Berita Wisata

Asal usul pantai Jerman yang mengejutkan Kanselir Olaf Scholz

Badung

Pantai Jerman merupakan salah satu tujuan wisata yang paling populer di Kabupaten Badung. Pantai ini terletak di Jalan Wana Segara, desa adat di Tuban, Kecamatan Kuta, Badung, Bali.

Nama Jerman terdengar unik. Kanselir Jerman Olaf Scholz juga terkejut ketika mengetahui ada pantai Jerman di Bali. Kanselir Scholz pertama kali mengetahui tentang pantai Jerman saat menghadiri KTT G20 beberapa waktu lalu.

Hanya sedikit orang yang mengetahui asal usul nama German Beach. Menurut penelusuran detikBali, asal muasal pantai ini terkait erat dengan pembangunan bandara I Gusti Ngurah Rai.

Bandara I Gusti Ngurah Rai saat itu dibangun pada tahun 1930 oleh Departemen Voor Verkeer en Waterstaats, semacam Departemen Pekerjaan Umum. Ni Luh Gede Sri Mediastuti SE selaku perwakilan DPRD Badung Dapil Kuta mengatakan awal mula nama German Beach. Saat itu banyak orang Jerman sebagai kontraktor yang bekerja di Bandara I Gusti Ngurah Rai.

“Sejarah pantai Jerman bisa dibilang pantai Jerman karena julukan bandara yang diberikan oleh orang Jerman pada tahun 60-an mereka datang, artinya pengusaha Jerman juga orang Belanda dan ada orang Indonesia tetapi lebih banyak orang Jerman karena mereka membuat bandara ini,” ujar Luhde kepada detikBali, Rabu (30/11/2022).

Dijelaskannya, banyak orang Jerman yang membangun rumah/pos sejak lama.

“Karena dia sudah lama di sini, ada 5 rumah. 5 rumah itu ditempati Jerman, jadi kami jadi petugas kebersihannya,” ujarnya.

Hingga rumahnya ditelantarkan oleh orang Jerman dan tergerus air, demikian katanya lama kelamaan orang pantai menyebutnya pantai Jerman.

“Kalau tahun berapa orang Jerman keluar dari pantai ini kita tidak tahu persis, tapi sekarang mes itu sudah hilang dan sekarang sudah jadi gedung panggung dan berdiri,” jelasnya. .

Pelajari lebih lanjut di halaman berikutnya

Tonton video “Temukan keindahan Pantai Pemuteran di Bali”
[Gambas:Video 20detik]

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button