Berita Wisata

Ajak Wisatawan Kunjungi Bangka Belitung, Pemprov Prioritaskan Wisata Alam, Budaya, dan Sejarah

BANGKAPOS.COM, BANGKA — Pemprov Bangka Belitung (Babel) berupaya mengembangkan pariwisata agar lebih maju dan menarik wisatawan untuk datang ke Babel.

Plt Gubernur (Pj) Bangka Belitung Ridwan Djamaluddin mengatakan, Bangka Belitung akan fokus pada wisata alam, budaya, dan sejarah.

“Kalau dapurnya merata. Konsep apa yang kita pikirkan tadi, misalnya saya usulkan wisata kesehatan (medical tourism-red), bangun saja rumah sakit, supaya orang Indonesia yang sakit tidak harus jauh-jauh ke negara tetangga tapi ke Babel saja, kita siapkan hal-hal ini untuk jangka panjang,” kata Ridwan, Rabu (16/11/2022).

Ia menjelaskan, untuk pengembangan pariwisata di Babel konsepnya masih belum satu kesatuan karena setiap kabupaten memiliki skenario sendiri-sendiri.

“Posisi pemerintah provinsi nantinya memfasilitasi dan mengoordinasikan penyiapan infrastruktur,” ujarnya.

Pemprov menggelar rapat pembahasan peningkatan pariwisata di Ruang Sawah Kantor Gubernur.

“Kami sedang mengumpulkan informasi tentang apa yang telah dilakukan oleh dinas pariwisata kabupaten/kota karena tujuan kami adalah untuk memantapkan promosi dan mempersiapkan dengan destinasi dan infrastruktur yang sesuai,” katanya. .

Ia menjelaskan, kabupaten kota sudah memiliki program prioritas, sudah memiliki tujuan masing-masing.

“Namun, dari segi promosi, kami ingin menciptakan sesuatu yang baru yang lebih menarik bagi band-band milenial dan kolonial,” ujarnya.

Ridwan juga mencontohkan jalur perjalanan antar destinasi wisata di Babel yang harus diperhatikan agar wisatawan nyaman.

“Kita ketemu lagi untuk mengemas paket, misalnya paket 3 hari 2 malam. Mau kemana karena tujuan kita lebih dari satu jam perjalanan, itu harus, harus ada ahli pariwisata yang berpengalaman. , tidak mungkin orang terlalu lelah selama perjalanan,” ujarnya.

Ia mencontohkan, untuk memajukan pariwisata di Babel, diperlukan keterlibatan pelaku ekonomi untuk ikut bertukar pendapat dalam memajukan pariwisata.

“Kami akan mengundang pelaku industri pariwisata, dinas pariwisata akan melakukan kegiatan di Palembang dan Batam untuk bertemu dengan pelaku industri untuk mempromosikan pariwisata,” katanya.

(Bangkapos.com/Cici Nasya Nita)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button