Tak Berkategori

Arena Bermain Seru Kalijodo Park Jakarta Januari 2024

Taman Kalijodo

  • Biaya masuk: Bebas
  • Jam buka: 24 jam
  • Nomor telepon:
  • Alamat Lokasi: Toko Daging, Tambora, Jakarta Barat, DKI Jakarta, Indonesia, 11330

RTH Taman Kalijodo Jakarta seolah memberikan masyarakat wajah baru terhadap wisata ruang terbuka hijau. Berbeda dengan wajah Kalijodo sebelumnya yang tampak gelap. Sebab dulunya tempat ini merupakan kawasan lokalisasi dengan tingkat kriminalitas yang tinggi.

Kemudian pada tahun 2016, kawasan Kalijodo diubah menjadi taman ramah anak. Hingga kini, selain menjadi favorit warga ibu kota. Wisatawan bisa menghabiskan waktu bersama keluarga, tersedia pula area skateboard dan BMX yang memenuhi standar internasional.

Biaya masuk Taman Kalijodo

Untuk mengunjungi Taman Kalijodo, wisatawan tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun. Karena tiket masuknya gratis.

Baca: 5 Tempat Wisata TAMAN MENTENG Jakarta

Jam buka RTH Taman Kalijodo

Meski taman dibuka, namun tetap ada jam berkunjung tetap di objek wisata ini. Taman Kalijodo sendiri terbagi menjadi dua bagian yaitu RTH dan RPTRA. RTH (Ruang Terbuka Hijau) Kalijodo terletak di kawasan Penjaringan, Jakarta Utara. Sedangkan RPTRA (Ruang Publik Terpadu Ramah Anak) berlokasi di kawasan Tambora, Jakarta Barat.

Wisata murah di Taman Kalijodo

Taman Kalijodo, Jakarta BaratTaman Kalijodo, Jakarta BaratTaman Kalijodo, Jakarta Barat. Foto: Gmap/sukarti wulansari

Taman Kalijodo bisa menjadi tempat rekreasi bagi warga Jakarta maupun luar Jakarta. Lokasinya mudah dijangkau dengan kendaraan pribadi maupun umum. Bahkan, pemerintah juga menyediakan bus wisata gratis bagi wisatawan. Dengan menggunakannya Bus wisata kotabus wisata tingkat yang membawa wisatawan ke berbagai tempat wisata.

Taman Kalijodo menawarkan ruang hijau dengan rerumputan yang menutupi setiap tempatnya. Pepohonan pun tak luput dari perannya sebagai peneduh di saat cuaca panas.

Dengan berjalan kaki, Jogging, pelatihan jalanan, wisatawan bisa melakukannya sambil menikmati suasana. Selain itu, tersedia area skateboard dan inline skating berstandar internasional. Ada juga arena sepeda BMX yang juga memenuhi standar internasional. Terdapat pula ruang baca dan stand jajanan yang bisa menjadi alternatif bersantai di taman ini.

Baca: TAMAN SUROPATI 5 hal ini bakal bikin betah

Bermain di arena skateboard dan BMX

Area taman skateArea taman skateArea taman skate. Foto: Gmap/hendri kristiyanto

Hal yang menarik dari Taman Kalijodo adalah terdapat arena khusus untuk skateboard dan sepeda BMX. Lebih spesifiknya, terdapat skate park dan area BMX di sisi utara tembok pembatas setinggi 24 meter. Cobalah jalurnya mulai dari anak-anak, remaja, hingga orang dewasa yang ahli di bidangnya. Bersaing dalam ketangkasan dengan meluncur di trek dengan gaya Anda sendiri.

Arena skateboard di Taman Kalijodo berukuran dua kali lipat dari skate park Cikokol. Di sini fasilitas arena skate park berupa kotak atau track berupa bangku. Dilengkapi juga dengan tangga, pipa besi panjang dan jalan menurun yang cekung. Ada juga lebih banyak jenis rute menurun lurus.

Untuk jalur sepeda BMX, objek wisata ini memiliki tipe lahan datar. Ada juga bagian jalur yang naik turun seperti bukit-bukit kecil. Para pemain digiring ke atas dan ke bawah dan sesekali melompati tanjakan. Pemain juga bisa melompat ke trek cekung sambil mengendarai sepeda.

