Berita Wisata

Bangkep dan LKBN ANTARA Sulteng gandeng promosikan potensi SDA – ANTARA News Palu Sulteng – ANTARA News Palu Sulteng

Palu (ANTARA) – Pemerintah Kabupaten Kepulauan Banggai (Bangkep), Sulawesi Tengah, dan Biro ANTARA Lembaga Kantor Berita Nasional (LKBN), Sulawesi Tengah, bersinergi untuk mempromosikan potensi sumber daya alam di bidang pariwisata dan pariwisata. sektor kelautan/perikanan Bangkep.

Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir di Palu, Minggu mengatakan, Pemkab Banggai saat ini fokus pada pengembangan sektor pariwisata serta kelautan dan perikanan, yang diharapkan berdampak langsung pada peningkatan dan pertumbuhan ekonomi masyarakat. dan perpajakan. .

“Ya, Banggai Kepulauan memiliki keunggulan di sektor pariwisata, juga di sektor kelautan dan perikanan yang menjadi program prioritas pemerintah untuk menggenjot pembangunan daerah,” kata Ihsan Basir dalam pertemuan ramah tamah pengelola Perum LKBN dan pegawai antara Dinas Sulteng dengan Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir.

Dalam mengembangkan kedua sektor tersebut, kata Ihsan, Pemkab Bangkep menerapkan konsep pentahelix. Dimana, seluruh elemen dan komponen pelaku dan pemangku kepentingan dilibatkan untuk mempercepat percepatan upaya menjadikan Bangkep sebagai daerah tujuan wisata nasional dan internasional, sekaligus sebagai penyedia logistik, termasuk perikanan dan kelautan.

Oleh karena itu, kata dia, keterlibatan LKBN ANTARA untuk membantu mempromosikan potensi wisata alam, wisata bahari dan taman bawah laut, serta potensi perikanan tangkap menjadi sangat penting.

Keterlibatan ANTARA antara lain memperkuat citra destinasi, termasuk membandingkan potensi wisata. Kemudian, penyediaan informasi dan promosi wisata, serta identifikasi sumber wisata potensial yang diikuti dengan penguatan materi promosi yang inovatif, efektif dan efisien.

Kepulauan Banggai memiliki 112 potensi objek wisata alam, buatan, dan budaya yang tersebar di 12 kabupaten. Bangkep juga memiliki 229 pulau yang memiliki pesona tersendiri.

Bangkep memiliki garis pantai sepanjang 805,77 kilometer dan 97% lanskap karst bumi.

Harapannya, kata dia, pengembangan sektor pariwisata, kelautan, dan perikanan dapat mendongkrak target pencapaian Pendapatan Asli Daerah (PAD) di atas Rp 35 miliar, sehingga ke depan total PAD Bangkep mencapai Rp 70 miliar.

“Saat ini PAD Bangkep Rp 34 miliar, yang akan kita tingkatkan dari sektor pariwisata dan kelautan/perikanan menjadi Rp 70 miliar,” katanya.

Sementara itu, Kepala Biro Perum LKBN ANTARA Sulteng Andilala mengatakan, ANTARA sebagai kantor berita milik negara Indonesia memiliki tugas dan kewajiban untuk mempromosikan potensi daerah.

“ANTARA juga berperan dalam mendorong kegiatan pembangunan daerah,” ujarnya.

Hal ini, lanjutnya, bertujuan untuk mendorong percepatan pembangunan daerah yang berdampak pada percepatan pembangunan kesejahteraan.
Kepala LKBN ANTARA Biro Sulteng Andilala (kanan) dan Bupati Banggai Kepulauan Ihsan Basir (kiri) berfoto bersama di kediaman Bupati Bangkep Ihsan Basir, Palu pada Minggu (22/1/2023). (ANTARA/Muhammad Hajiji)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button