Berita Wisata

Bekas pabrik gula Belanda yang “angker”, disulap jadi rest area Instagramable di Brebes

INDOZONE.ID – Bagi sebagian orang wisatawan sudah tidak asing lagi dengan Heritage Rest Area KM 260 Banjaratma, Brebes, Jawa Tengah. Uniknya, rest area ini dulunya digunakan sebagai pabrik gula di bawah pemerintahan Belanda.

Pabrik gula tua ini telah bertransformasi lebih dari 100 tahun tempat peristirahatan itu keren. Bangunan yang juga ditetapkan sebagai cagar budaya ini terakhir beroperasi sebagai pabrik gula pada tahun 1997. Setelah puluhan tahun tidak beroperasi, bekas pabrik ini digunakan sebagai pabrik gula. tempat peristirahatan.

tempat peristirahatan cagar budayaBanyak pedagang di rest area heritage KM 260 Banjaratma, Brebes. (Kreator Z/Eko Haryanto)

Dengan nama baru Rest Area Heritage KM 260 B-Banjaratma kini menjadi salah satunya tempat peristirahatan paling sering dilalui pengendara. secara unik, tempat peristirahatan masih mempertahankan tampilan bangunan lama yang kental dengan arsitektur Belanda.

Di dalam gedung masih terdapat sisa-sisa konstruksi bangunan dan juga peralatan mesin sebagai hiasan yang unik. Di beberapa sisi gedung ini, grafik komputer dan foto menceritakan kisah pabrik gula.

tempat peristirahatanSuasana di Rest Area Heritage KM 260 Banjaratman, Brebes. (Kreator Z/Eko Haryanto)

Di luar gedung, sebuah lokomotif tua ikonik dipajang dan menjadi spot foto favorit pengunjung. Tampilan dinding bata tua yang terlihat lapuk karena termakan usia bisa dijadikan spot foto instagrammable. Meski sudah berdiri sejak tahun 1908, namun nuansa angker dan mistis yang melekat pada bangunan tua ini tidak terlihat.

tempat peristirahatanAneka toko souvenir di rest area heritage KM 260 Banjaratman, Brebes. (Kreator Z/Eko Haryanto)

Ada juga wahana permainan anak di sisi gedung, mulai dari istana balon, mobil listrik untuk anak hingga persewaan sepeda dan becak mini. Beragam jenis makanan, dari oleh-oleh khas Brebes hingga aneka oleh-oleh bisa jadi oleh-oleh di antara belasan warung.

tempat peristirahatan Bekas pabrik gula ini menjadi heritage rest area KM 260 Banjaratman, Brebes. (Kreator Z/Eko Haryanto)

Selain perlengkapan standar tempat peristirahatan seperti tempat parkir, toilet, mushola, SPBU dan beberapa gerai makanan cepat saji ada kopi juga melengkapi fasilitas tempat peristirahatan heritage KM 260 B-Banjaratma. Karena desainnya yang unik, klasik dan estetis, istirahatlah tempat peristirahatan itu seperti perasaan piknik.

Artikel menarik lainnya:

Susun cerita serumu dan dapatkan berbagai hadiah menarik! mari bergabung Z-pencipta dengan mengklik di sini.

Z-penciptaZ-pencipta

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button