Tempat Wisata

Batu Tumpang, keindahan alam tebing batu besar dan perkebunan teh di Garut

Rasakan keajaiban alam Batu Tumpang, Garut yang terkesan dengan tebing batu besar dan perkebunan teh, sambil menikmati suasana menyenangkan dan asri yang menyejukkan hati.

Harga tiket: Rp5.000, Jam beroperasi: 24 jam, Alamat: J L. Cikajang, Kecamatan Tanjungjaya. Banjarwangi, Kab.Garut, Jawa Barat; Map: Periksa lokasinya

Batu Tumpang merupakan salah satu tempat wisata di Garut yang selalu ramai pengunjung di awal hari raya. Objek wisata ini menawarkan pesona alam yang indah dengan pemandangan perkebunan yang ada disekitarnya.

Tak hanya itu yang penting, keunikan bebatuan yang tersusun tidak beraturan dan cukup besar juga menjadi keunikannya.

Tempat wisata indah ini terletak di ketinggian sekitar 100 meter di atas permukaan laut. Memang tidak terlalu tinggi dibandingkan daerah perbukitan lainnya, namun cuacanya sejuk dan menyenangkan karena dipenuhi pepohonan liar. Tidak sulit menemukannya karena letaknya tepat di seberang jalan.

Hingga saat ini salah satu tempat wisata terindah di Garut ini belum dikelola secara resmi oleh pemerintah. Hanya sedikit warga dan generasi muda yang berhasil menyediakan berbagai fasilitas.

Namun, selalu banyak pengunjung yang memanfaatkan berbagai aktivitas dan atraksi seru.

Periklanan. Gulir untuk melanjutkan membaca.

Daya Tarik Batu Tumpang

Daya Tarik Batu Tumpangfoto dari Vaisyalexis.N di Twitter

Berbicara mengenai atraksi, setiap objek wisata tentunya mempunyai keistimewaan tersendiri. Dalam hal ini Batu Tumpang, banyak hal menarik yang bisa Anda jadikan alasan untuk segera berkunjung. Dari sekian banyak tempat wisata yang diulas, berikut beberapa ulasannya yang wajib kamu ketahui!

Keunikan Batu Tumpang

Kekuatan tari yang pertama terletak pada keunikan dan ciri khasnya. Hampir tidak mungkin menemukan sesuatu yang begitu unik, yakni susunan batu-batu besar yang berjajar berdekatan dan dengan warna batu yang khas hitam. Menariknya, ujung batu tersebut menempel di tanah dan masih seimbang sehingga memberikan tampilan agak miring.

Oleh karena itu, penduduk setempat memberinya nama Batu Tumpang yang artinya “batu lengket”. Dari kejauhan batu tersebut tampak seperti bukit kecil berwarna hitam namun tanpa pepohonan hijau.

Warna hijaunya hanyalah sehelai rumput kecil yang menempel di beberapa tempat di batu. Pohon yang hanya tumbuh di sekitar batu, bukan di atas batu.

Keindahan di sekitar tempat wisata

Tentunya ketika anda berkunjung ke suatu destinasi wisata alam juga terdapat daya tarik dari segi keindahannya. Saat Anda berkunjung ke Garut, Anda bisa menikmati banyak pemandangan di sekitar tempat wisata ini.

Kebun teh luas milik warga memang sangat asri dan sayang untuk dilewatkan. Pepohonan dengan berbagai ukuran pun turut menghiasi tempat wisata cantik ini.

Dari puncak Batu Tumpang terlihat lereng yang cukup landai dengan pemukiman penduduk di bawahnya. Keindahan tempat wisata ini semakin terlihat ketika kabut tipis menyelimutinya.

Biasanya pemandangan yang dimaksud bisa dilihat pada pagi hari saat matahari sudah sedikit terbit. Pada waktu-waktu tertentu, sore hari juga terdapat pemandangan yang sama, namun tidak terlalu sering.

