Berita Wisata

Air terjun Tumpak Sewu, keindahan alam yang menakjubkan di perbatasan Malang-Lumajang

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan tempat wisata alam yang populer di Lumajang, Jawa Timur. Menawarkan keindahan air terjun alami yang megah. Air terjun yang sangat indah dan menawan. Memiliki bentuk aliran air yang menyerupai tirai, sehingga termasuk dalam jenis air terjun bertingkat. Airnya terlihat seperti tirai berjenjang. Air terjun Tumpak Sewu disebut mirip dengan air terjun Niagara di Amerika Serikat.

wisata alam air terjun tumpak sewuwisata alam air terjun tumpak sewu. Peta Google. sumber: Gutut Pradnyana

Air Terjun Tumpak Sewu juga dikenal dengan nama Coban Sewu. Terbentuk di aliran Sungai Glidih dan memiliki sumber air alami dari Gunung Semeru. Air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu karena memiliki banyak mata air. Tingginya sekitar 120 meter. Airnya mengalir dan jatuh di lembah terjal yang memanjang hingga ketinggian 500 meter di atas permukaan laut.

Air terjun ini berada di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang di Jawa Timur. Dapat diakses dari Malang dan dari Lumajang. Menjadi salah satu destinasi wisata alam terpopuler di Jawa Timur. Setiap hari, objek wisata alam ini ramai dikunjungi wisatawan, terutama pada akhir pekan dan hari libur.

Alamat Air Terjun Tumpak Sewu

Air Terjun Tumpak Sewu terletak di perbatasan antara Kabupaten Lumajang dan Kabupaten Malang. Secara administratif, Air Terjun Tumpak Sewu terletak di Jl. Raya Sidorenggo, Besukcukit, Sidomulyo, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur.

Keindahan air terjun Tumpak Sewu juga bisa dilihat di seluruh Kabupaten Malang. Langsung dari area Jagalan, Sidorenggo, Ampelgading, Malang, Jawa Timur.

Biaya masuk

  • Tiket masuk : Rp.10.000,-/orang.
  • Tarif parkir motor Rp 5.000
  • Biaya parkir Rp 10.000

Jam buka

  • Buka setiap hari. 07.00 WIB – 15.00 WIB.

Jalan menuju Air Terjun Tumpak Sewu

Ada beberapa rute yang bisa ditempuh untuk mengikuti wisata air terjun Tumpak Sewu. Dapat diakses dari Kabupaten Malang dan dari Kabupaten Lumajang.

  • Jarak tempuh dari Pusat Kabupaten Lumajang ke Air Terjun Tumpak Sewu sekitar 53 km. Dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam perjalanan. Rute yang ditempuh mungkin Jalan Nasional 3 melalui selatan Jawa Timur.
  • Sedangkan dari kota Malang menuju air terjun Tumpak Sewu berjarak sekitar 66 km. Dengan waktu tempuh kurang lebih 2 jam. Rute dari kota Malang melewati Kecamatan Bululawang – Kecamatan Dampit – Kecamatan Tirtomoyo – Kecamatan Pronojiwo (perbatasan Lumajang dan Malang). Begitu sampai di Desa Sidomulyo Kecamatan Pronojiwo. Di pinggir jalan akan terlihat pintu masuk menuju objek wisata air terjun Tumpak Sewu. Anda bisa parkir langsung di lokasi wisata.

Angkutan

Air Terjun Tumpak Sewu mudah diakses. Ke tempat wisata ini, Anda bisa menggunakan kendaraan pribadi seperti sepeda motor atau mobil.

Jika menggunakan angkutan umum, Anda bisa naik bus jurusan Lumajang – Malang. Biasanya bus ini beroperasi mulai pukul 07:00 WIB hingga 16:00 WIB.

Yang Baru di Air Terjun Tumpak Sewu

wisata air terjun tumpak sewumengunjungi air terjun tumpak sewu. Peta Google. sumber: Feby Monica

Air Terjun Tumpak Sewu merupakan tempat wisata alam yang populer di Kabupaten Lumajang, Jawa Timur. Menawarkan air terjun alami yang indah dan menakjubkan. Memiliki bentuk aliran air yang menyerupai tirai, airnya terlihat lebar seperti tirai yang berjenjang. Air terjun ini dinamakan Tumpak Sewu karena memiliki banyak mata air.

Di sini wisatawan bisa menikmati keindahan alam berupa air terjun alami yang airnya berasal dari Gunung Semeru. Selain Air Terjun Tumpak Sewu, ada juga tempat wisata lain yang bisa Anda nikmati keindahannya.

