Tempat Wisata

Air Terjun Yeh Hoo, air terjun yang mempesona dengan budaya dan tradisi Subak di Tabanan

Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan adalah air terjun mempesona yang terkenal dengan keindahan alamnya serta kekayaan budaya dan tradisi Subak, sistem irigasi tradisional Bali.

Harga tiket: Rp 15.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: Senganan, Kec. Penebel, Cab.Tabanan, Bali; Map: Periksa lokasinya

Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan sangat cocok bagi para pencari petualangan. Dikelilingi oleh keajaiban alam yang mempesona, seakan membuat setiap pengunjung terpesona dengan pesonanya yang tiada duanya. Oleh karena itu, tempat ini tidak pernah sepi, meskipun ada kalanya tidak terlalu banyak hal yang terjadi. Wisatawan yang datang sangat beragam, mulai dari dewasa hingga anak-anak.

Tempat wisata populer di Tabanan ini cocok untuk semua kalangan karena aksesnya yang cukup mudah. Berbeda dengan air terjun lainnya yang umumnya memiliki medan yang sulit. Hampir semua jalan di sini sudah beraspal atau beraspal. Selain itu, jarak dari tempat parkir ke objek wisata tidak terlalu jauh. Tidak memerlukan banyak waktu dan tentunya tenaga.

Suasana asri dan alami menjadi salah satu daya tariknya. Di tengah banyaknya wisata alam yang memerlukan campur tangan manusia, justru sebaliknya yang terjadi di sini. Letaknya di tengah hutan yang hampir tidak terjamah manusia. Meski demikian, warga sekitar sebenarnya sudah cukup lama memanfaatkan air terjun ini.

Hotel murah di Tabanan Bali

Daya tarik air terjun Yeh Hoo

Daya Tarik Air Terjun Yeh HooFoto oleh А «А» di Google Maps

Wisata alam terus menjadi sangat populer di kalangan wisatawan yang ingin menghabiskan waktu liburannya. Salah satunya Air Terjun Yeh Hoo yang sangat populer, padahal Bali lebih terkenal dengan pantainya. Bukan tanpa alasan, karena banyaknya atraksi yang ditawarkan. Berikut ulasan lengkapnya!

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

1. Keindahan air terjun Yeh Hoo

Tidak terlalu tinggi seperti air terjun pada umumnya. Air terjun ini tingginya hanya sekitar 8 meter. Namun keindahan tidak serta merta harus ditemukan di tempat lain. Airnya mengalir sangat deras dan berakhir di sebuah kolam luas dan mempesona yang mengundang Anda untuk berenang dan bermain air.

Air terjun Yeh Hoo Tabanan dihiasi dengan bebatuan dengan ukuran berbeda-beda sehingga membuat pemandangan semakin eksotis. Batu ini seperti bendungan alami dan memisahkan kolam dari aliran air. Pengunjung dapat menggunakannya sebagai platform untuk bersantai. Tak jarang mereka memanfaatkan batu-batu tersebut untuk berpose dan memotret atau memotret.

Airnya yang sangat jernih membuat semua orang merasa ingin bermain dan merasakan kesegarannya. Kejernihan airnya membuat pengunjung terpesona dan mengajak mereka untuk mandi atau berenang. Tebing bebatuan pembatas aliran air ini memiliki garis-garis alami yang membuatnya semakin eksotis. Sebagiannya tertutup semak lebat.

Cek tiket The Blooms Garden Tabanan

2. Suasana asri dan alami

Daya tarik Air Terjun Yeh Hoo selanjutnya adalah suasananya yang asri dan alami. Tersembunyi di tengah hutan yang hijau dan asri, objek wisata alam ini menjanjikan kedamaian dan kesegaran alam yang luar biasa. Meski tidak banyak hal yang terjadi di sini, hal ini terbukti menjadi sesuatu yang menarik bagi sebagian wisatawan. Mereka yang ingin merasakan kedamaian lebih menyukainya.

Keindahan alam sudah bisa dirasakan saat pertama kali memasuki area parkir, dan tidak hanya di area utama saja. Banyak tanaman perdu yang tumbuh subur di sekitar kawasan wisata. Akses jalan yang Anda lalui pun tak luput dari keteduhan karena dinaungi pepohonan. Udaranya sejuk sekali, sangat menyehatkan bagi setiap orang yang datang.

3. Budaya dan tradisi Subak

Tradisi subak menjadi daya tarik Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan berikutnya yang tidak bisa diabaikan begitu saja. Subak adalah sistem irigasi tradisional yang sangat penting di Bali. Subak lebih dari sekedar sistem pertanian, namun juga memiliki nilai budaya dan tradisional yang mendalam bagi masyarakat setempat. Ini bukan hanya tentang mengelola air untuk keperluan pertanian.

Selain itu, terdapat pula filosofi, keyakinan, dan rasa kebersamaan yang tertanam dalam kehidupan sehari-hari. Filosofi tersebut didasarkan pada konsep Tri Hita Karana yang menggambarkan keseimbangan dan keselarasan antara ketiga unsur tersebut. Tiga unsur yang dipermasalahkan di sini adalah manusia, alam, dan Tuhan.

Cek tiket Tabanan Animal Park (TASTA ZOO).

