Berita Wisata

Ancaman Banjir 5 Hari Kedepan, BPBD Cilacap Minta Masyarakat Waspada dan Amankan Properti Dekat Pantai

CilacapUpdate.com – Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Cilacap mengimbau masyarakat untuk waspada dan berusaha menjauhi pantai, serta mengamankan harta benda yang berada di dekat pantai.

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Cilacap Widjonardi mengatakan, imbauan tersebut tidak terlepas dari peringatan BMKG tentang potensi banjir akibat kenaikan muka air laut maksimal, selama periode 22 hingga 27 Desember 2022 di pesisir selatan Jawa Tengah.

BPBD, jelas Widjonardi, telah menugaskan UPT BPBD Kroya dan jajaran Kota untuk melakukan pembekalan kepada kepala desa dan lurah di Kelurahan untuk mengingatkan warga agar lebih waspada.

Baca Juga: Jam Kerja Asyik Belanja, 5 ASN di Cilacap Ancam Sanksi

“Lakukan koordinasi intensif dengan para tokoh relawan di wilayahnya untuk bekerja sama dalam memantau wilayah pesisir,” ujarnya.

BPBD juga menginstruksikan jajarannya untuk melaporkan hasil pemantauan secara berkala saat melapor ke Op Pusdal, dan berkoordinasi secara rutin dengan pimpinan Perkumpulan Nelayan.

“Siapkan semua peralatan dan material logistik banjir yang diperlukan jika terjadi keadaan darurat,” pungkasnya.

Pernyataan BMKG menyebutkan, fenomena hilal pada 23 Desember 2022 dan perigee (jarak terdekat bulan dengan bumi) pada 24 Desember 2022 berpotensi menambah tinggi maksimum pasang surut.

Baca Juga: Sudah Ragu Ini 15 Perguruan Tinggi Terbaik di Kabupaten Cilacap Berdasarkan Data Resmi Kemendikbud? Periksa sekolah Anda

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button