Tempat Wisata

Bandung Film Park: Lokasi, Daya Tarik dan Fasilitas

Kota Bandung kini identik dengan banyak taman kota, sehingga bisa menjadi taman hiburan bagi masyarakat dan pendatang baru di Bandung. Salah satunya adalah Movie Park yang digemari banyak orang karena berbagai film di sana bisa Anda nikmati secara gratis. Taman ini terbuka untuk umum dan berada di lokasi strategis yang mudah dijangkau oleh masyarakat.

Taman hiburan ini dibangun pada tahun 2014 sebagai bagian dari program kerja Pemerintah Kota Bandung yang saat itu dipimpin oleh Ridwan Kamil sebagai Wali Kota. Program ini memang merevitalisasi dan merenovasi berbagai lokasi di Kota Bandung agar bisa menjadi ruang terbuka hijau bagi masyarakat luas.

Sejarah taman film

Awalnya tempat ini dianggap cukup angker dan tidak terawat sehingga membuat masyarakat tidak nyaman. Namun kemudian program pemerintah kota bandung mengubahnya menjadi sebuah taman hiburan yang digemari masyarakat saat ini. Bahkan menjadi titik temu banyak orang, terutama saat musim pertandingan sepak bola. Karena Anda bisa “menonton bersama” di sana.

Uniknya, taman hiburan ini tidak dibangun dengan dana APBD Kota Bandung. Namun dari pihak swasta yakni dari sponsor Klub Sepakbola Persib Bandung (PT. Multistrada Arah Sarana) dan Perusahaan CSR Ban dengan merk Corsa dan Achilles. Jumlah yang dikeluarkan pun sebenarnya tidak sampai setengahnya, yakni mencapai sekitar Rp1.000.000.000 (satu miliar rupiah). Taman ini kemudian diberi nama Bandung Film Park (TFB).

lokasi dan rute

Alamat tepatnya TFB adalah Jalan Layang Pasupati, Bandung Wetan, Kota Bandung, Jawa Barat. Mudah diakses dari Alun-Alun Bandung dan selanjutnya ke Jalan Layang Pasupati. Taman hiburan ini terletak di bawah jembatan layang. Hanya sekitar 15 menit dari Alun-Alun Bandung.

Angkutan umum yang tersedia terdiri dari menggunakan bus Trans Bandung dengan alternatif arah sebagai berikut:

  • Abdul Muis-Ledeng.
  • Cisitu-Tegalega.
  • Leuwipanjang – Dipatiukur.

Atraksi di Bandung Film Park

Seperti namanya, daya tarik utama dari taman hiburan ini adalah pengaturannya sebagai tempat bersosialisasi. Terutama saat musim pertandingan sepak bola. Masyarakat dipersilakan menonton bersama di sini tanpa harus membayar sepeser pun.

Taman yang indah

Tidak ada lagi tempat wisata kotor dan angker di tempat ini. Taman hiburan seluas 1.300 meter persegi ini dirancang dengan indah oleh arsitek SHAU yang berbasis di Jakarta. Menggunakan rumput sintetis dengan corak dan motif yang unik, tempat ini nyaman untuk beraktivitas seperti bermain anak, duduk santai bahkan berkumpul bersama teman.

Desain seperti bioskop

Ibarat bioskop, Taman Film Bandung didesain dengan berbagai grandstand yang bertingkat. Dengan luas 1.300 m², taman hiburan ini mampu menampung lebih dari 500 orang. Saat jadwal pemutaran film, tempat ini biasanya dipenuhi oleh penduduk lokal dan terkadang pengunjung dari luar Bandung.

Sebuah videotron besar berukuran 4 x 8 meter tersedia sebagai layar. Tentu saja, dilengkapi dengan sistem suara yang sangat canggih, setara dengan 33.000 watt. Tentu sangat menyenangkan menikmati berbagai film yang dihadirkan di sana.

Jadwal Pemutaran

Taman hiburan ini sebenarnya buka selama 24 jam dan masyarakat bisa menggunakan area taman ini kapan saja. Selama Anda mematuhi aturan, dilarang merokok dan Anda harus memastikan kebersihan di seluruh area. Namun ada jadwal khusus penayangan film, yaitu:

  • Senin sampai Jumat 18.30 – 21.00.
  • Sabtu hingga Minggu pukul 17.00 – 22.00.

Film-film yang diputar di taman hiburan ini memiliki genre yang berbeda-beda. Mulai dari film Indonesia, India (Bollywood), Indie bahkan Korea. Namun semuanya ramah anak-anak, karena banyak pengunjungnya yang belum dewasa. Apalagi jika ada pertandingan sepak bola klub Persib Bandung tentunya juga akan dihadirkan di sini agar bisa diikuti bersama oleh masyarakat.

