Berita Wisata

Anda sedang mencari tempat camping di jogja? Ini rekomendasinya

Anda sedang mencari tempat camping di jogja?  Ini rekomendasinyaFoto: Ilustrasi berkemah (chanwit whiset dari Pixabay)

Murianews, Yogyakarta – Berkemah atau camping kini menjadi salah satu pilihan banyak orang saat berwisata. Ada sesuatu yang berbeda tentang berkemah dan Anda tidak bisa mendapatkannya saat Anda hanya nongkrong di tempat wisata.

Saat berkemah, akan banyak pengalaman baru dan menarik yang tidak akan terlupakan. Selain itu, berkemah bagi banyak orang bisa menjadi cara penyembuhan untuk mengembalikan semangat.

Banyak juga tempat wisata yang menawarkan paket camping atau berkemah bagi para wisatawan. Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta adalah salah satu tempat terbaik untuk berkemah bersama orang-orang tersayang.

Baca Juga: Sky Park Pangalengan Bandung, Cocok untuk Camping Keluarga

Ada beberapa tempat camping terbaik di Jogja. Berikut rekomendasinya, dilansir dari laman Visitingjogja, Sabtu (7/1/2023).

Bukit Klangon

Bukit Klangon Yogyakarta telah lama dikenal sebagai salah satu tempat wisata dan berkemah favorit Kabupaten Sleman. Tempat wisata yang berada di lereng Gunung Merapi ini menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan. Tak heran jika tempat wisata ini selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama anak muda yang gemar hiking dan camping.

Lokasinya berada di Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang berada di atas ketinggian yang membuat objek wisata Bukit Klangon terlihat segar. Bukit Klangon berjarak sekitar 36 kilometer dari pusat kota Yogyakarta melalui Jalan Pakem-Kalasan, dan memakan waktu sekitar satu jam.

Obyek wisata yang terletak lebih dari 1.200 meter di atas permukaan laut ini menawarkan nuansa liburan yang tidak seperti kebanyakan destinasi wisata alam lainnya. Sejauh mata memandang, panorama pepohonan hijau dengan latar belakang perbukitan dan pegunungan akan memanjakan mata Anda.

Dari atas bukit ini, Anda bisa melihat pemandangan Gunung Merapi dengan jelas. Untuk tiket masuk Klangon Hill hanya perlu membayar Rp 5000, untuk parkir motor Rp 2000, mobil Rp 5000, kemudian jika ingin berkemah disini cukup membayar Rp 15.000 saja.

Ledok Sambi

Apalagi masih dalam satu kabupaten yaitu Sleman, jika ingin piknik atau berkemah di tepi sungai di lembah, salah satu tempat wisata yang bisa dikunjungi adalah Ledok Sambi. Ledok Sambi terletak di Jl. Kaliurang No.2, Kawasan Sawah, Pakembinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak 18 km dan memakan waktu 50 menit dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan yang ditawarkan di tempat ini adalah nuansa alami dengan aliran sungai yang mengalir di tengah-tengahnya, sungai di Ledok Sambi memiliki kedalaman air yang dangkal sehingga aman untuk anak-anak bermain di sungai. Target pasar tempat ini adalah keluarga yang ingin piknik di tepi sungai, karena anak-anak suka bermain di sungai.

Di tempat ini tidak ada biaya masuk, hanya saja tidak boleh membawa makanan dari luar, harus membeli makanan di warung Ledok Sambi. Namun tidak menutup kemungkinan bahwa tempat ini digunakan untuk merasakan sensasi berkemah di tepi sungai. Untuk biaya sewa tanah di Ledok Sambi, jika membawa perlengkapan camping dan tenda sendiri, cukup membayar Rp 35.000 saja per orang.

Jika tidak ingin membawa tenda, Ledok Sambi juga menyediakan tenda dengan harga mulai dari Rp 150.000, kemudian Ledok Sambi juga menyediakan fasilitas tambahan seperti alat masak, api unggun dan perlengkapan barbeque dengan harga mulai dari Rp 50.000.

Waduk Samo

Bumi perkemahan selanjutnya adalah di Kabupaten Kulon Progo yang memiliki suasana sisi waduk yaitu Waduk Sermo. Tempat ini merupakan tempat wisata yang juga merupakan bumi perkemahan. Jadi, untuk mengakses tempat ini, Anda tidak perlu kesulitan karena jalanannya bersih dan nyaman untuk dilalui berbagai kendaraan.

Disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi, karena untuk menuju langsung ke lokasi belum tersedia angkutan umum. Waduk Sermo terletak di Sremo Tengah, Hargowilis, Kecamatan Kokap, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta, 37 km atau 1 jam 10 menit berkendara dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan yang ditawarkan oleh Waduk Sermo adalah panorama alam yang indah diantara perbukitan, pepohonan dan perairan. Banyak sekali fasilitas yang ditawarkan di tempat ini, terdapat beberapa gazebo di pinggir waduk yang bisa anda gunakan untuk duduk santai menikmati alam, bahkan anda juga bisa mancing ikan di waduk ini karena tempat ini juga merupakan salah satu spot mancing di Yogyakarta.

Dulunya tempat ini hanya digunakan untuk bersantai, namun sekarang bisa juga digunakan untuk camping, karena suasana pagi, siang bahkan malam hari disini sangat indah.

Tarif retribusi tempat ini relatif murah, Rp 5.000 per orang, Rp 2.000 untuk parkir motor, kemudian Rp 5.000 untuk mobil. Namun jika ingin berkemah cukup membayar Rp 15.000 sudah termasuk tiket masuk, parkir dan toilet sepuasnya.

Untuk waktu check-in perkemahan mulai pukul 15:00 hingga 09:00, Anda harus mulai membongkar tenda, jadi ini saat yang tepat untuk menikmati matahari terbenam dan matahari terbit.

Bukit Ngisi

Tempat selanjutnya selalu di Kabupaten yang sama yaitu Kulon Progo. Untuk bumi perkemahan ini sendiri memiliki suasana yang berbeda dengan Waduk Sermo yaitu Bukit Ngisis.

Lokasi Bukit Ngisis cukup tinggi yaitu pada ketinggian 900 mdpl yang terletak di Nglinggo Barat, Pagerharjo, Kecamatan Samigaluh, Kabupaten Kulon Progo, Daerah Istimewa Yogyakarta yang memiliki jarak tempuh 38 Km atau 1 jam 15 menit perjalanan dari Tugu Yogyakarta.

Pemandangan dari bukit Ngisis sangat indah, karena letaknya di atas bukit maka anda dapat merasakan suasana yang segar dan asri, selain itu pada pagi hari anda dapat menikmati matahari terbit yang sangat indah dengan awan yang kita lihat menghiasi terbitnya matahari. matahari.

Tentunya sangat cocok bagi anda yang ingin camping dan menikmati sunrise yang sangat indah, apalagi disini dengan menawarkan paket camping yang memudahkan kita karena tidak perlu membawa banyak barang.

Ada tiga paket yang ditawarkan pengelola Ngisis Hill, yaitu:

Regular Pack pertama seharga Rp 30.000, namun kita tetap harus membawa tenda dan perlengkapan sendiri, harga tersebut sudah termasuk fasilitas di Bukit Ngisis yaitu kamar mandi, listrik, air minum, bahkan ada wifi di lokasi ini.

Dua paket medium harganya Rp 150.000 untuk tenda berkapasitas 2 orang dan Rp 250.000 untuk tenda berkapasitas 4 orang. Harga tersebut juga sudah termasuk peralatan yang disediakan.

Tiga paket Premium seharga Rp 250.000 untuk 2 orang dan Rp 400.000 untuk 4 orang. Dalam paket tersebut Anda mendapatkan fasilitas yang lengkap, baik tenda, matras bahkan sleeping bag. Jadi tidak perlu khawatir lagi kedinginan saat tidur di tenda.

Tebing Watu Mabur

Perkemahan berikutnya disebut Watu Mabur. Masih dengan pemandangan yang mirip Bukit Ngisis, Tebing Watu Mabur menyuguhkan pemandangan bukit yang tak kalah indahnya dengan Bukit Ngisis.

Lokasi Tebing Watu Mabur berada di Lembah Bang, Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 26 km dan 1 jam 5 menit dari Tugu Yogyakarta.

Para wisatawan yang berkemah di tebing ini biasanya menunggu saat pagi menjelang, karena pemandangannya memang begitu indah, matahari terbit dihiasi lautan awan di bawahnya. Karena lokasinya berada di ketinggian, udara di lokasi ini juga sejuk.

