Tempat Wisata

Alamat, gambar & tiket

Jogja selalu menarik untuk dikunjungi, terutama salah satu kabupatennya yaitu Kabupaten Gunung Kidul.

Di Gunung Kidul, disinilah tempat wisata andalan Jogja bertahta. Dari gua eksotis hingga pantai romantis.

Salah satu pantai yang tidak boleh dilewatkan saat berwisata ke Gunungkidul adalah Pantai Krakal.

pantai-krakal-jogja

Pantai ini memiliki banyak daya tarik, oleh karena itu kita harus mengunjunginya. Nah, untuk lebih jelasnya mari kita lihat ulasan tim Wisatabagus.com tentang pantai di Jogja ini.

Sekilas tentang Pantai Krakal

Pantai ini merupakan salah satu pantai yang paling populer di Gunungkidul. Meski tidak sepopuler itu Pantai Indrayanti atau Pantai Baron, tetapi juga merupakan penyumbang pendapatan daerah yang signifikan dari sektor pariwisata.

Pantai ini berdekatan dengan Pantai Indrayanti. Diukur, keduanya hanya terpisah jarak sekitar 2,7 kilometer. Jika Anda datang dari arah Kota Jogja, Pantai Krakal berada setelah Pantai Indrayanti.

Pantai ini bernama Pantai Krakal karena di sekitar pantai banyak terdapat bebatuan. Padahal, ada dua batu karang super besar di pantai ini yang menjadi penghalang langsung ke pantai yang berdekatan.

Kedua karang tersebut juga menjadi daya tarik dan ciri khas Pantai Krakal. Tugu atau monumen berbentuk ikan bahkan didirikan di salah satu bebatuan.

Kata “krakal” adalah kata Jawa yang berarti batu karang dalam bahasa Indonesia.

Misteri Pantai Krakal

Pantai Krakal Gunung Kidulinstagram.com/marofiq16

Misteri yang kami maksud di sini tidak memiliki konotasi yang menyeramkan. Namun lebih pada proses atau sejarah keberadaan Pantai Krakal.

Menurut beberapa sumber, dulunya pantai ini merupakan kawasan yang berada di dasar laut.

Tetapi karena proses alami yang disebut epirogenesis negatifdaerah yang berada di dasar laut akhirnya naik ke permukaan dan membentuk daratan.

Hal ini semakin jelas jika kita melihat kontur kawasan Pantai Krakal.

Apalagi mengingat banyaknya bebatuan, dari yang kecil hingga sebesar kapal, sepertinya proses alami ini benar-benar terjadi.

Dua batu karang di pantai ini sebelumnya diyakini berada di dasar laut dan terangkat dalam prosesnya epirogenesis negatif.

Objek wisata Pantai Krakal

Pesona keindahan pantai ini bisa kita rasakan begitu memasuki pintu masuk untuk pertama kalinya.

Dari situ kita bisa melihat suasana Pantai Krakal yang masih asri dengan pasir putih dan bebatuan yang berserakan di sekitarnya.

Pantai ini sebenarnya telah mewarisi keindahan pantai-pantai lain di Gunung Kidul.

Kegembiraan utamanya adalah kombinasi pasir putih dan terumbu karang yang menciptakan pemandangan eksotis yang memanjakan mata.

pantai-krakal-gunungkidulinstagram.com/pesonajogja

Selain itu, yang pasti akan selalu kita temukan saat mengunjungi pantai-pantai di Gunung Kidul adalah kondisi ombaknya yang cukup besar.

Di Pantai Krakal, ombak besar ini justru menjadi daya tarik yang digunakan wisatawan peselancar bagaimana Pekerjaan berselancar atau berselancar.

Dua batu karang besar yang ada di pantai ini juga menjadi komponen yang menambah keindahan Pantai Krakal.

Dari situ kita bisa menikmati lanskap pantai lebih bebas. Apalagi di Tugu Ikan, karang menjadi target utama pengunjung untuk berfoto.

Di pinggir pantai, berkat keberadaan berbagai jenis pohon, kita disuguhi pemandangan yang tak kalah indah.

Area di bawah pepohonan tidak hanya menambah keindahan, tetapi juga dapat digunakan sebagai tempat pertemuan yang cukup nyaman.