Baca: 5 Hal Seru yang Bisa Dilakukan di TAMAN SITU LEMBANG

Perluas pengetahuan Anda saat bermain di perpustakaan

Wisatawan bisa menemukan perpustakaan di kawasan RPTRA Kalijodo. Tak jauh dari lapangan futsal, bersebelahan dengan ruang laktasi. Perpustakaan ini tidak terlalu besar dan tidak menyerupai perpustakaan kota dengan suasana yang tenang. Suasana di sini sebenarnya cukup meriah karena khusus melayani anak-anak.

Meski ditujukan untuk anak-anak, pengunjung dewasa juga bisa masuk ke perpustakaan ini. Apalagi jika membawa anak atau keponakan, tempat ini sangat cocok. Berbagai buku bacaan anak yang sangat menarik tersedia di sini. Lengkap dengan permainan balok untuk membantu anak bermain lebih kreatif.

Untuk masuk ke perpustakaan, pengunjung harus mengisi buku tamu terlebih dahulu. Di depan perpustakaan terdapat taman bermain anak yang menonjol dengan warna-warna cerahnya. Anak-anak dapat bermain jungkat-jungkit dan perosotan terowongan. Agar anak-anak lebih aman bermain, maka dibangunlah pagar di sekeliling area bermain.

Baca: Tiket Masuk dan Atraksi JAKARTA AQUARIUM Neo Soho

Berbagai olah raga yang bisa dilakukan di Taman Kalijodo

Taman Kalijodo bukan sekadar tempat bersantai. Namun fasilitas olahraga dengan berbagai arena olahraga juga tersedia. ada disini Jalur joging dengan lebar 1,5 meter dan panjang ratusan meter. Oleh karena itu, tentunya tidak menutup kemungkinan bagi pengunjung yang ingin berjalan kaki dengan lebih nyaman.

Terdapat juga jeruji besi di setiap titik yang bisa digunakan kereta. Wisatawan bisa melakukannya Pull-up pada pilar tersebut karena besinya cukup stabil. Bagi wisatawan yang ingin bermain futsal, tersedia lapangan tersendiri untuk bermain futsal. Meskipun di luarnamun keseruan bermain futsal disini akan tetap terasa.

Baca: Tiket Masuk dan Aktivitas PIK WHITE SAND BEACH 2

Ambil foto di dinding yang dipenuhi mural

Mural di dinding pemisah RTH dan RPTRAMural di dinding pemisah RTH dan RPTRAMural di dinding pemisah RTH dan RPTRA. Foto: Gmap/sukarti wulansari

Yang membuat kawasan ini terasa hidup adalah mural di dindingnya. Yang terpenting adalah tembok setinggi 24 meter yang memisahkan kawasan RPTRA dengan RTH. Pada dinding ini terdapat sebuah dinding yang biasa dijadikan backdrop untuk foto-foto wisata.

Sajian kuliner seru di Taman Kalijodo

Toko kuliner di Taman KalijodoToko kuliner di Taman KalijodoToko kuliner di Taman Kalijodo. Foto: Gmap/hendri kristiyanto

Berwisata rasanya kurang memuaskan jika tidak mencoba kuliner yang ada di kawasan wisata. Di Taman Kalijodo, wisatawan bisa mencicipi berbagai kuliner yang tersedia di toko-toko sekitar. PKL juga berkontribusi dalam revitalisasi kawasan wisata. Biasanya penjual makanan ini ramai mulai sore hingga seterusnya.

Aneka kuliner mulai dari bakso, ketoprak, mie ayam, gorengan, tekwan, tahu bulat, pempek, batagor, semua tersedia. Bazar makanan sering diadakan pada akhir pekan dan ramai dikunjungi wisatawan.

Lokasi Taman Kalijodo

Ruang Terbuka Hijau (RTH) ini berlokasi di Jalan Pangeran Tubagus Angke Blok Siaga No.4, RT.4/RW.5, Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat.

Source: travelspromo.com

Related Articles

Back to top button