Suasana nyaman dan menyenangkan

Karena lokasinya masih di perbukitan, suasananya enak dan nyaman banget. Hampir setiap lokasi dipenuhi pepohonan rindang dengan warna hijau alami.

Meski banyak kendaraan lalu lalang di sekitar tempat wisata, namun udaranya tetap terasa segar, seolah tidak ada polusi.

Apalagi jika tanaman dan perkebunan bukan menjadi faktor utama. Polusi asap kendaraan sepertinya tidak ada apa-apanya dibandingkan dengan banyaknya tanaman yang ada. Apalagi di Batu Tumpang belum ada pabrik yang menjadi faktor utama pencemaran udara.

Alamat dan rute menuju lokasi

Alamat Batu Tumpangfoto dari Pariwisata penuh warna di Twitter

Bagi anda yang tertarik mengunjungi objek wisata mempesona ini, silahkan datang ke Jl. Cikajang, Tanjungjaya, Kecamatan Banjarwangi, Kabupaten Garut, Jawa Barat.

Jarak dari pusat kota Garut sekitar 35 kilometer dan dapat ditempuh dalam waktu 1 jam. Namun jika datang dari arah kecamatan Cikajang, jarak yang dibutuhkan hanya 6 kilometer.

Ada banyak jalur yang bisa ditempuh, namun jalur lewat Cikajang lebih direkomendasikan karena lebih dekat. Akses jalan relatif baik dengan kondisi jalan beraspal penuh.

Namun di beberapa tempat terdapat sedikit tanjakan yang merupakan ciri khas jalan saat melewati jalur perbukitan. Jika anda masih belum mengetahui dimana letak Batu Tumpang, silahkan gunakan Google Maps.

Biaya masuk dan jam buka

Harga tiket masuknya saat ini tidak terlalu mahal, hanya 5.000 rupiah untuk satu pengunjung. Dengan biaya di atas, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seru di lokasi. Dibandingkan dengan pengalaman yang didapat, harganya tentu sangat terjangkau dan bernilai investasi.

Tergantung kendaraan yang Anda bawa, biaya parkir juga berlaku. Misalnya untuk sebuah sepeda motor perlu menyiapkan uang sebesar 2.000 rupiah.

Bagi yang datang dengan mobil harus membayar biaya parkir sebesar 5.000 rupiah. Jam operasional Batu Tumpang Garut ini buka mulai pukul 07.00 WIB dan tutup pada sore hingga sore hari, lebih tepatnya pada pukul 17.00 WIB.

Kegiatan yang menarik

Hal yang dapat dilakukan di Batu TumpangFoto oleh Nur Diana di Google Maps

Banyak hal yang bisa Anda lakukan di tempat wisata indah di Garut ini. Inilah salah satu alasan mengapa selalu ada banyak hal yang terjadi di sini, terutama pada hari libur. Tak perlu penasaran apa saja aktivitas menarik yang bisa kamu lakukan, simak ulasan lengkapnya di sini!

1. Pelacakan lokasi

Meski tidak terlalu tinggi, jalur menuju Batu Tumpang cukup menantang. Ada banyak tanjakan yang menjadi kendala utama sekaligus membuat perjalanan semakin seru.

Bagi pecinta alam atau pencari petualangan, aktivitas ini bukanlah sebuah kendala.

Apalagi jika Anda akan menikmati banyak pemandangan indah selama perjalanan. Disarankan agar Anda memakai sepatu atau alas kaki khusus agar tidak mudah terpeleset. Jalan berbatu yang dilintasi terkadang licin akibat hujan atau embun pagi. Jika Anda datang pada sore hari, hal ini seharusnya tidak terlalu menjadi masalah.

2. Pendakian di Batu Tumpang

Aktivitas menarik berikutnya di Batu Tumpang adalah panjat tebing. Objek wisata ini merupakan sebuah tebing yang menjulang tinggi sehingga tak heran jika aktivitas ini sangat seru. Kecuraman bebatuan menjadi penyebab sulitnya mencapai puncak. Namun, bagi orang yang sudah berpengalaman hal ini bukanlah masalah besar.