Di pinggir pantai juga terdapat beberapa rest area berupa bangku dan gazebo.

Disana kita bisa bersantai sambil menikmati aneka makanan dan minuman yang kita dapatkan dari warung-warung yang tersebar di sepanjang pantai.

Baca juga: Pantai Ngoba

Kegiatan wisata di pantai Krakal

Liburan di pantai ini bisa kita maksimalkan dengan berbagai aktivitas. Daripada hanya bengong dan berangan-angan, ada baiknya kita melakukan kegiatan berikut ini agar liburan semakin tak terlupakan:

berjemur dan bermain pasir

Misteri Pantai Krakalinstagram.com/fitricupid90

Hangatnya pasir pantai bisa kita manfaatkan sebagai media relaksasi alami.

Kita bisa menggali lubang dan menggali selama beberapa menit untuk merasakan sensasinya.

Pasir Pantai Krakal yang bersih dan lembut memberi Anda rasa aman untuk aktivitas ini.

Saat berjemur, kita juga bisa bermain pasir untuk menggambarkan kreatifitas kita.

Penyewaan payung dan bangku juga tersedia di Pantai Krakal yang bisa kita posisikan sedikit ke arah bibir pantai.

Ini adalah solusi ketika kita ingin berjemur dengan cara yang lebih santai. Mirip dengan gaya bule berjemur di pantai.

berjalan di pantai

Atraksi Pantai Batuinstagram.com/apriprasetiyo97

Pantai Krakal membentang lebih dari 4 kilometer.

Banyak hal yang akan kita temukan nanti jika kita ingin menjelajahinya dengan berjalan kaki.

Alih-alih hanya duduk bermalas-malasan di sisi Anda, cobalah berjalan menikmati angin sepoi-sepoi. Jangan lupa membawa kamera karena pasti akan ada keramaian nantinya Pekerjaan yang sayang jika tidak diabadikan.

snorkeling

Pantai Krakal juga menawarkan alam bawah laut yang menakjubkan. Untuk menikmatinya bisa kita lakukan snorkel mengeksplorasi alasannya.

Jika Anda menyukai kegiatan ini, Anda dapat menyewa peralatan snorkel dengan harga yang cukup murah hanya Rp 50.000 saja.

Baca juga: Cantik Pantai Sadranan jogja

berselancar

Ombak di Pantai Krakal cukup besar untuk menjadi surga para peselancar. Setiap saat pasti ada turis lokal maupun mancanegara yang melakukan aktivitas ini di Pantai Krakal.

Sayangnya untuk persewaan papan atau alat berselancar belum di pantai ini. Jadi kita harus mempersiapkan diri dan membawa dari rumah.

Berburu foto di Coral Hill

hunting foto-pantai-krakalinstagram.com/iyansep2

Ada banyak di pantai ini Pekerjaan Kita bisa mencoba foto. Di sebelah noda terletak di dekat pantai, Pekerjaan adalah tantangan terbesar Pekerjaan Foto di atas bukit batu.

Di atas bukit kita bisa berfoto dengan latar birunya air laut Pantai Krakal. Atau kami mengambil foto dengan latar belakang monumen ikan setempat.

Nikmati kuliner khas pantai

Di Pantai Krakal banyak terdapat warung atau rumah makan yang menawarkan makanan khas pantai. Di warung ini kita bisa menjumpai dan menyantap aneka olahan ikan.

Selain ikan, ada juga menunya makanan laut lain seperti udang, lobster, cumi-cumi.

Baca juga: Pantai Parangtritis Yogyakarta

matahari terbenam

sunset pantai krakalinstagram.com/marestimei

Banyak yang mengatakan bahwa Pantai Krakal adalah Pekerjaan matahari terbenam terbaik di jogja. Anda bisa membuktikannya dengan menyaksikan langsung momen tersebut matahari terbenam dari Pantai Krakal.

Di sebelah matahari terbenam kita juga bisa melihat matahari terbit dari pantai ini kalau bisa datang pagi-pagi sebelum momen matahari terbit itu tiba

Selain tujuh aktivitas di atas, kita juga bisa berburu ikan dengan alat pancing di pantai ini. Ada banyak Pekerjaan Memancing bisa kita coba. Namun jika belum memiliki pengalaman, kita bisa bergabung dengan para nelayan yang setiap hari berburu ikan di Pantai Krakal.