Selain orang-orang yang datang untuk berkemah, banyak juga wisatawan yang datang untuk berfoto selfie di beberapa spot foto yang telah disediakan tempat ini. Tiket masuk tebing Watu Mabur hanya Rp 10.000.

Kamp Sungai Potrobayan

Selain itu di Kabupaten Bantul terdapat tempat camping yang tidak kalah asyiknya. Apalagi bagi anda yang suka menikmati pemandangan sungai yaitu Potrobayan River Camp. Seperti namanya, Potrobayan menawarkan suasana camping di tepi sungai.

Lokasi Potrobayan ini berada di Potrobayan, Srihardono, Kecamatan Pundong, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta, 21 km dari Tugu Yogyakarta dan memakan waktu 55 menit.

Lokasi Potrobayan River Camp ini masih sangat alami, belum banyak pembangunan, sehingga keindahan alam akan anda temukan disana. Yang paling menarik adalah di lokasi Bumi Perkemahan Potrobayan ini, Anda akan mendapatkan aktivitas penggembala kambing yang beternak kambing di sekitar sungai, sehingga Anda bisa berfoto bersama kambing dan domba di sekitar sungai.

Tiket masuk ke sini sangat murah karena hanya membayar Rp2.000 untuk parkir. Namun, jika ingin berkemah di sini, ada paket yang disediakan pengelola Potrobayan.

Pantai Greeneng

Kemudian kita pindah ke Kabupaten Gunungkidul, sedikit orang yang tahu tentang pantai ini. Selain medan yang agak sulit, juga butuh stamina dan tenaga ekstra untuk mencapai pantai yang terletak di Gunungkidul ini.

Adalah pantai Greweng yang menyuguhkan perjalanan yang cukup panjang dan melelahkan namun akan terbayar dengan pemandangan pantai yang sangat indah. Untuk lokasi pantai ini kita harus parkir di dekat pantai Wediombo yang berjarak 77 km dari Tugu Yogyakarta dengan waktu tempuh 2 jam 17 menit.

Kemudian dari tempat parkir Anda harus mengikuti medan yang cukup terjal selama 30 menit. Dalam perjalanan menuju pantai, Anda akan melewati hutan dan bebatuan karst yang mengelilinginya.

Selain itu, Pantai Greweng menawarkan panorama pantai yang khas dengan pasir putih, birunya air laut, dan suara deburan ombak. Karena jarang dikunjungi orang, Pantai Greweng cenderung sepi. Sehingga suasana yang dihasilkan cukup tenang dan menenangkan. Garis pantai Pantai Greweng juga relatif kecil, hanya sekitar 150m.

Biaya masuk ke pantai ini adalah Rp 10.000, tetapi tiket termasuk tiket ke pantai Wediombo, kemudian parkir sepeda motor Rp 2.000 dan mobil Rp 5.000, tetapi jika menginap harus membayar Rp 5.000 untuk sepeda motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Puncak Kosakor

Juga di kabupaten tetangga yaitu Gunung Kidul. Tidak hanya memiliki gua dan pantai yang indah, Gunungkidul juga memiliki perbukitan yang menakjubkan. Salah satunya Puncak Kosakora yang asyik untuk berkemah.

Puncak Kosakora terletak di Kawasan Hutan, Banjarejo, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta yang jaraknya cukup jauh dari pusat kota, yaitu 63 km atau 1 jam 46 menit dengan mobil.

Puncak Kosakora memiliki pemandangan yang tidak biasa dari pantai lain meskipun lokasinya berada di pinggir, namun Puncak Kosakora berada tepat di atas Pantai Ngegrass dimana dari ketinggian anda dapat menikmati pemandangan pantai dengan bukit karangnya yang menambah keeksotisan. dari tempat ini.

Dari lokasi camping anda dapat menikmati 2 kombinasi pemandangan alam yang sangat indah, dari pagi hari anda dapat melihat matahari terbit dengan indah, kemudian pada sore hari anda dapat melihat matahari terbenam.

Untuk biaya masuk ke tempat ini hanya perlu membayar parkir, Rp 2.000 untuk sepeda motor dan Rp 5.000 untuk mobil. Namun jika ingin berkemah di sini, Anda harus membayar Rp 5.000 untuk menginap dengan sepeda motor dan Rp 10.000 untuk menginap dengan mobil.

Pengarang: Daniel Agus
Editor: Dani Agus
Sumber: visitjogja.jogjaprov.go.id

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button