Berita Wisata

Bekas bangunan pabrik gula lebih dari 100 tahun, kini menjadi wisata heritage di rest area 260 B Banjaratma

KANTORJABAR – Bagi pengendara yang melintasi jalan tol Pemalang – Pejagan arah barat dapat beristirahat di rest area 260B Banjaratma, Jawa Tengah. Tempat istirahat atau rest area yang populer bagi pengemudi bus, truk atau kendaraan pribadi.

Rest Area 260B Banjaratma merupakan salah satu rest area yang instagrammable karena puluhan spot foto post-worthy bisa kamu temukan di media sosial.

Konsep high heritage rest area 260 B ini dimungkinkan karena rest area ini merupakan pabrik gula tua ratusan tahun yang lalu yang kemudian disulap menjadi rest area, area wisata, area komersial, area selfie.

Baca Juga: Pencabutan Label Bantuan CIANJUR oleh Ormas Bikin Geram Ridwan Kamil, Ini Penjelasan Kang Emil

Singkat kata, di rest area 260 B Banjaratma ini pengunjung bisa beristirahat lebih lama selain memberi kesempatan bagi pengendara untuk beristirahat tentunya.

Pabrik gula yang dibangun kemudian dengan arsitektur yang mendekati bangunan aslinya ini memiliki sejarah yang sangat panjang.

Papan literasi tentang sejarah pendirian dan perkembangan pabrik gula ini terpampang setelah pintu masuk di sebelah kiri. Isinya kurang lebih seperti itu.

Pabrik Gula Banjaratma merupakan perusahaan gula Belanda yang pernah berkembang pesat di Kabupaten Brebes.

Baca Juga: Hasil Lengkap Piala Dunia 2022 27-28 Nov Laga Qatar, Jepang & Belgia Kalah, Spanyol vs Jerman Imbang

Pabrik Gula Banjaratma didirikan oleh NV Cultuur Maatschappij, sebuah perusahaan perkebunan yang berbasis di Amsterdam, pada tahun 1908.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button