Berita Wisata

Atraksi wisata kandang komunal Agroeduwisata sekaligus peternakan

Atraksi wisata kandang komunal Agroeduwisata sekaligus peternakan
Agrowisata keramba komunal di Desa Braja Yekti Kecamatan Braja Selebah telah dibuka tempat wisata serta edukasi terkait peternakan dan pertanian. (Foto: Dok. Agroeduwisata)

Sukadana (Lampost.co) – Agroeduwisata keramba komunal di Desa Braja Yekti, Kecamatan Braja Selebah, Kabupaten Lampung Timur telah dibuka yang merupakan perpaduan wisata dan pendidikan ternak.

Tempat wisata dan edukasi ini merupakan program kerjasama antara Yayasan Peternakan Indonesia, Balai Taman Nasional Way Kambas dan BUMDes Desa Braja Yekti.

Pengelola program agrowisata keramba komunal Teki Sinatria mengatakan, tujuan program ini adalah untuk mengembangkan mata pencaharian masyarakat melalui peternakan domba berkelanjutan dengan konsep agrowisata yang memadukan pembibitan, pakan ternak dan eduwisata.

Program ini didanai oleh Pusat Keanekaragaman Hayati ASEAN di bawah Putaran 4 Program Hibah Kecil. Kandang Komunal Braja Yekti diharapkan menjadi titik fokus pengembangan ekonomi masyarakat untuk jual beli domba kurban atau aqiqah serta menjadi titik tujuan wisata baru dengan konsep agrowisata di Lampung Timur, ujarnya. , Kamis, 22 Desember 2022.

“Selain itu, sebagai bagian dari upaya perlindungan keanekaragaman hayati di Taman Nasional Way Kambas. Beberapa fasilitas yang dimiliki paddock komunal antara lain paddock koloni berkapasitas 100 ekor domba, area pakan ternak dan pabrik pengolahan limbah untuk bahan organik. pupuk, tempat penangkaran domba, pusat pembelajaran, bank pakan ternak dan snack bar,” kata Teki.

Selain itu, kandang komunal Braja Yekti menyediakan berbagai layanan antara lain jual beli domba kurban dan akikah, agrowisata untuk anak sekolah, penjualan pupuk organik, dan penyediaan tempat kegiatan masyarakat di lahan seluas 1 hektar. .

EDITOR

Sri Agustinus

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button