Berita Wisata

Atraksi dan aktivitas seru untuk dilakukan

Jakarta

Berwisata ke Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), tidak lengkap jika belum melewati Gili Air. Setelah menempuh perjalanan dengan speedboat selama kurang lebih 30 menit, Anda akan melihat keindahan pantai pasir putih dengan pemandangan laut dan langit biru.

Sebelum menjelajah Gili Air, simak dulu ulasan di bawah ini. Detikers pasti tahu bagaimana sejarah terbentuknya Pulau Gili Air dan apa saja yang ada disini. Detiker juga harus tahu kegiatan apa saja yang bisa dilakukan di sini, sehingga bisa merencanakan perjalanan di Gili Air.

Sejarah Kepulauan Gili Air

Gili Air adalah sebuah pulau kecil di barat laut Pulau Lombok. Ada dua pulau kecil lainnya di sebelah barat Gili Air, yaitu Gili Meno dan Gili Trawangan. Ketiganya merupakan pulau yang memiliki pantai pasir putih yang eksotis. Tahukah Anda bagaimana ketiga pulau ini terbentuk?

Dikutip oleh Jurnal Geologi dan Kelautan Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, Gili Air, Gili Meno dan Gili Trawangan, merupakan pantai pasir putih yang tersusun dari akumulasi puing-puing sedimen dari terumbu karang dan cangkang hewan biota laut, mineral dan batuan . fragmen hitam ke abu-abu-abu-abu tua.

Dari pengamatan dangkal, ketiga pulau tersebut terdiri dari serpihan terumbu karang dan cangkang hewan laut. Namun setelah dilakukan penelitian, terdapat endapan piroklastik di beberapa tempat yang menunjukkan bahwa ketiga pulau kecil tersebut terbentuk dari endapan vulkanik hasil letusan Gunung Rinjani.

Berdasarkan interpretasi seismik dangkal yang dipelajari oleh Pusat Penelitian dan Pengembangan Geologi Kelautan, di sekitar perairan ketiga pulau ini terlihat formasi batuan beku yang diduga merupakan batuan lava vulkanik.

Kemudian menurut tatanan geologi, perairan ketiga pulau ini memiliki terumbu karang hidup yang masih tumbuh di sekitar tubuh batuan lava vulkanik bawah laut dan membentuk atol, kemudian muncul di permukaan laut dan membentuk ketiga pulau tersebut. Terumbu karang yang tumbuh dipermukaan dan mengalami distribusi aktivitas gelombang dan perubahan muka air laut kemudian menumpuk di puncak ketiga pulau tersebut.

Aktivitas di Gili Air

Sesampainya di Gili Air, Anda bisa mengunjungi tempat-tempat menarik. Dirangkum dari situs agen pariwisata online dan situs Pesona Indonesia, berikut beberapa tempat yang bisa Anda kunjungi.

1. Dinding air

Air Wall adalah sekelompok terumbu karang yang membentang membentuk dinding. Lokasinya berada di sisi barat laut Gili Air. Tentu saja, untuk melihat Wall of Air ini, Anda harus menyelam ke dalam laut dengan cara snorkeling atau diving.

Selain tembok udara, ada beberapa spot bawah laut yang juga menawarkan pemandangan terumbu karang dan hewan laut seperti kuda laut, ubur-ubur dan ikan-ikan cantik. Beberapa spot lainnya, seperti Flogfish Point, Malang Reef, dan lain-lain.

2. Desa Bugis dan Sasak

Gili Air bukanlah pulau kosong. Di dalamnya terdapat perkampungan penduduk suku Bugis dan Sasak. Berjalan atau bersepeda di sekitar Gili Air untuk melihat aktivitas masyarakat di sini.

Warga Gili Air akan menyambut Anda dengan ramah. Mereka sebagian besar berprofesi sebagai pedagang, nelayan, pemandu wisata, persewaan akomodasi dan persewaan berbagai peralatan.

pantai sepanjang 3,5 km

Gili Air adalah sebuah pulau kecil yang dikelilingi oleh lautan. Berjalan-jalan di sepanjang tepi pulau dengan sepeda sambil menikmati pantai pasir putih sepanjang kurang lebih 5 kilometer.

Suasana di Gili Air selalu tenang, sehingga sangat cocok bagi para detiker yang ingin mencari ketenangan. Di sepanjang pantai Anda juga akan menemukan tempat-tempat menarik untuk berfoto.

4.Stasiun

Tidak cukup waktu dalam sehari untuk menikmati Gili Air. Banyak resort, hotel atau hostel kecil yang bisa Anda pilih untuk menginap sementara. Dengan harga mulai dari Rp 200.000 hingga Rp 3 juta, Anda bisa menginap dengan fasilitas melihat pemandangan laut dari kamar.

5. Restoran, kafe, toko suvenir

Selain menyuguhkan pemandangan, ada banyak restoran dan kafe di Gili Air yang menyajikan menu lokal, Indonesia, Eropa, dan Asia. Sebelum pulang, jangan lupa untuk membeli oleh-oleh di berbagai toko di Gili Air.

Aktivitas seru di Gili Air

Jangan hanya duduk-duduk santai saja saat tiba di Gili Air. Detikers bisa melakukan aktivitas seru di Gili Air. Dilansir dari detikTravel, ada lima aktivitas seru yang bisa kamu coba. Jangan lupa untuk membawa ponsel Anda untuk mengambil gambar di perjalanan.

1. Bersepeda

Bersepeda adalah kegiatan yang menyenangkan di Gili Air. Detikers bisa mengelilingi pulau kecil ini dengan bersepeda dengan jarak sekitar 5 kilometer. Atau Anda juga bisa bersepeda keliling desa dan melihat pemukiman penduduk setempat.

2. Naik Cidomo

Cidomo adalah gerobak yang akan mengantar Anda setibanya di dermaga menuju hostel. Tidak ada kendaraan bermotor di sini karena tampaknya mengganggu ketenangan penduduk setempat. Gili Air terkenal dengan suasananya yang tenang.

3. Snorkeling dan Menyelam

Tidak hanya pemandangan pantainya saja yang menarik, menyaksikan isi di bawah laut Gili Air, Anda akan menemukan keindahan terumbu karang dan hewan laut yang indah. Ada beberapa tempat wisata bawah laut yang menarik, seperti Air Wall, Malang Reef dan Flogfish Point.

4. Ayunan

Gili Air juga menyediakan spot-spot yang bikin foto kamu jadi menarik. Salah satunya adalah wahana ayunan di pantai. Selain ayunan, masih banyak spot foto yang tak kalah menarik.

5. Berjemur

Berjemur adalah kegiatan favorit di pantai, terutama bagi wisatawan asing. Jangan lupa untuk menggunakan tabir surya jika Anda juga ingin berjemur.

Nah, sekarang sudah tahu kan seluk beluk Gili Air? Rencanakan piknik Anda untuk menikmati Gili Air sepenuhnya.

Tonton video “Sensasi Makan Raos Pisaan Euy, Dapur Istana Cimahi”
[Gambas:Video 20detik]
(teluk/baris)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button