Berita Wisata

Arinal Djunaidi siap mengembangkan potensi wisata alam Lampung

Pemerintah Provinsi Lampung (Pemprov) siap mengembangkan potensi wisata alam berupa air terjun guna memaksimalkan sektor pariwisata di daerahnya.

“Di Kabupaten Way Kanan memang banyak potensi wisata alam, termasuk air terjun, karena potensi ini perlu dikembangkan lebih baik lagi,” kata Gubernur Lampung Arinal Djunaidi di Bandar Lampung, Selasa (25/10).

Gubernur Arinal juga mengatakan dengan mengembangkan berbagai potensi wisata di kabupaten tersebut, diharapkan juga perekonomian masyarakat di desa-desa sekitar dapat berkembang.

“Akhir tahun akan dibangun salah satu potensi wisata kita di Way Kanan, yaitu berupa air terjun, yang nantinya pengelolaannya akan dilakukan oleh kabupaten,” ujarnya tepat.

Baca juga:

Ajak relawan sosial untuk bersatu padu memastikan program sosial tepat sasaran

Gubernur Lampung menjelaskan dengan membekali potensi daerah, juga akan dilakukan pembangunan infrastruktur secara berkala di sekitar destinasi wisata alam tersebut.

“Air terjun ini memiliki ketinggian lebih dari 50 meter dan tidak semuanya seperti itu. Kemudian hutannya selalu dijaga agar bisa dimanfaatkan untuk pengembangan wisata alam, namun dengan catatan hutan harus lestari, itu tidak boleh rusak,” katanya.

Gubernur Arinal menjelaskan, pengembangan potensi wisata alam harus meningkatkan pendapatan asli daerah di kabupaten tersebut.

“Ini bisa menjadi sumber pendapatan asli daerah jika dikelola dengan baik. Sehingga dengan ketidakpastian perekonomian global dapat diatasi dengan memanfaatkan berbagai potensi wisata yang ada di daerah tersebut,” ujarnya.

Bupati Waykanan Raden Adipati Surya memberikan jawaban serupa. “Pengembangan air terjun Putri Malu tidak bisa dilakukan sepenuhnya karena ada kawasan hutan lindung yang tidak bisa dijamah. Jadi pembangunannya akan dilakukan bertahap, pertama dari akses pertama,” kata Bupati Waykanan, Raden Adipati Surya.

Dia mengatakan pemanfaatan potensi wisata alam juga harus memiliki efek ganda dimana UMKM, IKM dan masyarakat dari desa-desa terdekat dapat tumbuh.

Baca juga:

Raih penghargaan sebagai wanita inspiratif di bidang sosial

“Pengunjung di sana banyak, aksesnya lumayan. Nantinya, kerajinan, seni kuliner akan dikembangkan sehingga pariwisata bukan hanya tempat tapi bisa berdampak banyak bagi UMKM dan masyarakat,” pungkasnya. Hai/Semut/I-1


Editor : Ilham Sudrajat

Penulis : Ilham Sudrajat

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button