Tempat Wisata

Alun-alun Kota Wisata Batu: lokasi, fasilitas dan jam buka

Alun-alun Kota Wisata Batu: lokasi, fasilitas dan jam buka

Liburan ke Kota Batu belum lengkap tanpa mengunjungi alun-alun kota. Ya, Alun-Alun Kota Wisata Batu menjadi salah satu destinasi yang sering dikunjungi banyak wisatawan ketika datang ke Batu, Malang.

Banyak sekali aktivitas wisata di alun-alun ini yang tentunya sangat menghibur dan cocok untuk berlibur. Selain itu letak Alun-Alun Kota Batu sangat strategis sehingga sangat mudah dijangkau dari mana saja.

Selain itu, Alun-Alun Kota Batu juga merupakan taman kota sehingga tidak heran jika banyak wisatawan yang mengunjunginya. Di sini Anda bisa bermain di taman, menikmati kuliner dan mengendarai berbagai permainan.

Biaya masuk Alun-Alun Kota Wisata Batu

Jika anda berencana untuk datang ke kota Batu Malang maka datanglah ke tempatnya. Menariknya dari wisata utama kota Batu ini adalah Anda tidak perlu membayar tiket untuk mengikutinya.

Ya, untuk masuk dan menjelajahi Alun-Alun Kota Batu, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Pihak pengelola wisata tidak memungut biaya apapun bagi wisatawan yang ingin bermain di Alun-Alun Kota Batu.

Hanya saja Anda harus mengeluarkan biaya parkir kendaraan sebesar Rp 2.000 jika membawa sepeda motor. Sedangkan jika membawa roda empat maka biaya parkirnya sebesar Rp 5.000.

Selain itu, jika ingin menikmati game drive di Alun-Alun Kota Batu, Anda juga perlu mengeluarkan uang sendiri.

Jam Buka Alun-Alun Kota Wisata Batu Malang

Lalu Alun-Alun Kota Batu buka jam berapa? Kabar baiknya, Alun-Alun Kota Batu buka dan buka 24/7. Jadi Anda bisa mengunjunginya kapan saja.

Hanya saja Alun-Alun Kota Batu akan semakin ramai dan bising pada malam hari. Beberapa wahana permainan juga dibuka di Alun-Alun Kota Batu pada sore hari. Jadi jika ingin lebih asyik bermain di Batu Town Square, datang saja pada sore atau malam hari.

Atraksi di Stone Town Square

Karena letaknya yang strategis dengan kota Batu, tak heran jika wisata ini hampir selalu ramai dikunjungi terutama di akhir pekan, hari libur nasional, dan liburan sekolah. Berikut beberapa hal yang membuat Alun-Alun Kota Batu menarik:

1. Ada bianglala besar

Salah satu wahana permainan yang mewakili primadona Alun-Alun Kota Batu adalah bianglala. Jika Anda datang ke sini, jangan lewatkan untuk menaiki bianglala di alun-alun ini. Mengendarai bianglala memungkinkan Anda menikmati indahnya pemandangan kota Batu dari ketinggian.

Kincir ria ini memiliki diameter yang besar sehingga cukup menantang karena putarannya yang cukup tinggi.

Kincir ria ini memiliki 17 kabin yang dilengkapi dengan pengaman. Jadi tidak perlu khawatir terjatuh karena bianglala ini sudah pasti aman untuk dinaiki.

Faktanya, bianglala di Stone Town Square adalah satu-satunya yang ada di sana. Di alun-alun kota lain, tidak ada yang menawarkan naik bianglala.

2. Banyak tempat bermain anak

Ternyata selain bianglala, masih banyak juga permainan seru yang pasti bisa dicoba oleh anak-anak. Ya, Alun-alun Kota Batu menawarkan arena bermain yang sengaja didesain dengan mempertimbangkan anak-anak.

Arena bermain yang disediakan juga aman, karena sebagai orang tua Anda hanya tinggal mengawasi anak saat bermain. Di dalam taman bermain juga terdapat miniatur-miniatur yang tak kalah menarik.

3. Terdapat air mancur yang indah

Ada air mancur yang indah untuk dilihat di dekat taman bermain anak-anak. Jika ingin berfoto di sekitar air mancur, berhati-hatilah jangan terlalu dekat, jika tidak, air bisa tiba-tiba bocor dari mata air.

