Tempat Wisata

Air Terjun Ulim : harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan tempat

Potensi wisata Kabupaten Pidie Jaya sangat besar walaupun belum banyak digarap oleh wisatawan. Di kabupaten yang berusia 10 tahun ini, Anda akan menemukan berbagai wisata alam seperti pantai, gunung, dan air terjun yang masih alami dan terjaga keindahannya. Salah satunya adalah Air Terjun Ulim yang terletak di Gunung Sala.

Air Terjun Ulim menawarkan keindahan air terjun yang mempesona dengan gemericik air yang jernih dan segar dari mata air pegunungan. Selain itu, tebing-tebing yang mengelilingi megah air terjun juga menjadi fenomena yang sungguh mempesona. Bagi wisatawan yang berjiwa petualang dan pecinta wisata alam, tempat wisata ini cocok dijadikan destinasi liburan.

Air Terjun Ulim

Air Terjun Ulim terletak di Pegunungan Sala yang masih menjadi bagian dari Pegunungan Bukit Barisan. Tidak mudah untuk mencapai air terjun tersebut. Pendakian Puncak Sala memerlukan tenaga ekstra dan memerlukan waktu beberapa hari. Selain itu jalur pendakiannya cukup sulit dan ekstrim sehingga wisatawan sangat disarankan untuk mendaki bersama pendaki KOPALA berpengalaman yang pernah mendaki gunung ini.

Kaki gunung dan lereng Monte Sala didominasi hutan lebat dan liar. Apabila wisatawan mendaki gunung bersama KOPALA yang sudah familiar dengan medan dan jalur pendakian, maka perjalanan menuju Air Terjun Ulim akan terasa lebih cepat dan efisien. Hal ini juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terjadi pada wisatawan.

Pesona Air Terjun Ulim

Dalam perjalanan mendaki Monte Sala, wisatawan disuguhi pemandangan hutan yang masih alami dan sangat indah. Deretan pohon besar berbunga benar-benar memanjakan mata. Selain itu wisatawan disuguhi deretan tebing, hutan tropis, dan padang savana yang dipenuhi rumput dan semak belukar.

Perjalanan menuju Air Terjun Ulim memang sangat seru dan menantang. Kicau burung-burung liar yang saling berjalin memecah kesunyian hutan dan seakan menemani wisatawan dalam perjalanannya. Pendakian yang memakan waktu sekitar dua hari ini sangat menyenangkan karena keindahan hutan Sala.

Air Terjun Ulim

Tak jarang wisatawan menjumpai berbagai satwa langka yang hidup di hutan Sala selama pendakian. Hutan Sala masih liar dan menjadi rumah bagi fauna seperti beruang, monyet, landak, penyu, berbagai jenis burung dan masih banyak lagi. Bahkan, menurut pengalaman para pendaki, beberapa beruang liar dihadang pada jarak sekitar 10 meter.

Puncak Sala, tempat Air Terjun Ulim berada, memiliki ketinggian sekitar 1.200 meter di atas permukaan laut. Udara di atas sangat dingin, bahkan terkadang sampai ke tulang. Pada malam hari, pendaki sebaiknya beristirahat dengan mendirikan tenda di dalam hutan. Hal ini tidak hanya menghemat energi tetapi juga menghindari bahaya karena hutan gelap dan jalan tidak terlihat jelas.

Setibanya di Air Terjun Ulim, wisatawan akan disambut dengan air terjun eksotis yang terhampar seperti tembok besar di antara tebing kokoh. Konon masih ada beberapa air terjun lagi di Gunung Sala yang bisa dijelajahi wisatawan. Air terjun ini memiliki air yang sangat jernih dan segar, airnya mengalir ke sungai yang berada tepat di bawah air terjun.

Tak hanya air terjunnya saja, pemandangan alam disekitarnya juga sangat asri dan asri. Pepohonan hijau subur, masih asri, dan suara gemericik air yang jatuh ke bebatuan menciptakan harmoni alam yang mempesona. Wisatawan bisa menghirup udara segar yang bebas polutan.

Fasilitas Air Terjun Ulim

Fasilitas yang ada di Air Terjun Ulim sangat minim, hal ini tidak bisa dipungkiri karena lokasi air terjun ini berada di lokasi yang terpencil. Lokasi ini belum memiliki fasilitas seperti toilet umum atau musala untuk kebaktian gereja. Para pendaki gunung biasanya menggunakan batu sungai berukuran besar untuk berdoa.

