Berita Wisata

Bali Utara tidak kalah indah dengan Bali Selatan, terdapat danau dan pantai yang indah

TEMPO.CO, Jakarta – Saat berlibur ke Bali, kebanyakan wisatawan mungkin hanya akan mengunjungi kawasan selatan Bali, seperti Nusa Dua, Sanur, dan Bali. Kawasan ini cenderung lebih dekat dengan Bandara I Gusti Ngurah Rai. Memang Bali Utara juga memiliki banyak destinasi wisata yang tak kalah mempesona.

Wilayah Bali Utara meliputi sebagian besar Kabupaten Buleleng dengan ibu kota Singaraja. Untuk sampai ke sana, rata-rata membutuhkan waktu sekitar 2 jam 50 menit dengan jarak tempuh 94 kilometer. Waktunya cukup lama, namun akan sebanding dengan pesona kunjungan yang diajukan.

Kabupaten Buleleng memiliki wilayah yang dekat dengan pantai dan memiliki kawasan pegunungan yang masih asri dan alami. Berikut beberapa destinasi wisata yang mempesona di Bali Utara:

1. Pantai Lovina

Ini adalah salah satu tujuan wisata di Bali Utara yang cocok untuk pecinta lumba-lumba. Di sana, wisatawan dapat memiliki kesempatan untuk mengamati lumba-lumba di laut lepas.

Lumba-lumba yang hidup di perairan pantai Lovina dilindungi oleh peraturan pemerintah setempat. Dengan demikian, tidak ada yang boleh menangkap dan memperdagangkan hewan ini.

Untuk bisa mengamati lumba-lumba di tengah laut, wisatawan bisa menyewa perahu khusus yang disediakan pengelola. Nantinya, perahu akan berlayar ke laut di mana lumba-lumba biasanya muncul.

Biasanya lumba-lumba di wisata Pantai Lovina muncul mulai pukul 06:00 hingga 09:00 WITA. Sedangkan waktu terbaik untuk melihat lumba-lumba adalah pada bulan April hingga Oktober.

Sebuah perahu biasanya dapat menampung hingga 4-5 orang. Biaya yang harus disiapkan untuk sewa perahu adalah Rp 100.000 per orang.

2. Air Terjun Buleleng Sekumpul

Air terjun ini memiliki air terjun kembar yang letaknya saling berdekatan. Dengan ketinggian air terjun mencapai 80 meter, wisatawan akan mendengar gemuruh air terjun yang riuh.

Lokasi Air Terjun Sekumpul berada di kawasan Sekumpul. Untuk bisa melihat keindahannya, pengunjung harus membeli tiket masuk seharga Rp 20 ribu.

3. Danau Tamblingan

Danau Tamblingan merupakan danau yang sangat indah dengan perpaduan warna spiritual dan alam. Di sana, wisatawan akan menemukan suasana yang tenang dan sejuk jauh dari pepohonan dan jauh dari kebisingan kota.

Sejumlah kapal nelayan berlabuh di tepi Danau Tamblingan, Desa Munduk, Buleleng Bali, 14 Oktober 2016. Diapit hutan sekitar dan karena letaknya di dataran tinggi membuat lingkungan danau menjadi mahal. TEMPO/Ijar Karim

Ada juga pura dengan motif Bali di sekitar danau. Candi ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Selain itu, pemandangan danau dan pegunungan yang indah akan menjadi suguhan utama di sana. Tiket masuk Danau Tamblingan seharga Rp 10.000.

4. Kebun Raya Bedugul

Kebun Raya Bedugul atau biasa dikenal dengan Kebun Raya Eka Karya Tabanan merupakan tempat wisata yang terletak di dalam hutan lindung di Bali yang memiliki fungsi sebagai paru-paru dunia. Kebun ini memiliki luas sekitar 157,5 hektar dan merupakan kebun raya terbesar di Indonesia.

Tak hanya itu, Kebun Raya Bedugul ini memiliki ketinggian 1.240 meter di atas permukaan laut. Karena terletak di dataran tinggi membuat destinasi wisata Kebun Raya Bedugul selalu dingin dan berkabut.

Sebagai salah satu rekomendasi tempat wisata di Bali Utara dengan pemandangan yang indah, Kebun Raya Bedugul memiliki beberapa tempat menarik, seperti Candi Bentar, Patung Kumbakarna Laga, Ramayana Boulevard, taman mawar dan pemandangan Danau Beratan. Tiket masuk dikenai biaya Rp 9.000 per orang.

5. Puncak Alam Wanagiri

Puncak Alam Wanagiri bisa menjadi pilihan wisata di Bali Utara yang cocok bagi wisatawan yang mencari tempat terbaik untuk berfoto. Pengelola tempat ini menawarkan berbagai spot foto yang unik.

Puncak Wanagiri yang terletak tepat di depan dua danau memberikan suasana yang indah, sejuk dan romantis. Tiket masuknya Rp 30.000 untuk dewasa, Rp 2.000 untuk anak-anak dan Rp 50.000 untuk wisatawan mancanegara.

Jika ingin mengunjungi destinasi berbeda di pulau dewata, wisatawan bisa mencoba berkunjung ke kawasan utara Bali. Tentu pengalaman yang ditawarkan tak kalah menyenangkan.

GOR JENIATI ARTAULI

Baca juga: Liburan ke Bali, Jangan Lupa Bawa Oleh-oleh Itu

Selalu update informasi terbaru. Saksikan berita terbaru dan berita pilihan dari Tempo.co di channel Telegram “Tempo.co Update”. Klik Update Tempo.co untuk mendaftar. Pertama, Anda perlu menginstal aplikasi Telegram.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button