Berita Wisata

Bekas cagar alam budaya, Pulau Pombo diturunkan menjadi taman wisata alam

Laporan kontributor Tribun Ambon.com, Lukman Mukaddar

MASOHI, TRUBUNAMBON.COM – Pulau Pombo, salah satu pulau kecil di Kabupaten Maluku Tengah. Pulau ini terletak di antara Pulau Seram, Pulau Haruku dan Pulau Ambon.

Pulau ini memiliki luas kurang lebih 6,9 hektar yang didominasi oleh hutan sekunder seluas 3,71 hektar dan semak belukar seluas 0,41 hektar.

Sebelumnya, Pulau Pombo merupakan salah satu cagar budaya provinsi Maluku, tepatnya di Kabupaten Maluku Tengah.

Namun pada tahun 2022, pemerintah melalui Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia menurunkan status Pulau Pombo menjadi taman wisata alam.

Hal ini berdasarkan Surat Keputusan (SK) Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia nomor SK.998/MENLHK/SETJEN/PLA.2/9/2022 tentang perubahan fungsi kawasan hutan induk Pombo . Cagar Alam Pulau di Taman Wisata Alam Pulau Pombo.

Peluang ini langsung dimanfaatkan oleh pemerintah Maluku tengah untuk dijadikan sebagai tujuan wisata.

Pulau Pombo, salah satu pulau kecil di Kabupaten Maluku Tengah.  55Pulau Pombo, salah satu pulau kecil di Kabupaten Maluku Tengah.

Pulau Pombo memiliki pemandangan yang cukup memanjakan mata, seperti pasir putih yang terhampar luas di sekitar pulau.

Keindahan lainnya adalah di pulau ini terdapat beberapa jenis hewan seperti burung pombo, burung mata merah, burung bangau, burung raja udang, burung berling dan burung maleo.

Ada juga pelikan yang merupakan burung migran yang bermigrasi ke pulau ini.

Tak hanya itu, panorama alam bawah laut berupa karang-karang yang sangat indah tertata rapi dan alami berpadu dengan berbagai jenis ikan hias, zoplankton, penyu dan krustasea yang bisa dinikmati dengan snorkeling dan scuba diving.

Keindahan panorama ini menjadikan pulau Pombo sebagai potensi wisata yang bagus untuk investasi.

Namun, perlu ada pengembangan berkelanjutan untuk menjadikan pulau ini destinasi yang wajib dikunjungi.

Pulau ini perlu dilengkapi dengan fasilitas seperti sarana wisata berupa snorkeling, scuba diving, resort, jetpack, sarana dan prasarana penunjang lainnya.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button