Alamat Pantai Krakal

Alamat pantai ini terletak di Ngestirejo, Tanjungsari, Gunungkidul, Yogyakarta.

Lokasinya dekat dengan pantai lain di Gunung Kidul seperti Pantai BaronPantai Indrayanti, Pantai Sundak, Pantai Kukup jogja dan lainnya.

Untuk menuju pantai ini kita bisa menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat karena kondisi jalan menuju lokasi cukup bagus.

Rute ke lokasi

rute-ke-pantai-krakalinstagram.com/jogjascenery

Rute menuju Pantai Krakal bisa disesuaikan dari posisi keberangkatan.

Misalnya jika Anda berangkat dari pusat Kota Jogja, maka rute yang akan dilalui adalah dari Jogja menuju Piyungan jalan lingkar Selatan, selanjutnya menuju Desa Mulo setelah sampai di Wonosari.

Nah, dari Desa Mulo, lanjutkan perjalanan Anda melalui jalan yang mengarah ke Pantai Baron. Ada pertigaan sebelum Pantai Baron dan silahkan belok kiri.

Ikuti saja jalan ini hingga sampai di Pantai Krakal. Sebelum tiba di Pantai Krakal, kunjungi Pantai Kukup dan pantai lainnya.

Anda tidak perlu khawatir tersesat karena setiap pantai wajib memiliki papan nama atau plakat.

Baca juga: Pantai Panjang

jam buka

Pantai Krakal buka 24 jam sehari. Kita bebas datang kapanpun kita mau. Namun, jika ingin suasana yang lebih sejuk dan eksotik, sebaiknya pilih kunjungan pagi atau sore hari.

hari berkunjung jam operasi
Setiap hari 24 jam

Tiket masuk Pantai Krakal

Tiket Masuk Pantai Krakalinstagram.com/fachrudmhm

Tiket masuk pantai ini dan pantai lainnya sudah digabungkan dengan tiket masuk Pantai Baron.

Jadi kita hanya perlu membayar tiket masuk ke Pantai Baron dan setelah itu kita bisa mengunjungi pantai lain tanpa perlu membayar tiket masuk lagi.

Tiketnya juga dijual cukup murah, hanya Rp 10.000 saja per orang baik di hari biasa maupun hari libur.

jenis tiket Harga
tiket masuk Rp.10.000
Taman Rp 2000 (sepeda motor) – Rp 5000 (mobil)

Tapi kami mengenakan biaya parkir di setiap pantai. Untuk Pantai Krakal tiket parkirnya hanya Rp 2000 untuk sepeda motor dan Rp 5000 untuk mobil.

Baca juga: Pantai Watu Kodok Gunung Kidul Jogja

Fasilitas umum

Demi memberikan kenyamanan dan kemudahan kepada pengunjung selama berlibur di Pantai Krakal, pihak pengelola telah menyiapkan berbagai fasilitas pendukung.

Fasilitas di pantai ini antara lain tempat parkir mobil yang cukup luas, Pekerjaan Foto, paviliun, bangku, warung makan, toilet, mushola dan mushola.

Bagi yang ingin menginap, di pantai ini juga terdapat beberapa hotel seperti hotel melati. Penginapan tersebut bisa disewa dengan biaya sekitar Rp. 150.000 Rp 500.000 per malam tergantung fasilitas yang diberikan.

Atraksi terdekat dari Pantai Krakal

Bagi Anda yang memiliki kuota liburan panjang, ada tempat wisata lain yang bisa dijelajahi di sekitar pantai ini.

Obyek wisata menarik yang berada tidak terlalu jauh dari Pantai Krakal, selain yang kami tulis diatas adalah Pantai Sadranan, Pantai Nggulung, Puncak Kasokara, Bukit Bintang Jogja dan Goa Jomblang.

fasilitas-pantai-krakalinstagram.com/pantai.jogja

Baca juga: Tempat wisata di Jogja

Kabupaten Gunungkidul memiliki banyak objek wisata menarik yang tidak pernah membosankan untuk dikunjungi. Jika Anda punya waktu untuk mengunjungi Gunung Kidul, jangan lupa untuk mengunjunginya juga Pantai Krakal Yogyakarta ini indah.

Source: wisatabagus.com

Related Articles

Back to top button