Tempat Wisata

ALUN-ALUN GRESIK 5 Tempat Wisata Khusus Desember 2022

Biaya masuk ke Alun-alun Gresik: Gratis. Jam buka: 24 jam. Nomor telepon : -. Alamat: Jl. CH. Wachid Hasyim, Bedilan, Gresik, Gresik, Jawa Timur, Indonesia, 61114.

Gresik bukanlah kota wisata. Namun kesederhanaan kota memancarkan pesona tersendiri. Pesonanya bisa dirasakan saat berkunjung Alun-alun Gresik. Setelah dua tahun direnovasi, alun-alun ini kembali menjadi tujuan wisata yang menarik. Apa yang membedakan taman kota ini?

Tiket masuk Alun-alun Gresik

Alun-alun Gresik adalah fasilitas umum tanpa biaya masuk. Masyarakat umum dan wisatawan dapat dengan bebas mengunjungi alun-alun ini.






tiket masuk
Biaya masuk Gratis

Baca: 4 Destinasi Wisata Terbaik di Gresik

jam buka

Alun-alun Gresik buka setiap hari sepanjang tahun. Daerah ini selalu ramai terutama pada malam hari. Banyak warga dan wisatawan yang datang untuk berwisata kuliner di sekitar alun-alun.






jam operasi
jam buka 24 jam

Alun-alun Gresik

Alun-alun GresikAlun-alun Gresik salah satu destinasi wisata di Kabupaten Gresik – Foto: Google Maps/Satrya Wibowo

Dibandingkan dengan Surabaya, Gresik tidak populer sebagai tujuan wisata. Kawasan pelabuhan ini lebih dikenal sebagai brand produk semen. Karena kota ini memang menjadi lokasi perusahaan semen pertama dan terbesar di Indonesia.

Gresik adalah daerah yang mudah. Jika ingin berwisata ke sini, pilihannya tidak terlalu besar. Beberapa yang sudah populer adalah Pantai Delegan dan Dynasty Water World.

Satu lagi yang baru dibuka secara resmi untuk umum adalah Alun-alun Gresik. Sebelum direnovasi pada tahun 2017, alun-alun ini merupakan lapangan dengan taman. Seperti alun-alun di Jawa pada umumnya, dulu alun-alun ini dihiasi dengan pohon beringin. Saat ini alun-alun ini menawarkan suasana yang berbeda. Lokasi lebih nyaman untuk berbagai aktivitas untuk semua kalangan.

Baca Juga: Tiket Masuk PULAU BAWEAN & 6 Aktivitas

Suasana Madinah

Taman di alun-alunDeretan pohon kurma menghiasi pelataran parkir – Foto: Google Maps/Denny Prasetyo

Sebelum didesain, Alun-alun Gresik merupakan lapangan luas dengan taman dan pepohonan. Warga Gresik biasanya menggunakan tempat ini sebagai arena olahraga dan jalan-jalan sore. Lokasinya memang strategis karena berseberangan dengan Masjid Jami Gresik yang bersejarah.

Sekarang alun-alun itu dikelilingi oleh koridor dua lantai. Interiornya berupa taman dengan deretan pohon kurma. Adanya fasilitas ini menciptakan suasana yang berbeda dari sebelumnya. Pohon kurma sengaja ditanam untuk menciptakan suasana ala medina.

Gresik dikenal sebagai kota yang bernuansa religi. Hal ini tidak lepas dari perannya sebagai tempat Sunan Gresik menyebarkan agama Islam. Sekilas, ornamen-ornamen itu mengingatkan pada suasana masjid. Lantai koridor dan pagar juga terdapat ornamen bintang berujung delapan. Taman yang dipenuhi pohon kurma memperkuat kesan religius tempat ini.

Arena olahraga

Main futsal di tempat parkirPengunjung berlatih di sudut alun-alun yang teduh – Foto: Google Maps/Madu Asli Madu Sarang

Alun-alun biasanya identik dengan lapangan luas dengan jogging track. Orang sering menggunakan ruang sebagai tempat untuk bergerak. Kehadiran koridor bertingkat membuat Alun-alun Gresik terlihat berbeda dari alun-alun pada umumnya.

Namun, bukan berarti tempat ini tidak bisa dijadikan arena olahraga. Adanya koridor justru memperlebar jalur jogging di sini. pengunjung bisa Joging Kelilingi koridor di lantai 1 yang luas. Daerah ini cukup ramai tetapi terlindung dari sinar matahari.

Kalau mau lebih tenang bisa pindah ke lantai 2, koridor ini lebih cocok untuk jogging di pagi atau sore hari. Pengunjung bisa berolahraga tanpa takut kepanasan akibat terik matahari.

rekreasi keluarga

Jalur pejalan kaki di lantai 2Berjalan mengelilingi alun-alun di jalur pejalan kaki “mengambang” – Foto: Google Maps/didik nugraha

Alun-alun Gresik sering menjadi tujuan rekreasi keluarga. Tempat ini memiliki fasilitas yang ramah untuk segala usia. Salah satunya adalah koridor bertingkat yang merupakan jalur pejalan kaki. Selain tangga, terdapat jalur yang agak menanjak yang bisa digunakan oleh difabel atau lansia.

Berjalan-jalan di sekitar alun-alun adalah hiburan mudah yang populer di sini. Pengunjung dapat menikmati suasana kota Gresik yang dikelilingi oleh berbagai pepohonan rindang. Ada juga gazebo yang bisa dijadikan tempat duduk santai.

Sayangnya, taman kota ini tidak memiliki taman bermain untuk anak-anak. Namun banyak pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai jenis permainan anak untuk disewakan. Salah satu yang paling laris adalah mobil dan skuter listrik. Anak-anak bisa bermain di alun-alun besar.

Wisata kuliner

Suasana malam di alun-alunSuasana malam alun-alun tampak terang dengan penerangan yang cukup – Foto: Google Maps/Bunda Imah Chanel

Jangan lewatkan berburu kuliner di lapangan. Area di sekitar alun-alun menjadi hidup dengan pasar loak setiap hari Jumat hingga Minggu. Pedagang kaki lima membuka lapak yang menjual pakaian, mainan, dan makanan.

Wisatawan bisa mendapatkan berbagai kuliner khas Gresik di sini. Sebut saja martabak usus dan nasi krawu. Ragam kuliner ini memudahkan wisatawan yang ingin mengadakan piknik di alun-alun. Jangan lupa jaga kebersihan dengan membuang sampah pada tempatnya ya.

perabot

Fasilitas di Alun-alun Gresik antara lain tempat parkir mobil, toilet, jalur pejalan kaki, bangku taman, dan gazebo. Sedangkan fasilitas tempat ibadah dipusatkan di Masjid Jami’ Gresik. Di sekitar alun-alun banyak terdapat pedagang kaki lima yang menawarkan berbagai macam kuliner.

Lokasi Alun-alun Gresik

Taman kota ini terletak di Jalan KH. Wachid Hasyim, Desa Bedilan, Kecamatan Gresik, Kabupaten Gresik. Alun-alun ini dikelilingi oleh sejumlah tempat penting di Gresik seperti Masjid Jami dan gedung DPRD. Pengunjung bisa datang dengan kendaraan pribadi, angkutan umum atau angkutan online.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button