Jika tidak, dipastikan wisatawan tidak akan menemukan satu pun warung yang menjual makanan atau minuman. Oleh karena itu, sebelum berangkat ke Air Terjun Ulim, wisatawan sebaiknya mempersiapkan perbekalan logistik selama beberapa hari.

Baca juga:

Mengunjungi Air Terjun Ulim bisa menjadi pilihan wisata menarik untuk mengisi liburan Anda, apalagi jika Anda menyukai wisata alam dan petualangan. Berikut aktivitas yang bisa dilakukan wisatawan saat berada di air terjun.

Nikmati keindahan alam

Jika Anda berkunjung ke Air Terjun Ulim, Anda bisa melihat keindahan air terjun yang berada di pegunungan. Air terjun ini cukup unik karena untuk mengunjunginya tidak hanya memerlukan usaha ekstra, namun keindahan dari air terjun ini sendiri sangat menawan berpadu dengan hutan yang masih alami dan masih terjaga dengan baik.

Anda bisa menikmati segarnya air di tempat ini dengan mandi atau berenang. Anda juga bisa memanjat tebing tersebut untuk melihat pemandangan yang jauh lebih indah dari atas tebing. Selain itu, pesona Hutan Sala sendiri juga tidak boleh dilewatkan karena di sini Anda akan menemukan pepohonan hijau subur dan padang savana yang luas.

berkemah

Kegiatan ini tak kalah menyenangkan jika Anda berkunjung ke Air Terjun Ulim. Anda bisa bermalam dengan mendirikan tenda di tengah hutan belantara. Menikmati sejuknya malam dengan hangatnya api unggun dan secangkir kopi merupakan pengalaman tersendiri yang pasti tidak akan Anda lupakan.

Namun saat berkemah, jangan lupa untuk menjaga kebersihan hutan dan membawa sampah plastik. Hal ini harus dilakukan untuk melestarikan hutan. Jika lapar, Anda juga bisa mencari ikan di sungai dengan cara memancing lalu langsung membakarnya. Makanan pun terasa lebih nikmat saat berada di alam yang asri, ngobrol dan menikmati kebersamaan.

Perburuan Foto

Mengabadikan keindahan alam Aceh sepertinya perlu dilakukan. Apalagi di era digital saat ini, mengambil foto sudah bukan hal yang asing lagi. Setiap jengkal keindahan hutan dan Air Terjun Ulim bisa Anda abadikan. Banyak sekali objek-objek menarik yang bisa Anda foto, seperti padang savana, tebing, dan barisan pegunungan.

Anda juga bisa berfoto selfie bersama teman dan menjadikan indahnya air terjun sebagai latar belakang mengambil foto. Jika ingin pemandangan yang lebih mempesona, Anda bisa memanjat tebing air terjun dan berfoto di puncaknya untuk mendapatkan pemandangan berbeda.

Baca juga:

Jam buka Air Terjun Ulim dan tarif masuknya

Anda bisa mengunjungi Air Terjun Ulim kapan saja untuk menikmati keindahannya. Masuknya gratis atau gratis.

Tips Menuju Air Terjun Ulim

  • Pertama, persiapkan kondisi fisik karena mendaki gunung membutuhkan waktu berhari-hari dan menguras tenaga.
  • Bawalah perbekalan secukupnya dan jangan berlebihan karena dapat mempersulit pendakian.
  • Jika Anda belum pernah mendaki gunung, sebaiknya ajaklah KOPALA yang lebih berpengalaman.
  • Disarankan berhati-hati saat mendaki, karena jalurnya cukup ekstrim dan hutannya masih liar.
  • Bawalah pakaian hangat dan makanan selama beberapa hari.
  • Membawa tenda untuk bermalam di hutan.
  • Jaga kebersihan tempat wisata dan jangan mencemari tempat wisata dengan meninggalkan sampah plastik.
  • Jagalah tempat wisata dan jangan merusak apapun yang ada di dalamnya.
  • Berdoa sebelum berangkat ke Air Terjun Ulim agar perjalanan anda lancar.

Galeri Foto Air Terjun Ulim

Potret Air Terjun Ulim di Aceh
Berburu foto di bawah air terjun
Berburu foto di atas air terjun
Potret Air Terjun Ulim dari atas
Pesona Air Terjun Ulim
Menikmati keindahan Air Terjun Ulim

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button