Berita Wisata

Apakah Anda seorang pemburu Durian sekaligus penikmat alam? Bukit PERWIRA Majalengka yang wajib anda kunjungi – MITRA TNI POLRI

MAJALENGKA, mitratnipolri.com- Kabupaten Majalengka merupakan salah satu kabupaten di Jawa Barat. Namanya kini semakin harum, terutama karena sektor pariwisata yang kian mencekam.

Bak jamur yang tumbuh di musim penghujan, obyek wisata yang indah dan menarik di Kabupaten Majalengka semakin banyak bermunculan, baik wisata buatan maupun wisata alam yang belum dibuka dan dioperasikan sebelumnya.

Salah satu dari sekian banyak objek wisata kabupaten yang dikenal dengan sebutan kota angin ini adalah objek agrowisata Bukit Perwira yang menawarkan berbagai destinasi.

Objek wisata yang terletak di Blok Asem Dua, Desa Ujungberung, Kecamatan Sindangwangi, Kabupaten Majalengka ini memiliki luas sekitar 10 hektar. Lahan milik pemerintah desa Ujungberung ditanami ribuan pohon Durian Perwira yang dikelola oleh kelompok tani “Sari Tani”.

Hal yang menarik dari Durian Perwira adalah sebenarnya durian lokal asal Majalengka ini lebih dikenal dengan nama Durian Sinapeul, kenapa? Pasalnya, asal durian ini diambil dari pohon tua jenis Perwira yang tumbuh di lahan milik warga blok Sinapeul, salah satu blok di Desa Ujungberung.

Pohon tua yang konon berusia lebih dari dua abad ini merupakan induk dari pohon Durian yang ditanam di kawasan Bukit Perwira dan sekitarnya.

Berkat keseriusan dan antusias warga sekitar, kawasan Bukit Perwira berubah menjadi destinasi wisata yang indah dan menarik.

Selain bisa mencicipi Durian lokal yang manis dan legit, ada beberapa hal yang menjadi keunggulan lain dari agrowisata ini, salah satunya adalah adanya spot selfie atau selfie yang bagus dan indah dengan view perbukitan yang hijau dan bebatuan. tebing.

Tempat ini menawarkan kesegaran dan keindahan alam

Tebing berbatu yang disebut tebing Kandaga ini sangat unik dan menarik, tinggi dan tinggi, jika dijadikan latar belakang selfie, dijamin akan terlihat cantik.

Tentunya wisatawan yang menyukai suasana pemandangan perbukitan hijau yang segar harus mencoba datang ke tempat ini, pokoknya recommended.

Suasana alam yang masih terjaga keasriannya berpotensi untuk dijadikan destinasi lain seperti camping (Buper), Outbond dan lain-lain.

Selain menyuguhkan pemandangan indah perbukitan yang hijau dan sejuk, kawasan agrowisata ini memiliki dua kafe dan restoran, yakni Bukit Perwira Cafe & Resto dan Tema Cafe.

Salah satu dari dua kafe dan resto yang representatif dan direkomendasikan yaitu Bukit Perwira Cafe & Resto yang letaknya berdampingan dengan tebing Batu Kandaga yang indah namun terjal dan gagah.

Di kawasan agrowisata ini terdapat dua kafe dan resto yaitu Bukit Perwira Cafe & Resto dan Tema Cafe.

Brand yang digunakan Bukit Perwira Cafe & Resto diambil dari salah satu varietas Durian yang menjadi ciri khas desa Ujungberung, yaitu Durian Perwira.

Bukit Perwira Cafe & Resto menyajikan beberapa pilihan makanan dan minuman yang tidak hanya enak tetapi juga dengan harga yang terjangkau.

Pilihan menu makanan favorit antara lain nasi liwet, aneka hidangan seafood, sate, dan aneka olahan durian.

Café & Resto ini juga sangat cocok untuk bermain bersama keluarga, teman atau bahkan untuk acara kantor seperti rapat, rapat bulanan atau lainnya.

Sebagai pusat kuliner, Bukit Perwira Cafe & Resto sangat cocok untuk melepas penat sambil menikmati makanan dan minuman yang nikmat, penat dan penat pasti terobati.

Dengan pemandangan tebing Kandaga yang terkadang diselimuti kabut membuat suasana menjadi sangat menyenangkan, sehingga enggan betah.

Khusus di kawasan ini saja, rencananya akan dibangun wahana wisata lainnya, antara lain arena selfie atau taman bermain dan tempat berkumpul bersama keluarga tercinta.

Selain itu, ada juga penangkaran bibit Durian Perwira yang bisa dilihat, dipilih dan dibeli oleh pengunjung.

Ketua kelompok tani ‘SARI TANI’, H. Iding, merupakan salah satu pelopor dan penggagas ide awal untuk mengubah kawasan perkebunan ini menjadi kawasan agrowisata.

Berawal dari keresahan warga sekitar, bahwa penanaman di kawasan ini kurang mendapat perhatian dari pihak lain, sehingga para penanam benih menjadi kurang antusias.

H. Iding berharap dengan dibuatnya zona agrowisata ini, selain sebagai sarana hiburan yang menjadi daya tarik pengunjung untuk datang dan menikmati suasana zona agrowisata ini, warga sekitar juga dapat memanfaatkan dan menikmatinya. .

Salah satu pengunjung kawasan agrowisata ini, Sri Suryani (33), yang berasal dari Kecamatan Sukahaji, Kabupaten Majalengka mengatakan, selain bisa mengunjungi Durian Durian, dengan pemandangan yang instagrammable, udara yang segar dan santai, juga bisa berwisata kuliner. . , mencicipi berbagai makanan enak dan nikmat di Bukit Perwira Cafe & Resto.

“Traveling di kawasan Bukit Perwira merupakan paket wisata yang lengkap. Cukup ke satu tempat saja, tapi bisa menikmati wisata alam dan wisata kuliner, khususnya Durian Perwira sekaligus,” jelas Sri saat berwisata bersama keluarga ke Bukit Perwira Cafe & Resto. Minggu 8 Januari 2023.

Wartawan/Editor (herfir).

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button