Berita Wisata

Aksi kolaboratif untuk mengembangkan sektor pariwisata, Bupati Sri Juniarsih bertemu Menparekraf Sandiaga Uno

HEADLINEKALTIM.CO, JAKARTA– Pemerintah Kabupaten Berau terus membangun jaringan untuk mengembangkan pariwisata. Usai bekerja sama dengan Pemprov Bali, pada Rabu, 25 Januari 2023, Bupati Berau Sri Juniarsih Mas didampingi Kepala Bapelitbang Nanang Bakran, Kepala Disbudpar Ilyas Natsir dan Kepala PUPR Taupan Majid bertemu langsung dengan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Cipta Republik Indonesia Sandiaga Uno, di Jakarta, Kamis 26 Januari 2023.

Pertemuan kerjasama tersebut berlangsung di gedung Sapta Pesona Kemenparekraf. Dalam kesempatan tersebut, Bupati Sri Juniarsih Mas secara langsung memaparkan potensi wisata Bumi Batiwakkal yang terbentang mulai dari pedalaman, dari pantai hingga pulau-pulau. Berbagai wisata alam, budaya dan sejarah serta kuliner di Kabupaten Berau.

Seiring dengan berdirinya Ibukota Negara (IKN) di Kalimantan Timur, Berau menjadi kawasan unggulan wisata. Namun untuk mengembangkan sektor tersebut, Sri Juniarsih mengatakan perlu dukungan semua pihak, terutama pemerintah pusat, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Sri Joniarsih juga menyampaikan terima kasih atas perhatian Kemenparekraf terhadap pariwisata Berau, beliau berharap pariwisata Berau juga dapat menjadi prioritas nasional. “Tentu dengan adanya IKN di Kaltim, Berau yang memiliki potensi wisata harus siap menyambut wisatawan karena Berau merupakan penyangga IKN,” ujarnya.

Pemkab Berau, kata dia, terus berbenah dan menggali potensi wisata. Termasuk wisata berbasis lingkungan dengan terciptanya kawasan ekowisata di hutan mangrove. Diharapkan program yang juga didukung oleh pemerintah pusat ini terus memastikan terwujudnya wisata masyarakat dan lingkungan secara maksimal di Tanah Batiwakkal.

“Kami berharap potensi Berau mendapat perhatian lebih dari pemerintah pusat,” katanya.

Menparekraf Sandiaga Uno menyambut baik dan mengapresiasi pemaparan keseriusan pemerintah Kabupaten Berau dalam pengembangan pariwisata. Menurutnya, kolaborasi penting untuk memajukan Indonesia. Sandiaga juga mendorong untuk terus mengembangkan desa wisata di kawasan tersebut. Karena program ini berdampak signifikan terhadap peningkatan kunjungan wisatawan dan juga berdampak langsung kepada masyarakat di daerah tujuan wisata.

Dalam rapat tersebut, Menparekraf juga mengumumkan rencana kunjungan ke Bumi Batiwakkal yang sempat beberapa kali ditunda. Namun, ia memastikan akan melakukan kunjungan untuk melihat langsung dan mengeksplorasi destinasi wisata Kabupaten Berau yang menurutnya memiliki kelebihan dan keunikan tersendiri.

“Saya berjanji akan pergi ke Berau selama dua tahun. Mudah-mudahan nanti bisa ke sana, karena sangat indah potensi wisatanya, baik wisata alam, budaya, maupun wisata khas seperti laut,” ujarnya.

Rapat kerja sama tersebut juga mempertemukan beberapa pejabat daerah yang juga memiliki potensi wisata, serta deputi dan direktur dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif yang siap membantu pemerintah daerah dalam pengembangan dan promosi destinasi wisata. (Hmm)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button