sangat menyenangkan. Air terjun Tumburano memiliki dua ketinggian yang berbeda, bahu pertama tingginya sekitar 90 meter disebut Teras Tumburan Tama, dan bahu kedua setinggi 30 meter disebut Teras Tumburantina.

Nama Tumburano berasal dari dua suku kata yaitu Grow dan Rano yang artinya cascades atau air terjun. Kapasitas air air terjun ini sangat besar, sehingga tidak heran jika asapnya sangat banyak. Di sungai ini terdapat danau alami yang terbentuk dari air terjun. Biasanya danau alami ini banyak digunakan pengunjung untuk menikmati sejuknya alam Air Terjun Tumburano.

Daya tarik yang dimiliki Air Terjun Tumburano

Atraksi Air Terjun TumburanoKredit Foto: Google Maps Iman Teguh Wawonii

Air terjun ini masih sangat jarang diketahui masyarakat umum. Namun kini banyak media yang memanfaatkan tempat ini untuk mempromosikannya sebagai wisata nasional di Sulawesi. Hal itu wajar mengingat daya tarik air terjun Tumburano sangat menjanjikan.

1. Air jernih dan suasana damai

Airnya yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang berlibur di tempat ini. Oleh karena itu, sangat cocok untuk mengisi waktu luang dan bersantai di tengah kesibukan aktivitas sehari-hari. Selain airnya yang jernih, suasana tempat ini juga sangat tenang karena masih jauh dari pemukiman penduduk. Namun, Anda tidak perlu khawatir dengan perbekalan, dalam perjalanan menuju air terjun ini sudah terdapat stand-stand kecil tempat Anda bisa bersantai dan mengisi perut yang lapar.

Di sekitar air terjun akan terlihat hamparan hutan yang luas, terkadang suara burung dan hewan lainnya menenangkan suasana. Jika sudah puas dengan keindahan air terjunnya, Anda bisa melakukan pendakian dengan pemandu yang sudah disiapkan oleh pemandu wisata. Nantinya Anda akan diajak menjelajahi hutan yang mengelilingi air terjun.

2. Atap tebing yang menakjubkan

Saat mengunjungi Air Terjun Tumburano, hal pertama yang menarik perhatian adalah bentuk tebing yang menyerupai atap rumah. Posisi tebing berada tepat di bawah aliran air dan terlihat seperti tangan manusia yang sedang bermain air di kera atau sumber air. Tebing ini jika dilihat dari bawah bentuknya menyerupai atap, namun jika dilihat dari atas bentuknya hampir menyerupai mangkok dengan air yang mengalir di dalamnya.

Menariknya, sisi kanan dan kiri tebing ditumbuhi pepohonan yang sangat rimbun, membuat suasana semakin alami dan damai. Tebing air terjun Tumburano juga dijadikan sebagai tempat permainan adrenalin outdoor seperti B.memanjat tebing. Di mana Anda bisa menuruni tebing dengan tali dan perlengkapan keselamatan yang disediakan pengelola. Tidak perlu khawatir tentang masalah keamanan karena telah dijaga oleh para profesional.

3. Danau pemandian yang indah

Atraksi selanjutnya yang patut diacungi jempol adalah adanya danau cantik yang sering digunakan pengunjung sebagai tempat berenang. Di telaga air jernih ini Anda bisa menikmati keindahan alam dengan suara air terjun dan kesunyian hutan. Namun jika Anda berlibur bersama anak-anak, sebaiknya selalu berhati-hati karena telaga ini masih tergolong dalam untuk ketinggian anak-anak.

Pengelola juga telah menyiapkan perahu-perahu renang yang bisa disewa oleh anak-anak agar anak-anak bisa menikmati jernihnya danau dengan cara yang menyenangkan dan menyenangkan. Menyewa pelampung juga cukup murah yaitu 5.000 untuk anak-anak dan 10.000 untuk dewasa.

