Berita Wisata

Akses Pantai Sijile Diresmikan, Khofifah: Situbondo Siap ‘Dibanjiri’ Wisatawan – Lentera Hari Ini

SITUBONDO (Lentertoday) – Gubernur Jawa Timur (Jatim) Khofifah Indar Parawansa menilai Pantai Sijile Situbondo akan dibanjiri wisatawan setelah Jalan Merak – Baluran diresmikan pada Senin (9/1/2023). Pasalnya, Pantai Sijile memiliki keindahan dan eksotisme yang tak tertandingi.

“Tren wisata saat ini lebih berorientasi pada alam. Sebelumnya, Pantai Sijile masih relatif sulit dijangkau karena infrastruktur yang kurang memadai, sehingga setelah itu (peresmian jalan) harus siap “dibanjiri” wisatawan. Baik lokal maupun mancanegara,” kata Khofifah saat mengunjungi Pantai Sijile, Situbondo.

Sebelumnya, Khofifah meresmikan Jalan Merak – Baluran, Dusun Merak, Desa Sumberwaru, Kecamatan Banyuputih, Kabupaten Situbondo (Kawasan Taman Nasional Baluran). Jalan yang mampu menahan beban hingga 5 ton ini memiliki panjang 10 kilometer, lebar 3 meter, dan bahu satu meter.

Peresmian jalan ini mengikuti kesepakatan bersama antara Direktur Jenderal Konservasi Sumber Daya Alam dan Ekosistem, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) dan Bupati Situbondo tentang pelestarian fungsi kawasan Taman Nasional Baluran. Termasuk melalui Kemitraan Pemberdayaan dan Konservasi Masyarakat di Kawasan Khusus Labuhan Merak (dulu HGU PT Gunung Gumitir) pada 3 September 2020.

“Pantai Sijile sangat indah, terumbu karang yang menampung ikan dan berbagai biota laut lainnya masih terjaga dengan baik, merupakan daya tarik yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Khofifah mengatakan, keindahan Pantai Sijile tidak diragukan lagi karena pantai ini masih belum terjamah alias masih alami. Selain itu, ada tujuh pantai sambung lainnya di Situbondo yang juga masih belum terjamah sehingga panorama yang ditawarkan sangat alami dan asli.

“Arus air laut di pantai ini tenang, hampir tanpa riak dan tidak terlalu dalam. Cocok untuk berenang dan wisata air lainnya. Oleh karena itu, masyarakat Jawa Timur yang berkunjung ke Situbondo sebaiknya singgah dan menikmati keindahan Pantai Sijile,” ujarnya. ditambahkan.

Terkait dukungan infrastruktur, Khofifah mengatakan, Pemkab Situbondo dan Pemprov Jatim akan terus melakukan upaya peningkatan aksesibilitas infrastruktur pariwisata di Situbondo. Menurutnya, Situbondo memiliki banyak pantai sehingga perlu dukungan infrastruktur untuk pengembangan sektor pariwisata.

“Pembangunan infrastruktur akan dilakukan secara bertahap, diharapkan jika sektor pariwisata terus berkembang maka kesejahteraan masyarakat sekitar juga meningkat,” pungkasnya.

Reporter: Lutfiyu Handi | Penerbit : Widyawati

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button