Berita Wisata

Al Kamil, masjid keren yang menjadi ikon baru di Jawa Barat. Cocok untuk dijadikan tempat wisata religi!

SurabayaNetwork.id – Selain Masjid Al-Jabbar di Kecamatan Gede Bage Kota Bandung yang sedang viral karena arsitekturnya yang indah, rupanya masih ada masjid-masjid unik di Jawa Barat yang cocok untuk wisata religi. Masjid itu bernama Al-Kamil.

Masjid Al-Kamil sendiri terletak di Kawasan Wisata Jemah, Waduk Jatigede, Kabupaten Sumedang. Masjid dengan bangunan berwarna putih dengan corak emas di atasnya ini dirancang langsung oleh Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

Keunikan masjid ini terlihat dari kubahnya yang tidak biasa. Karena kubah yang dibangun berbentuk seperti bunga teratai yang sedang mekar. Sedangkan di sebelah masjid terbentang keindahan Waduk Jatigede yang mempesona.

Baca juga: PUTU LANANG di Malang, Kuliner Tertua Ini Baru Saja Buka Antrean Ular, Aroma Pandan Menggoda Selera

Selain bentuk kubahnya yang tidak biasa, Masjid Al-Kamil semakin cantik dengan dibangunnya sepasang menara kujang yang memiliki simbol sebagai senjata khas masyarakat Sunda.

“Kujang merupakan senjata khas masyarakat Jawa Barat,” kata Ridwan Kamil seperti dikutip Kabarpriangan.mind-rakyat.com.

Menurut Ridwan Kamil, sepasang menara kujang melambangkan suami istri yang memiliki peran dalam membangun peradaban manusia dan mendidik anak-anaknya.

Meski Masjid Al-Kamil dibuka untuk umum sejak 27 Agustus 2022, animo masyarakat terhadap masjid ini masih tinggi.

“Masyaallah masjidnya bagus banget,” kata akun @herlianalingga dalam postingan tentang Masjid Al-Kamil di Instagram @infogratisarat.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button