Berita Wisata

Angin kencang dan ombak besar merusak puluhan warung di pinggir pantai Kota Tegal

TEGAL, KOMPAS.com – Puluhan warung dan fasilitas umum di sejumlah kawasan wisata pantai di Kota Tegal Jawa Tengah rusak akibat angin kencang dan gelombang besar saat hujan deras pada Sabtu (31/12/2022).

Meski tidak ada korban jiwa, kerusakan parah terjadi di tiga resor. Diantaranya adalah Pantai Alam Indah (PAI), Pantai Pulo Kodok dan Pantai Muarareja Indah.

Kapolres Tegal AKBP Rahmad Hidayat mengungkapkan dari hasil pendataan sementara ditemukan 10 warung milik warga pantai Muarareja yang rusak.

Baca Juga: 33 Bencana Landa Pamekasan Termasuk Banjir Bandang

Kemudian 9 berdiri di Pantai Kodok Pulo, dan tembok pembatas trek joging di OW PAI juga dipatahkan oleh gelombang besar.

“Diketahui karena dampak angin dan gelombang besar,” kata AKBP Rahmad kepada wartawan saat meninjau lokasi, Sabtu (31/12/2022).

Rahmad mengatakan, jajarannya masih melakukan pemantauan di lapangan. Warga binaan TNI dan Polri masih melakukan pendataan dan perbaikan.

Akibat kejadian tersebut, warga dan wisatawan diimbau untuk berhati-hati karena cuaca sedang tidak baik.

Rahmad menyarankan warga untuk tetap berada di rumah karena prakiraan cuaca BMKG akan terus hujan pada sore hari hingga malam pergantian tahun.

“Warga diimbau untuk berhati-hati karena cuaca tidak mendukung dan ombaknya besar. Kami patroli dan menempatkan anggota di titik-titik rawan,” pungkas Rahmad.

Sementara itu, Badan Klimatologi dan Meteorologi Gesofisika (BMKG) melalui stasiun cuaca laut Tanjung Emas Semarang mengeluarkan peringatan dini gelombang tinggi.

Panggilan ini berlaku mulai 31 Desember 2022 pukul 07:00 WIB hingga 1 Januari 2023 pukul 07:00 WIB. Ketinggian gelombang 2,5 hingga 4 meter berpeluang terjadi di Perairan Laut Jawa Tengah, Perairan Semarang Demak, Perairan Karimunjawa, Perairan Jepara, Perairan Pati-Rembang, Perairan Pekalongan-Kendal dan Perairan Brebes-Pemalang.

Dapatkan pembaruan berita terpilih dan berita terbaru setiap hari di Kompas.com. Yuk gabung di grup Telegram “Kompas.com News Update”, caranya klik link lalu gabung. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram di ponsel Anda.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button