Tidak ada langkah khusus saat mendaki tebing ini. Kontur batunya halus sehingga diperlukan bantuan saat mendaki.

Umumnya yang melakukan aktivitas ini menggunakan tali yang mempunyai tempat khusus untuk mengait. Meski cukup seru, namun tidak disarankan bagi Anda yang belum pernah melakukannya.

3. Bersepeda keliling lokasi

Aktivitas pagi yang menarik adalah olahraga. Ada banyak pilihan olahraga di Batu Tumpang, termasuk bersepeda santai.

Karena beberapa jalan raya memiliki tanjakan, diperlukan tenaga tambahan untuk mengayuh sepeda. Namun udara segar di sekitar lokasi selalu membuat kegiatan ini menyenangkan.

Apalagi pemandangannya cukup indah dan mempesona. Anda bisa mengajak keluarga atau rombongan lain untuk bersepeda, namun disarankan untuk membawa sepeda sendiri karena tidak ada titik persewaan di area tersebut. Jika bersepeda tidak memungkinkan, silakan jogging dan menikmati alam.

4. Piknik santai

Berwisata bersama keluarga merupakan pilihan yang tepat untuk menghabiskan liburan. Di Batu Tumpang Garut, Anda bisa piknik santai sambil menghirup udara segar dan menikmati luasnya kebun teh warga. Cukup sediakan tikar untuk dibentangkan di tanah dan rumput untuk melakukan aktivitas ini.

5. Wisata kuliner

Ada banyak warung yang berjejer di sekitar resor wisata. Tidak hanya bagi mereka yang meluangkan waktu sejenak untuk berhenti sejenak saat berwisata, namun juga bagi wisatawan yang berkunjung ke objek wisata alam indah ini. Beragam menu ditawarkan terutama masakan khas Garut. Harganya tidak terlalu mahal untuk sebuah objek wisata alam.

6. Kunjungi kebun teh

Jika Anda merasa aktivitas di atas kurang seru, silakan berjalan-jalan menyusuri kebun teh yang ada di sekitar lokasi. Jarak menuju lokasi utama tidaklah jauh, Anda hanya perlu menuruni tanjakan yang cukup terjal.

Namun akses jalan sudah bagus karena merupakan jalan utama yang biasa digunakan warga untuk berkeliling.

7. Berburu Foto

Tak lengkap rasanya jika berlibur ke Batu Tumpang Garut tidak mengabadikan momen tersebut. Anda tidak memerlukan kamera khusus untuk aktivitas ini. Gunakan saja kamera ponsel yang kini didukung teknologi mutakhir. Kegiatan ini wajib dilakukan saat berwisata untuk mengisi liburan.

Beberapa tempat yang menarik untuk diabadikan adalah tebing-tebing bebatuan yang berjajar gagah. Tak lupa indahnya pemandangan dari perkebunan warga.

Area taman yang hijau tentu akan membuat latar belakang foto semakin indah. Poin lainnya adalah pemandangan alam secara keseluruhan yang bisa dinikmati dari atas tempat ini.

Fasilitas yang tersedia di kawasan wisata

Kompleks Batu TumpangFoto oleh Varna Warni Wisata di Facebook

Terdapat beberapa fasilitas utama yang dapat digunakan untuk menunjang aktivitas liburan Anda. Terdapat toilet untuk buang air kecil di sekitar lokasi. Terdapat pula mushola berukuran cukup besar yang dibuka setiap saat bagi wisatawan yang ingin menghadiri kebaktian wajib gereja.

Fasilitas lainnya termasuk banyak warung makan. Anda bisa memilih salah satunya sesuai menu yang Anda inginkan.

Jika Anda masih ragu dengan harganya, silakan bertanya sebelum memesan. Selain fasilitas yang disebutkan di Batu Tumpang Garut, tempat parkir yang luas dan aman juga dapat dimanfaatkan.

Source: www.itrip.id

Related Articles

Back to top button