Berita Wisata

Alun-Alun Selatan Boyolali, hunting foto bareng sapi

Alun-Alun Kidul Boyolali merupakan ruang terbuka untuk umum yang menjadi tempat favorit warga untuk melakukan berbagai kegiatan mulai dari nongkrong, berolahraga, mengajak anak-anak bermain.

Keberadaan Alum-Alum menjadi landmark tersendiri bagi suatu daerah, apalagi saat ini banyak daerah yang mengalami renovasi atau perbaikan agar menarik dan kekinian.

penanda persegitanda persegi. Google Maps. sumber: Nanik Yunianti

Lihat juga: Gunung Merapi

Kabupaten Boyolali memiliki beberapa ruang terbuka hijau yang menjadi destinasi wisata gratis untuk menghabiskan akhir pekan bersama keluarga. Sebagai:

  • Persimpangan PB VI Selo,
  • Simpang Lima Boyolali,
  • Taman Pandanalas Boyolali,

Alun-Alun Selatan Boyolali bisa jadi destinasi wisata gratis di Boyolali, berikut ulasan atau deskripsi lengkapnya untuk Anda semua!

Lokasi Alun-Alun Selatan Boyolali

Alun-alun Boyolali Selatan lokasi dan alamatnya adalah Wonosari, Kemiri, Kecamatan Mojosongo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah.

suasana di hari minggusuasana hari Minggu. Google Maps. sumber: Ahmad Rozaki

lihat juga: bukit kinasih

Alun-Alun Boyolali Kidul terletak di lingkungan kantor pemerintahan kabupaten Boyolali, lokasinya tidak terlalu jauh dari Simpang Lima Boyolali.

Rute yang bisa ditempuh dari Simpang Lima Boyolali adalah menuju Jl. Pandanaran, dari bundaran langsung menuju Jl. Kates, belok kiri di Jl. Perintis Kemerdekaan hingga tiba di Jl. Jatinom – Boyolali.

Alun-Alun Selatan Boyolali berada di sisi kiri jalan, yang ditandai dengan landmark Alun-Alun Kidul yang besar. Jaraknya hanya sekitar 3 km, dengan jarak tempuh kurang dari 10 menit.

Jam Buka Alun-Alun Selatan Boyolali

Alun-Alun Selatan Boyolali jam buka 7 hari seminggu selama 24 jam sehari

Harga Tiket Masuk Boyolali South Square

Sebagai ruang terbuka untuk umum, tidak ada tiket masuk saat berlibur di Alun-Alun Boyolali alias gratis.

patung keretapatung kereta. Google Maps. sumber: Ngatno

lihat juga: selo baru

Fasilitas Alun-Alun Selatan Boyolali

Fasilitas wisata di sekitar Alun-Alun Selatan Boyolali antara lain:

  • tempat parkir,
  • masjid,
  • Panggung pertunjukan,
  • Bangunan seperti gazebo,
  • Kantin,
  • pedagang makanan dan minuman,
  • lapangan besar,
  • tempat foto ikonik,

Alun-alun Boyolali Selatan

1. Ruang publik terbuka

Alun-Alun Kidul Boyolali merupakan salah satu ruang terbuka yang paling banyak dikunjungi, terutama di akhir pekan. Lokasinya yang strategis berada di tengah pusat kota, dan areanya yang luas menjadi salah satu daya tariknya.

bangunan seperti gazebobangunan seperti gazebo. Google Maps. sumber: Gilang Primada

lihat juga: tanah kali pepe

Banyak kegiatan masyarakat yang bisa diadakan di sekitar Alun-Alun Selatan Boyolali, mulai dari pentas seni, piknik hingga olahraga.

Mengunjungi ruang terbuka seperti ini merupakan langkah yang baik untuk menjauhkan anak dari gadget, handphone atau PS yang bisa membuat mereka malas dan lebih asyik sendiri.

Di Alun-Alun Kidul Boyolali, anak-anak bisa bermain dengan bebas dan juga bisa mencoba berbagai wahana yang biasanya ada di sekitar. Hari minggu benar-benar ramai!

Waktu terbaik berkunjung ke Alun-Alun Kidul Boyolali adalah pada pagi dan sore hari, selain terlindung dari sengatan matahari, suasananya juga kondusif untuk kegiatan olahraga.

2. Tempat ikonik

Jika kawasan Simpang Lima Boyolali memiliki patung kereta kuda, maka Alun-Alun Selatan Boyolali memiliki patung sapi berukuran besar dan patung jagung raksasa.

Patung sapi itu bernama Sora Ox atau Sapi Ndhekem, ikonik banget kan? Boyolali dikenal sebagai penghasil susu sapi terbesar di Jawa Tengah sehingga mendapat julukan Kota Susu.

tempat ikoniktempat ikonik. Google Maps. sumber: Dina Tiara

lihat juga: museum r. hamong wardoyo

Jadi bagi anda yang berkunjung ke Alun-Alun Kidul Boyolali khususnya yang berasal dari luar daerah wajib banget untuk berfoto di depan Sora Lembu ini.

3. Tempat kuliner

Pada akhir pekan, terutama hari Minggu, Alun-Alun Selatan Boyolali sangat ramai. Tidak hanya ramai pengunjung, ruang publik ini juga akan dipadati pedagang makanan dan minuman.

Hal ini banyak dimanfaatkan oleh pengunjung yang datang untuk memanfaatkannya sebagai tempat wisata kuliner. Sesaat tidak berhenti sampai di situ, Alun-alun Boyolali Selatan juga akan diburu pedagang yang menjual mainan, baju.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button