Berita Wisata

Bak sarang ular, tempat wisata legendaris Suarabaya akan dibuka kembali

Surabaya

Tempat wisata legendaris di Surabaya ini akan dibuka kembali. Namun, situasi saat ini masih sangat memprihatinkan.

Sepi, kosong, rerumputan tinggi, menjadi rawa-rawa, bangunan tanpa tanah manusia, dan terhenti. Kesan inilah yang muncul saat ini dari kesenian Taman Remaja Surabaya (TRS) dan Taman Hiburan Rakyat (THR). Setelah ditutup sejak 2018, kedua situs tersebut akan dibuka kembali tahun ini.

Tempat wisata legendaris Surabaya ini dulunya terlihat dari Jalan Kusuma Bangsa. Namun, kini yang terlihat hanyalah pepohonan dan semak belukar yang berantakan.

IKLAN

Gulir untuk melanjutkan konten

detikJatim menyambangi kedua lokasi tersebut pada Rabu (25/1/2023). Sisa-sisa bangunan sudah tidak terlihat lagi. Baik dari depan maupun dilihat dari atap gedung Hi Tech Mall. TRS seluas kurang lebih 16.901 m² dibangun pada tahun 1971.

Ada juga sisa-sisa pintu akses penghubung ke TRS, ada pintu besi berwarna biru dan banyak yang rusak. Jika keluar pintu, TRS yang dulunya ramai pengunjung, kini menjadi rawa dan banyak tumbuhan liar.

Taman Remaja Surabaya dan THRTaman Remaja Surabaya dan THR (Foto: Esti Widiyana/detikcom)

Sedangkan THR sendiri memiliki luas kurang lebih 35.703,69 m², namun masih terdapat bangunan yang terlihat jelas. Yakni kantor UPTD di taman hiburan populer Surabaya dan kolam renang THR yang berada di belakang TRS.

Kantor UPTD THR sudah mulai usang, namun bangunannya masih lebih terawat daripada TRS. Kursi depan masih terlihat bersih, meski banyak tanaman liar di sekitarnya.

Saat memasuki gedung menuju kolam renang, terdapat kursi bambu di tengah lobi. Jika lurus Anda akan menemukan kolam anak-anak dan di sisi kiri kolam dewasa.

Kolam renang masih terlihat. Hanya saja penuh dengan genangan air hujan, ilalang dan pepohonan yang menghalangi jalan masuk.

Berjalan masuk dan mengelilingi gedung kolam THR juga bikin bulu kuduk berdiri. Kondisi jorok meninggalkan kesan horor.

Sebelumnya, Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi memastikan kesenian TRS dan THR akan dibuka kembali tahun ini. TRS sendiri sudah tidak berfungsi sejak September 2018 hingga sekarang.

Baca artikel selengkapnya di detikJatim

Simak Video “Rujak Uleg, Makanan Segar di Segala Suasana Surabaya”
[Gambas:Video 20detik]
(misalnya/misalnya)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button