Berita Wisata

Bekerjasama dengan Unwir, Pemcam Sukagumiwang menggali potensi lokal daerah

DISKOMINFO INDRAMAYU – Pemerintah Kabupaten Sukagumiwang (Pemcam) menyambut baik kedatangan mahasiswa Universitas Wiralodra (Unwir) yang ingin melaksanakan Konferensi Kerja Nyata (KKN) di wilayah Kabupaten Sukagumiwang agar dapat bersinergi untuk menggali potensi lokal di daerah.

Hal itu disampaikan Camat Sukagumiwang Suratno Sukarja saat kunjungan Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Unwir ke kantor Camat Sukagumiwang, Kamis (19/1/2023).

“Kami menyambut baik kehadiran mahasiswa yang ingin melakukan KKN di Kabupaten Sukagumiwang,” ujarnya.

Lebih lanjut Suratno mengatakan, sebagai bagian dari program KKN yang akan dilaksanakan, mereka harus terlebih dahulu berkoordinasi dengan tim Perencanaan Pembangunan Kabupaten (TPPK) Sukagumiwang mengenai konsep penggalian potensi yang telah dikembangkan oleh pemerintah kabupaten disamping kajian yang dilakukan oleh Pemkab. universitas, agar tercipta harmonisasi konsep yang dikembangkan sesuai dengan harapan bersama.

“Saya berpesan agar kajian dan pematangan konsep penggalian potensi daerah terus dilakukan dan dikoordinasikan dengan TPPK Sukagumiwang agar program kerja yang akan dilakukan mahasiswa dapat sejalan dengan program yang ada. -kecamatan,” tambahnya.

Diketahui, Pemkab Sukagumiwang sudah memiliki konsep terkait penggalian potensi daerah dimana setiap desa akan diproyeksikan di beberapa daerah seperti desa Cibeber yang direncanakan untuk wisata alam, desa Bondan yang digalakkan wisata religi, desa Gunungsari dengan peningkatan pertanian. produksi, dan desa Sukagumiwang menjadi pusat kota dan pendidikan.

Selain itu, tiga kawasan desa lainnya yakni desa Tersana akan menjadi hub olahraga di kecamatan Sukagumiwang, desa Spampinggan akan diplot menjadi hub UMKM, dan desa Gedangan akan dipromosikan menjadi objek wisata agro kecamatan Sukagumiwang.

Suratno diharapkan dengan adanya master plan diharapkan LPPM Unwir dapat melakukan kajian yang dilakukan secara akademik sehingga dapat diwujudkan dalam program KKN yang ingin dicapai oleh mahasiswa sehingga jika potensi daerah dapat digali, akan meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan peningkatan kesejahteraan ini dapat mendorong upaya pencapaian Indramayu yang bersih, religius, maju, adil, sejahtera dan besar (Bermartabat).

“Pemda Sukagumiwang berharap konsep yang telah dikembangkan dapat dipelajari dan diterima sehingga dapat diimplementasikan sehingga penggalian potensi wisata dapat dilakukan dengan baik,” harapnya. (FKR/MTQ—Tim Penerbitan Discominfo Indramayu)

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button