Berita Wisata

Apple selenggarakan Pasukan Operasi Lilin Mansinam 2022 Polres Sorong

Polda Papua Barat – Wakapolda Kompol Sorong Emmy Fenitiruma, S.Sos mengimbau menggelar Operasi Mansinam Lilin 2022 Pasukan untuk memastikan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 Polres Sorong, Digelar di Mapolsek Lapangan Apel Sorong, Jumat (23/12/2018). 2022) pukul 08.00 Wit

Hadir dalam acara tersebut Wakapolres Sorong, KOMPOL Emmy Fenitiruma, S.Sos, Kompol Fahrial M. Ginting, S.Ik., SH, SDM Kapolres Sorong, AKP Subagiyo, S.Sos., MH, Kapolres , Polres Sorong, AKP. Zeth B. Matasik, SH, Kanit Logistik AKP Polres Sorong Muhammad Ataka, ST, Kanit Intelkam Polres AKP Sorong Abdul Azis, SH, Pasi Gakum Denpom Sorong LETDA CPM Novi Tomasoa , Assos I Kab. Sorong Ady Bramantyo, SIP, M.Sc, Kepala Satpol PP Kabupaten Sorong Otis Wanane, SE., M.Si, Kepala Bidang Sirkulasi Renhard Peletimu, SH., MH, Sekretaris Dinas Perindakop dan UKM Kabupaten Sorong Sutarjo Panguluran , S.Sos dan polisi Sorong.

Dalam sambutannya, Wakapolres Sorong, KOMPOL, Emmy Fenitiruma, S.Sos, membacakan pesan Kapolri, Jenderal Pol Drs. Listyo Sigit Prabowo, Pak Si mengatakan sebagai Kapolri menyampaikan terima kasih dan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada semua pihak yang telah berpartisipasi dalam Upacara Pasukan Operasi Lilin 2022. Diharapkan agar keamanan dan sinergi dapat terjaga. dilaksanakan secara optimal agar perayaan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 (Nataru) dapat berlangsung dengan baik.

Seperti diketahui, laju pertumbuhan Covid-19 di Indonesia terkendali, sehingga pemerintah melonggarkan berbagai aset kegiatan masyarakat, termasuk Nataru, dengan menetapkan semua wilayah di PPKM level 1.

Momentum Nataru selalu dinantikan oleh masyarakat Indonesia di setiap akhir tahun dengan melakukan berbagai kegiatan sehingga tentunya berimplikasi pada peningkatan mobilitas masyarakat, menurut investigasi Kementerian Perhubungan diperkirakan akan ada 44,17 juta orang bepergian di Nataru tahun ini.

Oleh karena itu, Polri dengan dukungan TNI KL, Pemda Mitrakamtibmas dan stakeholder terkait menyelenggarakan operasi kepolisian terpusat dengan sandi Koperasi Lilin 2022 selama 11 hari mulai tanggal 23 Desember 2022 hingga 2 Januari 2023. dan dilanjutkan Kryd mulai Januari 3 hingga 9 Januari 2023.

Operasi Lilin 2022 terdiri dari total 166.322 personel gabungan yang ditempatkan di 1.845 posko, 695 posko pelayanan dan 89 posko terpadu untuk mengamankan 52.636 objek pengamanan. sebagaimana diperintahkan Presiden Joko Widodo bahwa saya meminta kesiapsiagaan seluruh sektor dan pemangku kepentingan untuk mengantisipasi gangguan dan permasalahan pada Natal dan Tahun Baru ini benar-benar siap agar masyarakat merasa nyaman dan juga aman.

Dalam menjaga Nataru dari berbagai potensi gangguan kesehatan yang harus diwaspadai, kita harus tetap waspada terhadap kemungkinan kebangkitan kembali Covid-19, apalagi kini telah muncul varian baru homicon BN1 yang lebih menular. Melihat hal tersebut, kami perkuat prosesnya, terutama di tempat-tempat yang tingkat interaksinya tinggi menyerukan kepada masyarakat untuk melakukan vaksinasi ulang guna meningkatkan imunisasi imun dan mengoptimalkan penggunaan aplikasi pelindung diri.

Selain itu, dari sisi keamanan juga diwaspadai beberapa potensi gangguan seperti kemacetan lalu lintas dan kecelakaan lalu lintas dan penyeberangan antar pulau serta kemacetan bandara, terminal dan pelabuhan.

Menggunakan ketentuan rekayasa lalu lintas Idul Fitri 2002 sebagai acuan penerapan arus balik dan lalu lintas satu arah di jalan tol dan arteri, yang harus dilakukan secara fleksibel tergantung situasi di lapangan dan mengatur data volume kendaraan PT Jasa Penghitungan lalu lintas Marga Selain itu, melakukan sosialisasi secara masif sebelum mengatur lalu lintas agar masyarakat terinformasi dengan baik.

Selain jalur tol dan arteri, rekayasa lalu lintas juga perlu dilakukan di pelabuhan penyeberangan, memastikan tidak terjadi penumpukan kendaraan yang akan menyeberang dengan menambah jumlah kapal yang memanfaatkan pelabuhan alternatif dan menyediakan kantong berlabuh yang memadai.

Dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat yang akan menggunakan moda angkutan umum di terminal dan bandara pelabuhan, mengatur waktu keberangkatan, mendorong pembelian tiket secara online dan mengatur arus masuk dan keluar bersama stakeholder terkait untuk mengantisipasi kemacetan penumpang. untuk mengatasi sosialisasi dan mencegah kejahatan.

Sedangkan untuk kejahatan konvensional, menurut Anet pada tahun 2021 kejahatan tertinggi terjadi pada bulan Desember yang didominasi oleh jenis kejahatan konvensional. orang yang akan bepergian

Ancaman terorisme juga merupakan potensi gangguan serius. Harus saya tegaskan bahwa aksi terorisme seperti di Astana Anyar Polsek tidak boleh terjadi, jadi prioritaskan deteksi dini dan serangan pendahuluan untuk mencegah aksi terorisme dan melakukan pengawasan ketat di pusat-pusat keramaian. dan tempat ibadah yang bisa menjadi sasaran serangan teroris.

Selanjutnya terkait ancaman bencana alam, siapkan tim tanggap bencana, tim rehabilitasi dan infrastruktur pendukung serta penguatan pendidikan skala bencana kepada masyarakat agar kita mampu memimpin tanggap cepat mitigasi bencana.

Selain itu, yang tidak kalah pentingnya adalah terkait dengan pengendalian ketahanan pangan dan energi, pemantauan di lapangan bersama satgas pangan dan pemotongan terkait untuk menjamin ketersediaan pangan. dapat menyebabkan kelangkaan atau kenaikan harga jika upaya dilakukan. lakukan secara prosedural, namun tidak mengganggu distribusi dan ketersediaan pangan di lapangan. Begitu pula dengan BBM, berkoordinasi dengan Pertamina, pemerintah daerah dan pemangku kepentingan terkait untuk memastikan ketersediaan stok BBM dan memastikan berbagai layanan Pertamina yang disiapkan dapat melayani masyarakat dengan baik.

Kemudian khusus untuk pengamanan kebaktian Natal, memastikan setiap tempat ibadah disterilkan dengan melibatkan BNPT TNI dalam pengamanan bom Brimob K9 dan Densus 88. Selain itu, melibatkan unsur masyarakat, termasuk ormas keagamaan, dalam pengamanan kebaktian Natal sebagai bentuk tentang toleransi beragama.

Dalam pengamanan objek wisata, akses jalan menuju objek wisata tidak boleh menimbulkan kemacetan lalu lintas dengan menyediakan tempat parkir dan mengatur jalur keluar masuk yang baik serta mengimbau wisatawan untuk mematuhi proses ‘wisata alam untuk waspada tim skala bencana untuk mengantisipasi bencana alam.

Sementara itu, untuk mengamankan perayaan malam pergantian tahun, pengecatan izin kegiatan keramaian dilakukan dengan melakukan penjajakan bekerjasama dengan penyelenggara dan pemangku kepentingan terkait, khususnya kegiatan yang melibatkan kerumunan besar, guna mengantisipasi potensi keramaian yang dapat menimbulkan korban jiwa.

Selain upacara penganugerahan gelar prajurit dan masyarakat yang saya hormati,

Dalam rangka mendukung berbagai upaya pengamanan Operasi Lilin 2022, optimalkan peran Command Center yang dilengkapi dengan berbagai fitur dan terintegrasi dengan CCTV di lapangan agar upaya pengawasan dan pengambilan keputusan dapat dilakukan secara cepat dan tepat untuk menangani dinamika situasi di lapangan.

Selain itu, strategi komunikasi publik yang paling kuat melalui berbagai saluran komunikasi adalah memastikan bahwa setiap informasi yang diberikan tidak hanya sepeser pun tetapi juga tersampaikan sehingga masyarakat benar-benar terbantu dengan informasi yang diberikan.

Perlu saya tegaskan bahwa keberhasilan pengamanan Operation Candle 2022 merupakan tanggung jawab bersama yang harus dapat kita wujudkan. Oleh karena itu, kepada seluruh aparat keamanan agar selalu memperkuat sinergi dan soliditas dalam menjalankan tugasnya, saya yakin dengan sinergi dan soliditas yang baik, masyarakat dapat khusyuk melaksanakan ibadah natal dan merayakan tahun baru dengan penuh suka cita.

Personel pasukan pomme d’honneur dan masyarakat sangat senang,

Saya berpesan kepada seluruh aparat keamanan untuk menjadikan keamanan Nataru sebagai kebanggaan, oleh karena itu, menjalankan tugasnya dengan penuh tanggung jawab profesional manusia dan memahami tugas dan fungsinya masing-masing sesuai dengan rencana operasional dengan mengutamakan langkah-langkah prediktif dan deteksi dini.

Saya juga berpesan kepada rekan-rekan saya untuk selalu menjaga kesehatan dan terus meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dan ingin setiap tugas dikerjakan sebagai bentuk ibadah. Tanamkan dalam diri kami bahwa apa yang kami lakukan adalah bentuk pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara, dan merupakan bagian dari ibadah itu.

Akhir kata, sebelum menutup pesan saya, saya ingin mengucapkan Selamat Hari Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, semoga cahaya dan kasih Tuhan selalu memenuhi setiap sudut hati kita sehingga kita dapat membawa kebaikan dan optimisme di tahun yang baru, demikian mewujudkan Indonesia Emas 2045 yang kita ciptakan bersama.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button