Jika Anda nekat dan nekat berfoto di depan air mancur Alun-Alun Kota Batu, sangat disarankan untuk membawa baju ganti! Banyak juga anak-anak yang sengaja bermain air mancur saat berada di Alun-Alun Kota Batu.

4. Dapat mengendarai mobil hias

Daya tarik lain dari Alun-alun Kota Wisata Batu adalah terdapatnya mobil-mobil hias yang dapat Anda kendarai sepanjang tur. Ya, mobil-mobil yang ada di Alun-Alun Kota Batu dihiasi lampu-lampu berwarna cantik dan menarik.

Anda dapat berjalan mengelilingi alun-alun dengan iringan musik keras dari dalam kendaraan hias. Banyak wisatawan yang memanfaatkan mobil hias ini untuk menikmati serunya wisata di Alun-Alun Kota Batu.

5. Dekat Masjid An-Nur

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, Alun-Alun Kota Batu memiliki letak yang strategis karena berada di pusat kota. Alun-alun ini tidak hanya berada di pusat kota tetapi juga dekat dengan Masjid An-Nuur yang juga menjadi daya tarik utama kota Batu.

Di masjid ini Anda bisa salat atau istirahat sejenak setelah berjalan melintasi Alun-Alun Kota Batu.

Masjid yang satu ini memiliki teras dengan pemandangan langsung ke Alun-Alun Kota Batu sehingga membuat semua orang betah berada di sana. Selain itu, suasana di masjid ini juga sejuk karena angin sepoi-sepoi di sekitarnya.

6. Berburu oleh-oleh dan oleh-oleh di Pasar Laron

Alun-Alun Kota Wisata Batu tidak hanya dekat dengan Masjid An Nur, tapi juga dekat dengan pasar. Nama pasarnya sendiri adalah Pasar Laron yang merupakan tempat berdagangnya para pedagang asongan atau pedagang kaki lima.

Di Pasar Laron, Anda bisa mencari berbagai oleh-oleh dan oleh-oleh khas kota Batu. Ada banyak toko untuk dijelajahi di Pasar Laron. Dijamin kamu akan terkagum-kagum saat menjelajahi Pasar Laron ini.

7. Terdapat jogging track

Selain berbagai wahana hiburan, Batu Town Square juga memiliki jogging track yang bisa digunakan untuk berolahraga. Jogging track ini sebenarnya merupakan trotoar yang dirancang mengelilingi alun-alun.

Jogging track di Alun-alun Kota Batu memiliki lebar yang pas untuk jogging dan tidak akan membuat Anda mudah tersandung. Banyak orang yang jogging di sekitar Alun-Alun Kota Batu pada pagi hari untuk mengeluarkan keringat sebelum bekerja.

Selain itu, di sekitar jogging track Batu Town Square juga banyak terdapat pepohonan yang memberikan keteduhan. Suasana di jogging track ini dijamin membuat semua orang merasa nyaman saat berolahraga.

8. Bisa wisata kuliner

Daya tarik terakhir yang ditawarkan Alun-Alun Kota Batu adalah kesempatan berwisata kuliner. Jika Anda menyukai kuliner, tempat ini dijamin cocok untuk dicoba. Ada banyak makanan dan minuman yang bisa dicoba di sini.

Mulai dari jajanan, oleh-oleh, hingga makanan berat, semuanya ada di Alun-Alun Kota Batu. Kalau kesini jangan lupa untuk mencoba jajanan terunik dan legendaris bernama Ketan Pos Legenda. Wajib dikunjungi jika kebetulan sedang berada di Alun-Alun Kota Batu.

Fasilitas Alun-Alun Kota Wisata Batu

Seperti halnya alun-alun di kota lainnya, Batu Town Square memiliki fasilitas yang memadai antara lain:

  1. Parkir untuk kendaraan
  2. Toilet
  3. makanan jalanan
  4. wahana
  5. jalur joging

Diploma

Batu Wisata Town Square merupakan destinasi yang sayang untuk dilewatkan selama berada di Malang. Daya tarik tempat ini yang membedakannya dengan destinasi wisata lainnya.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button