Berita Wisata

Banyaknya permintaan wisatawan, pengelola pantai Lon Malang Sampang akan membangun homestay

Banyaknya permintaan wisatawan, pengelola pantai Lon Malang Sampang akan membangun homestay

SURYA.CO.ID, SAMPANG – Pengembangan destinasi wisata tepi laut Lon Malang di Desa Bira Tengah, Kecamatan Sokobanah, Kabupaten Sampang terus berlanjut. Obyek wisata penyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Sampang dari sektor pariwisata kali ini akan dilengkapi wisma untuk wisatawan.

Inisiatif tersebut muncul setelah pengelola wisata pantai di Lon Malang kerap menerima permintaan dari wisatawan luar kota hingga mancanegara.

“Pengembangan homestay memang melenceng dari permintaan pengunjung atau wisatawan. Mereka pasti membutuhkan fasilitas bermalam untuk beristirahat,” kata Direktur Pariwisata Pantai Lon Malang, Mastuki, Senin (23/1/2023).

Menurut Mastuki, pembangunan host family sudah masuk dalam rencana kerja 5 tahun ke depan, meski lokasi host family sudah ditentukan. Jarak homestay ke pantai Lon Malang tidak akan jauh, masih dalam wilayah desa Bira Tengah. “Untuk pengembangan awal akan ada lima host family,” ujarnya.

Meski alasan membangun homestay bermula dari permintaan wisatawan, Mastuki ingin masyarakat sekitar tetap bisa mandiri dalam hal pendapatan. Karena selama penelitian dilakukan, masyarakat membutuhkan inisiatif untuk memulai usaha.

“Sebagai hiburan persewaan kendaraan APV di kawasan pantai, saya kelola dulu. Lama kelamaan banyak juga warga sekitar yang ingin membuka persewaan APV. Jadi saya memilih berhenti dan akhirnya dijalankan oleh warga sekitar,” ujarnya. . dikatakan.

Dengan begitu, jika dibangun homestay dan kawasan wisata ramai pengunjung, warga yang memiliki lahan berpotensi membangun penginapan wisata. “Untuk homestay yang akan kita bangun nanti, kita tetap akan mengambil tenaga kerja dari warga setempat,” pungkasnya. HANGARA-PRATAMA

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button