Berita Wisata

Banjir Rob menimpa Panti Asuhan An-Nur di Pulau Galang, warga terpaksa mengungsi

Liputan6.com, Batam – Air pasang merusak bangunan Panti Asuhan An-Nur Pantai Melur di Pulau Galang, Kota Batam pada Rabu (25/1/2023). Banjir yang terjadi beberapa hari lalu tidak hanya merusak bangunan pondok, tapi juga musholla dan jalan aspal menuju mushola. Mushola yang berada di atas laut ini tampak hampir roboh diterjang ombak.

“Kerusakannya parah, semua bangunan rusak, air masuk ke musala,” kata Ujang, Ketua Yayasan Panti Asuhan Pantai Melur An-Nur.

Sejumlah penghuni dan pengasuh panti bahkan terpaksa tidur di teras rumah pemilik Yayasan An-Nur itu. Ujang juga mengatakan, banjir rob ini menjadi yang terparah dalam 17 tahun berdirinya panti asuhan tersebut.

“Belum pernah sebelumnya,” katanya.

Ujang mengaku belum menghitung kerugian akibat rusaknya musholla dan asrama panti asuhan karena masih fokus mengamankan stok bantuan dan barang berharga. Sedangkan anak-anak panti asuhan dievakuasi ke tempat yang lebih aman.

“Anak-anak sudah dievakuasi ke rumah bumi, tapi masih tidur di teras. Saya tidak tahu korbannya banyak,” kata Ujang.

Ujang berharap kondisi ini segera berlalu dan bisa mendapatkan bantuan dari seorang dermawan untuk membangun kembali panti asuhan khusus untuk anak-anak pulau tersebut.

“Tentunya saya berharap banyak bantuan untuk bisa membangun kembali. Kasihan anak-anak untuk sementara tidak bisa tidur nyenyak,” harap Ujang.

Tanggul Pelabuhan Semarang Tanjung Emas jebol pada Senin (23/5/2022) siang. Tanggul tidak bisa menahan deburan ombak yang naik. Akibatnya, air laut masuk ke daratan dan menyebabkan banjir rob.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button