Bahkan saking uniknya, UNESCO mengakui tradisi ini sebagai warisan budaya Bali. Sebagai wisatawan Anda tidak bisa melihat tradisinya secara langsung. Pasalnya tradisi ini hanya berlangsung pada waktu-waktu tertentu saja. Namun jika beruntung, Anda mungkin bisa melihat keunikan dan fungsi sistem perairan unik ini.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Air Terjun Yeh HooFoto oleh Andrey Kozlovskiy di Google Maps

Air terjun Yeh Hoo terletak di lereng Gunung Batukaru pada ketinggian sekitar 1000 meter di atas permukaan laut. Meski terlihat sulit untuk dicapai, namun kenyataannya tidak demikian. Sambungan jalan sangat baik terdiri dari aspal dan beton. Bahkan saat menuruni jalanan terjal, terdapat tangga yang dilengkapi dengan pegangan tangan untuk meningkatkan keselamatan.

Jika berangkat dari pusat kota, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam. Sebab jarak yang harus ditempuh adalah 40 kilometer. Tempat wisata alam di Bali yang hanya bisa diakses dengan kendaraan pribadi atau travel menambah sentuhan eksklusivitas dalam petualangan Anda. Beberapa titik belum tersedia angkutan umum, hanya ada ojek di sekitar kawasan wisata.

Air Terjun Yeh Hoo yang merupakan permata tersembunyi ini terletak di Desa Senganan, Kecamatan Penebel, Kabupaten Tabanan, Bali. Dari pusat kota silakan menuju Jalan Manikyang, lalu Jalan Meliling dan kemudian Jalan Raya Jegu Penebel. Lanjutkan perjalanan menuju Jalan Raya Buruan, Jalan Raya Babahan dan Jalan Raya Senganan hingga tiba di tempat parkir.

Biaya masuk dan jam buka

Untuk menikmati segala keindahan, keunikan dan daya tarik air terjun indah di Bali ini, Anda perlu menyiapkan biaya. Tapi jangan khawatir, harganya tidak terlalu mahal dibandingkan dengan apa yang Anda dapatkan. Untuk masuk ke Desa Wisata Jatiluwih, wisatawan hanya dikenakan biaya sebesar 15.000 rupiah, dengan tambahan biaya tambahan.

Tambahan biaya masuk Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan adalah 5.000 rupiah untuk dewasa dan 4.000 rupiah untuk anak-anak. Mengunjungi objek wisata alam ini gratis bagi semua orang, termasuk wisatawan mancanegara. Anda perlu membayar tiket sebesar 10.000 rupiah untuk dewasa. Sekarang lebih murah untuk anak-anak yaitu 5.000 rupiah.

Kegiatan yang menarik

Aktivitas Menarik Air Terjun Yeh HooFoto oleh Gus Adek di Google Maps

Wisata alam masih menjadi pilihan, termasuk air terjun. Alasannya sederhana karena banyak atraksi yang ditawarkan. Selain itu, ada juga beberapa kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Selagi kamu berada di objek wisata alam ini, berikut daftar aktivitas yang bisa kamu lakukan!

Rasakan pesona air terjunnya

Keindahan Air Terjun Yeh Hoo di Tabanan belum tentu bisa ditemukan di tempat lain, meski memiliki konsep wisata yang sama. Situasi ini tidak boleh diabaikan karena layak untuk dinikmati. Anda bisa bersantai di tepi kolam renang atau outdoor sambil menikmati keindahan. Suasananya begitu tenang dan juga sangat asri.

Berenang di Kolam Air Terjun Yeh Hoo

Jika menikmati keindahan alam belum cukup mengasyikkan, Anda juga bisa berenang atau bermain air. Airnya yang jernih mengundang semua orang untuk mencicipi kesegarannya. Namun, ingatlah untuk mengikuti etika dalam aktivitas Anda. Pasalnya, air terjun cantik ini termasuk salah satu air terjun suci menurut warga setempat.

Berburu spot foto

Aktivitas selanjutnya di Air Terjun Yeh Hoo Tabanan adalah mencari spot foto. Sebenarnya tempat ini tidak unik, namun kegiatan ini wajib dilakukan ketika mengunjungi tempat wisata. Apalagi saat ini banyak sekali spot yang bisa dijadikan objek foto. Misalnya saja keindahan dan eksotisme air terjun itu sendiri yang dihiasi tumbuhan dan bebatuan alami.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Fasilitas air terjun Yeh HooFoto oleh Made Ardiana di Google Maps

Faktanya, tidak ada fasilitas begitu Anda berada di air terjun. Fasilitas hanya tersedia di kawasan pemukiman, termasuk tempat parkir. Di sini juga terdapat toilet dan ruang ganti yang kondisinya cukup baik. Jika Anda lapar, silakan datang ke warung yang menjual berbagai makanan dan minuman.

Keindahan alamnya yang mempesona, segarnya udara hutan serta aktivitas yang tersedia menjadikan tempat ini salah satu destinasi wisata terpopuler di Bali. Air Terjun Yeh Hoo merupakan destinasi wisata alam yang menawarkan pengalaman tak terlupakan bagi setiap pengunjungnya.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button