Informasi peristiwa terkini atau berbagai informasi lainnya dapat diperoleh masyarakat melalui akun resmi media sosial Twitter di @BDG_TamanFilm. Anda tidak perlu membayar untuk berpartisipasi dalam siaran bersama. Namun, Anda akan dikenakan biaya sebesar Rp1.500 untuk sepeda motor dan Rp3.000 untuk mobil untuk parkir. Sesuai Keputusan Walikota Nomor 1005 Tahun 2014.

Kegiatan yang menarik

Meskipun ini adalah taman hiburan terbuka yang berada di bawah jembatan layang, jangan salah. Bandung Film Park menawarkan banyak ruang bagi masyarakat untuk beraktivitas. Seperti disebutkan di bawah ini:

Nonton bareng

Inilah aktivitas utama di taman hiburan ini. Secara umum, setiap kali ada jadwal menonton film atau sesuatu, taman ini dipenuhi pengunjung dari segala usia. Karena itulah keberagaman film yang disajikan dirancang ramah anak, namun tidak mengurangi keseruannya. Menonton acara bersama memberikan kesan berbeda dan lebih menyenangkan.

Baca buku gratis

Ternyata tidak hanya sekedar tontonan umum, masyarakat juga bisa mengakses banyak buku gratis di perpustakaan yang disediakan. Meski tidak besar, namun cukup untuk membuat anak-anak bersenang-senang. Buku-buku yang disediakan ditujukan untuk anak-anak segala usia, bahkan ada acara di mana Anda bisa mendengarkan cerita sambil belajar bersama.

Bersantailah sambil makan

Banyak anak muda atau pelajar dan mahasiswa yang suka datang kesini untuk bersantai sambil membaca buku. Kadang-kadang Anda bahkan melihat mereka belajar bersama. Berbagai makanan yang dijual di daerah tersebut juga disantap di sela-selanya. Harga terjangkau dan menu beragam. Sangat cocok untuk menunjang aktivitas pengunjung.

tempat bermain

Karena taman hiburan ini ditata dengan indah dan dinamis serta memiliki rumput buatan yang nyaman, tak heran jika banyak anak yang senang bermain di sini. Selama tidak memakai sepatu, anak-anak bisa bermain bebas di sini. Mereka membawa mainannya sendiri untuk dimainkan di sana.

Fasilitas tersedia

Namanya juga fasilitas umum, tentunya pengelola memikirkan fasilitas yang layak agar semua pengunjung merasa nyaman berada di Bandung Film Park. Berikut penjelasannya:

Taman yang indah

Untuk memastikan seluruh pengunjung merasa nyaman, taman hiburan seluas 1.300 m² ini selalu dijaga kebersihannya. Terbantu dengan kesadaran pengunjung untuk tidak membuang sampah di area taman, tidak merokok dan melepas sepatu agar rumput sintetis tetap terlihat bagus. Desainnya yang berundak membuat pengunjung merasa nyaman berada di sana.

Wifi gratis

Dengan adanya fasilitas ini, banyak pelajar dan mahasiswa yang datang ke tempat ini untuk menggunakan layanan ini untuk belajar dan mengerjakan pekerjaan rumah. Selain itu, desain taman bertingkat memungkinkan kenyamanan duduk atau bersandar saat belajar.

Perpustakaan khusus untuk anak-anak

Meski tidak besar, namun sepertinya sudah banyak anak-anak yang datang ke taman hiburan ini. Terkadang ada relawan yang membacakan cerita untuk mereka. Tapi Anda juga bisa membaca sendirian di taman. Asalkan jangan lupa untuk mengembalikannya lagi.

tempat makan

Masih terdapat food court di kawasan Bandung Film Park yang menyajikan beragam makanan dan minuman dengan harga terjangkau. Fasilitas ini memang menjadi penunjang yang membuat masyarakat nyaman untuk bersantai di taman hiburan ini. Selama Anda menjaga kebersihan taman, makanan di area ini baik-baik saja.

Menutup

Bandung Film Park memang merupakan sebuah taman hiburan yang bertujuan untuk menyediakan taman terbuka hijau untuk dinikmati masyarakat umum. Meski gratis, namun menawarkan layanan berbeda yaitu menonton film bersama membuat taman ini menjadi favorit warga. Desainnya yang rapi dan indah juga menjadikan taman ini sebagai tempat yang nyaman untuk beraktivitas.

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button