Berita Wisata

Ayo dukung Desa Belitar Seberang selama event ADWI 2022, caranya mudah!

Sandiaga Uno, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia, dan Gubernur Rohidin di Desa Belitar Seberang, Foto: Dok

Berita Interaktif – Desa Belitar Seberang yang terletak di Kecamatan Sindang Kelingi, Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu merupakan salah satu desa yang dapat diakses melalui Jalan Lintas Curup-Lubuk Linggau. Jarak antara bandara Fatmawati Soekarno Bengkulu dengan desa ini adalah ± 2 jam 30 menit.

Desa yang terdiri dari 3 (tiga) dusun ini memiliki kepadatan penduduk ± 1010 jiwa (± 297 kepala keluarga) yang terdiri dari Lembak dan Jawa.

Luas wilayah ± 625 ha, topografi wilayah 400-600 meter di atas permukaan laut, berupa perbukitan dan lembah, yang menjadikan desa Belitar Seberang memiliki iklim yang sejuk.

Berbagai hasil pertanian dan perkebunan dapat ditemukan di desa Belitar Seberang. Didominasi oleh pohon aren yang terdapat di hampir setiap sudut wilayah desa, perkebunan kopi jenis robusta yang populer juga terdapat di perbukitan desa Belitar Seberang.

Sejarah Desa Belitar Seberang dimulai pada tahun 1930 ketika terjadi perpindahan penduduk/transmigrasi dari Kabupaten Blitar, Jawa Timur ke Pulau Sumatera, tepatnya di Provinsi Bengkulu dan perkebunan Desa Belitar Seberang berarti wilayah Blitar yang melintasi pulau Jawa.

Dalam sejarah desa disebutkan bahwa Proklamator Ir. Soekarno yang merupakan presiden pertama Indonesia mengunjungi desa Belitar Seberang pada masa pengasingannya di provinsi Bengkulu pada tahun 1938.

Mata pencaharian sebagian besar masyarakat bergantung pada hasil pertanian dan perkebunan dengan memanfaatkan lahan garapan mereka sendiri. Desa Belitar Seberang kaya akan wisata alam, budaya dan tradisional,

Ayo dukung Desa Wisata Belitar Sebrang menjadi desa wisata favorit ajang Indonesian Tourism Village Award (ADWI) 2022. Voting masih dibuka hingga 28 Oktober 2022.

Mari bantu Desa Belitar Seberang menjadi desa wisata kelas dunia untuk Bengkulu Raya, Indonesia Bangkit. Mudah!

  • Tonton video dibawah ini sampai habis
  • Like (like) videonya dan tinggalkan komentar sebanyak-banyaknya
  • Bagikan video dengan keluarga, orang terkasih, teman, dan undang mereka untuk memilih
  • Semakin banyak video yang disukai, semakin besar peluang untuk difavoritkan
  • Langganan terbaru Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button