4. Tempat foto pilihan

Traveling terasa kurang lengkap tanpa mengabadikan setiap momennya. Banyak juga spot foto yang bisa diabadikan saat mengunjungi Air Terjun Tumburano. Dari awal perjalanan Anda akan menemukan desa Lansilowo dan hamparan hutan yang sangat luas.

Tak hanya itu, sesampainya di tempat wisata, Anda bisa berfoto di bawah satu atau dua tebing berundak, berfoto berenang, atau melakukan gaya foto lain seperti meditasi atau gerakan trending. Pengelola juga menawarkan jasa cetak foto langsung dengan harga murah 20.000 untuk 4 foto berukuran sedang.

Alamat, lokasi rute dan tiket masuk

Alamat air terjun TumburanoKredit foto: Google Maps Irhat English

Anda bisa memulai perjalanan menuju air terjun cantik ini dari Kendari. Jika Anda pergi dari Pelabuhan Kendari ke Pelabuhan Langara, Anda bisa menggunakan kapal feri atau kapal lain yang memakan waktu sekitar 4,5 jam, misalnya berangkat sekitar jam 9 WITA pagi dan tiba di Pelabuhan Laut Kendari pada pukul 14:00. Jika Anda ingin cepat sampai ke tujuan, lebih baik naik perahu kayu daripada feri. Waktu tempuh dengan perahu kayu hanya sekitar 2-3 jam saja.

Begitu sampai di kota Langara (ibu kota kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara), jarak tempuh menuju air terjun ini tidak jauh, hanya membutuhkan waktu 30 menit jika menggunakan sepeda motor atau mobil. Kalau melihat infrastruktur tahun sebelumnya di kaca, sebenarnya sudah membaik, karena koneksi jalan sudah bagus dan bisa digunakan dengan sepeda motor atau mobil. Untuk memudahkan pengunjung menuju tempat wisata.

Rasa lelah perjalanan Anda akan terbayar sesampainya di tempat wisata kebanggaan masyarakat Pulau Wawoni karena menawarkan pemandangan yang sangat indah dan damai. Harga tiketnya juga sangat terjangkau yaitu 20.000 untuk wisatawan mancanegara dan 15.000 untuk pengunjung lokal, sehingga anda bisa menikmati panorama alam yang luar biasa.

Aktivitas seru yang bisa dilakukan di Air Terjun Tumburano

Aktivitas seru di air terjun TumburanoKredit foto: Google Maps yudista chacha

Berikut beberapa aktivitas yang bisa Anda lakukan di Air Terjun Tumburano yang menakjubkan.

1. Menikmati keindahan air terjun

Tujuan utama mengunjungi tempat ini adalah untuk bersantai dan menikmati keindahan alam air terjun Tumburano. Keindahan yang dihadirkan tak pernah ada habisnya. Maka dari itu, wajib bagi Anda untuk mengabadikan momen tersebut sebagai kenang-kenangan saat Anda meninggalkan tempat tersebut.

2. Bermeditasi

Suasana yang tenang dan hening menjadikan tempat ini sangat cocok digunakan sebagai tempat meditasi dan juga menenangkan pikiran. Anda bisa duduk di pinggir danau sambil memejamkan mata untuk melepas penat dari aktivitas sehari-hari. Untuk duduk lebih nyaman, Anda bisa membawa tikar atau duduk langsung di atas batu karang di pinggir danau.

3. Berenang dan berendam

Telaga bening yang terletak di bawah air terjun ini bisa Anda gunakan untuk berenang atau mandi. Hal ini akan membuat tubuh anda lebih tenang dan rileks, karena anda sudah dapat merasakan sejuknya air wisata alam ini. Apalagi saat berenang bersama orang tersayang tentunya akan menambah indahnya momen liburan Anda.

Itulah berbagai hal menarik tentang pesona Air Terjun Tumburano di Kabupaten Konawe. Berlibur di tempat refreshing tentu bisa memberikan pengalaman berlibur yang berbeda.

Source: www.pesisir.net

Related Articles

Back to top button