Tempat Wisata

Balong Dalem: harga tiket, foto, lokasi, fasilitas dan spot

Tempatnya indah. Suasana hutan belantara sangat terasa. Akses ke situs juga mudah. Dan terkait erat dengan Kesultanan Cirebon. Beberapa poin tersebut bisa Anda dapatkan dengan mengunjungi Balong Dalem.

Ini bukan waktunya mengandalkan tempat wisata ini – itu saja. Banyak tempat memiliki keindahan dan sejarahnya masing-masing. Sekarang saatnya mengunjungi hutan lindung ini. Balong Dalem, wisata yang menawarkan suasana alam yang mempesona di lahan seluas 6,5 hektar.

Daerah sekitarnya didominasi oleh pepohonan berumur ratusan tahun dan berbagai macam tanaman, hampir 3.000 spesies. Jika digali lebih dalam, terdapat sekitar 400 primata monyet yang tersebar di seluruh kawasan ini.

Fasilitas di Balong Dalem

Anda tidak perlu ragu untuk datang ke Balong Dalem karena di sini Anda akan menemukan fasilitas yang lengkap seperti wahana wisata air (kolam renang anak dan dewasa), petualangan ekskursi, jalur jalan kaki dan pendakian, pusat terapi rematik, tempat berkemah dan kursus pelatihan konservasi.

Selain itu ada juga wisata sejarah, karena tempat ini menyimpan banyak cerita sejarah yang patut diketahui terutama sebagai study tour bagi para pelajar. Ada juga restoran yang bisa Anda kunjungi. Fasilitasnya cukup lengkap untuk memenuhi keinginan berwisata Anda.

Sejarah Balong Dalem

Situs Balong Dalem sebenarnya berasal dari bahasa sunda balong yang artinya kolam. Sedangkan Dalem mengacu pada status sosial seseorang. Banyak yang mengatakan bahwa situs ini terkait atau berkaitan erat dengan keberadaan Sultan Matangaji atau Buyut Bayu. Ia berasal dari Kesultanan Cirebon di tempat ini. Dia menetap dan menyebarkan Islam di desa Babakan Mulya, dimana dia meninggal.

Balong Dalem merupakan daerah yang memiliki mata air. Ada dua monolit yang bersebelahan dan orang mengenalnya sebagai batu pernikahan. Lahan kosong tersebut bernama Karangmangu, kolamnya cukup besar dan terdapat makam Buyut Bayu.

Lingkungan di sini terkenal dengan keindahan dan keasliannya. Pohon berumur satu tahun masih lebat di sini. Orang menggunakan tempat ini untuk mencuci dan memancing di kolam.

Upacara adat seperti upacara pernikahan Cai rutin diadakan di lokasi ini. Ini adalah upacara di mana air dari mata air di daerah tersebut bergabung atau digabungkan dengan air dari mata air Cibulan, Desa Manis Kidul. Tujuannya, agar kedua sumber tidak mengering. Dalam upacara tersebut, kedua air tersebut diletakkan di atas batu kawin dan dipusatkan di karangmangu. Ini adalah titik temu para ulama atau penyebar agama dari berbagai tempat.

Berburu foto di Balong Dalem

Menemukan kawasan cantik di Balong Dalem ini tidak akan menghentikan Anda untuk melakukan aktivitas foto seperti selfie. Anda dapat mengambil foto dengan banyak pohon dan latar belakang yang teduh. Namun bisa juga di area camping, maupun di kolam ikan yang ada. Karena Balong Dalem memiliki banyak spot foto yang menarik.

Jika Anda juga ingin mengabadikan momen akad nikah Cai, pastikan Anda sudah meminta izin kepada petugas untuk merekamnya terlebih dahulu. Tentunya jika melihat objek wisata yang ada, tempat ini cocok untuk wisata alam, edukasi dan sejarah.

Biaya masuk ke Balong Dalem

  • Biaya masuk: Rp 10.000/orang
  • Biaya berkemah: Rp 20.000/malam

(Diperbarui Juni 2023)

Jam buka Balong Dalem

Akses lokasi ke Balong Dalem

Bagi Anda yang bepergian dari Jakarta dan sekitarnya bisa naik kereta api ke Kejaksaan Negeri Cirebon kemudian menggunakan jasa travel lokal untuk mendapatkan pengantaran langsung ke tempat tujuan. Harganya relatif murah yaitu Rp 30.000/orang. Tempat ini terletak 30 menit dan 20 km selatan dari pusat kota Kuningan dari kota Udan Cirebon di Jawa Barat.

Namun jika ingin naik bus bisa menuju Kabupaten Kuningan dari Jakarta dengan harga murah sekitar 100 rupiah. 40.000 menjadi Rp 55.000. Anda bisa turun tepat di depan alun-alun kecamatan Jalaksana. Anda bisa menggunakan jasa ojek langsung menuju objek wisata. Naik taxi sekitar Rp 5000 dengan jarak tempuh 5 sampai 10 menit menuju lokasi.

Tips berkunjung ke Balong Dalem

Sebelum berkunjung, kamu bisa menyimak dulu tips berikut ini, misalnya. B. Karena wisata ini sangat bagus untuk belajar sejarah dan pendidikan, Anda bisa mengajak anak atau keluarga Anda untuk berkunjung. Anda bisa menginap atau berkemah di Balong Dalem. Jika Anda ingin menginap, tanyakan ketersediaan kamar dan harga/tarif karena harga dapat berubah.

Lakukan reservasi kamar terlebih dahulu. Jika Anda berencana dan ingin berkemah, siapkan perlengkapan lainnya. Tak perlu khawatir, fasilitas lengkap seperti kamar mandi, gazebo dan lainnya.

Jika Anda seorang Bolgger atau semacamnya, bawalah notepad untuk mencatat hal-hal menarik dan penting tentang sejarah di balik Balong Dalem. Tentu saja, jika Anda hanya ingin mengetahuinya, Anda dapat merekamnya dengan izin resmi. Kumpulkan informasi untuk menambah wawasan dan pengetahuan Anda. Jangan lupa untuk selalu memastikan kebersihan di lokasi.

Saatnya bepergian dan mendapatkan wawasan. Balong Dalem menawarkan wisata yang berbeda dan memiliki keunikan tersendiri. Ada catatan sejarah dan kita sebagai penduduk lokal dan warga negara Indonesia harus mengetahuinya. Bagikan informasi dan pengalaman Anda selama perjalanan. Semoga ulasan ini menjadi referensi Anda untuk tempat wisata di sekitar Kuningan Jawa Barat.

Galeri Foto Baleng Dalem

Balong Dalem di Kuningan
Kolam Balong Dalem
Potret kolam ikan mas
Spot foto di pinggir kolam
berburu foto
Potret udara Balong Dalem

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button