Berita Wisata

Akhir pekan Borobudur Marathon, candi masih terbuka untuk turis

Magelang

Direktur Utama PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (TWC), Edy Setijono mengatakan, pihaknya mendukung dan mengapresiasi segala bentuk kegiatan, termasuk yang digagas Pemprov Jateng untuk mendongkrak kunjungan wisatawan.

“Hari ini Borobudur Tour. Borobudur Marathon minggu depan masuk sport tourism. Sport tourism harus dipromosikan semoga ke arah internasional ke depan,” kata Eddy.

Edy menambahkan, Candi Borobudur akan tetap dibuka untuk wisatawan selama Borobudur Marathon pada Sabtu (12/11) dan Minggu (13/11).

“Memang acara ini menjadi daya tarik bagi pengunjung. Seperti yang kita lihat hari ini, pengunjung juga menikmati acara Borobudur Tour. Besok (Borobudur Marathon) akan sama, hanya karena ada jalan yang digunakan untuk lintasan, di ruas jalan ini. kami tutup,” kata Edy, Minggu (6/11/2022).

Sementara itu, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mempromosikan promosi Tour of Borobudur (TDB) sebagai event sport tourism.

“Sekarang untuk Tour Borobudur, minggu depan kita akan Borobudur Marathon. Jadi kita akan terus dorong agar pariwisata bisa dimulai dan masyarakat sekitar dapat menikmatinya dan lebih banyak orang yang ingin berolahraga,” kata Ganjar saat memasuki Borobudur Arrival Tour di Taman Lumbini, Candi Borobudur, Kabupaten Magelang, Minggu (6/11/2022).

Borobudur Tour berlangsung selama dua hari, dimulai hari ini dari Manahan Solo di Prambanan dan berakhir di Candi Borobudur. Peserta pada acara tahunan tersebut mencapai sekitar 1.500 orang, termasuk Ganjar.

“Setelah menempuh 103,2 km tepatnya, tangannya tidak masalah, meskipun dia berganti sepeda di tengah jalan. Menarik,” kata Ganjar saat disambut istrinya, Siti Atikoh, yang mengalungkan medali.

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satu peserta Tour Borobudur, Minggu (6/11/2022).Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo salah satu peserta Tour Borobudur, Minggu (6/11/2022). Foto: Eko Susanto/detikJateng

Jersey ABK

Dalam acara Tour of Borobudur ini, anak-anak berkebutuhan khusus (ABK) berpartisipasi dalam pembuatan jersey untuk pesepeda. Penyelenggara bekerjasama dengan beberapa ABK yang tergabung dalam Zoleka, tempat pemberdayaan ABK.

“Zoleka bersyukur dan berterima kasih atas kesempatan dan dukungan yang diberikan oleh Panitia TDB 2022 dan Bapak Ganjar Pranowo, untuk dapat mengikuti event internasional,” ujar Founder Zoleka, Irene Ridjab.

“Anak berkebutuhan khusus dan keluarganya juga bersyukur, mereka memiliki ruang untuk memamerkan karya dan keahliannya,” tambah Irene.

Menurut Ganjar, karya anak berkebutuhan khusus patut diapresiasi.

“Bangga bisa memamerkan (karya) teman-teman berkebutuhan khusus. Semoga nanti banyak yang datang ke sana,” kata Ganjar.

Simak Videonya “Dipanggil DPP PDIP Ganjar Saja Ucapnya”
[Gambas:Video 20detik]
(dil/dil)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button