Pemandangan menarik di Air Terjun Tumpak Sewu

Di Tumpak Sewu terdapat 5 tempat wisata. Jika diurutkan dari pintu masuknya, urutan tempat wisata Air Terjun Tumpak Sewu adalah sebagai berikut:

1. Panorama Tumpang Sewu / Panorama Atas

panorama air terjun tumpak sewupanorama air terjun tumpak sewu. Peta Google. sumber: Lintar Reksa Bryan Abimanyu

Untuk mencapai panorama atas, pengunjung harus berjalan kaki sekitar 10 menit dari pintu masuk. Akses jalan yang mudah karena dilengkapi dengan tangga yang aman.

Sesampainya di atas lokasi, pengunjung akan merasakan pesona Air Terjun Tumpak Sewu dari ketinggian. Keindahan air yang jatuh dari tebing melebar seperti tirai. Hutan di sekitarnya hijau dan asri.

2. Air Terjun Bawah / Panorama Bawah

panorama dari bawahtampilan bawah. Peta Google. sumber: Ummu Raykhan

Selain dari gardu pandang atas, pengunjung juga bisa menikmati keindahan Air Terjun Tumpak Sewu dari gardu pandang bawah. Untuk mencapai tempat ini, jalan yang ditempuh cukup sulit. Pengunjung harus melintasi tebing tanah menggunakan tangga bambu.

tempat panorama bawahtitik panorama yang lebih rendah. Peta Google. sumber: teacherA

Kemudian dilanjutkan menyusuri Sungai Glidih hingga mencapai Air Terjun Tumpak Sewu. Dari tempat pemandangan di bawah ini, Air Terjun Tumpak Sewu yang menakjubkan akan diperkenalkan kepada Anda.

3. Tebing Nirwana

tebing nirwanatempat tebing nirwana. Peta Google. sumber: Ardita Nadia
tebing air terjun nirwana tumpak sewutebing air terjun nirwana tumpak sewu. Peta Google. sumber: Sean Narendra

Tebing Nirwanan terletak di antara jalan utama di sisi kiri dan kanan pintu masuk. Tebing-tebing berwarna cokelat begitu eksotik dengan aliran air yang mengalir ke arah Sungai Glidih.

4. Gua Malaikat

Lokasinya berjarak sekitar 300 meter dari air terjun Tumpak Sewu. Di depan Goa Bidadari terdapat sebuah air terjun kecil yang mengalir ke sebuah kolam.

5. Tetesan Gua

Disebut Goa Tetes karena letaknya di bawah air terjun. Air mengalir di antara dinding gua.

Keindahan air terjun dari sudut Pandang

stasiun tontonanstasiun tontonan. Peta Google. sumber: BILQIS Ufaira Ramadhani

Untuk mencapai lokasi pos pengamatan, wisatawan harus berjalan kaki sekitar 400 meter. Dari pos pengamatan, Anda bisa melihat keindahan air terjun dari atas.

Pos pengamatan ini merupakan bangunan permanen. Luasnya 3 meter persegi. Ini dapat menampung sekitar 50 orang. Untuk pengamanan, gardu induk yang berbatasan dilengkapi dengan pengamanan berupa pagar besi. Jarak antara pos pengamatan dan air terjun sekitar 100 meter. Dan jarak air terjun dari lembah ke puncak mencapai sekitar 50-70 meter.

mengambil selfie

selfie di air terjun tumpak sewuselfie di air terjun tumpak sewu. Peta Google. sumber: Air Terjun Tumpak Sewu Lumajang
selfie di air terjun tumpak sewu lumajangselfie di air terjun tumpak sewu lumajang. Peta Google. sumber: Farid.ar_

Air Terjun Tumpak Sewu menawarkan spot foto terbaik dengan latar pemandangan alam yang indah. Wisatawan bisa berswafoto dengan latar air terjun atau pemandangan alam indah lainnya.

Instalasi Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut sarana dan fasilitas umum yang tersedia saat berkunjung ke Air Terjun Tumpak Sewu.

  • Area parkir kendaraan
  • Pusat informasi dan kompensasi
  • warung makan
  • Kamar mandi
  • ruang sholat
  • Belvedere/markas besar

Hotel di dekat Air Terjun Tumpak Sewu

Hotel, villa atau losmen di sekitar Air Terjun Tumpak Sewu

  • Homestay Tumpak Sewu
  • D’Corner Homestay
  • Dear Traveler Guest House dan Glamping
  • Pondok Artha

Video Air Terjun Tumpak Sewu

Berikut video air terjun Tumpak Sewu dikutip dari channel Emzy Ardiwinata

Penutupan

Air Terjun Tumpak Sewu adalah salah satu tempat wisata alam paling populer di Lumajang, Jawa Timur. Menampilkan keindahan alam yang luar biasa. Keindahan air terjun alami yang menakjubkan. Air terjun yang sangat indah dan menawan.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button