Tempat Wisata

Belakang Pulau Padang: Harga Tiket, Foto, Lokasi, Fasilitas dan Spot

Pulau ini mempunyai iklim tropis. Jadi jangan heran jika sampai di sana cuacanya akan sangat cerah. Sangat cocok untuk Anda yang mempunyai kulit putih dan ingin membuat kulitnya terlihat lebih eksotik. Pemandangan di pulau ini juga sangat indah dan berbagai kegiatan hobi atau hiburan dapat dilakukan di pulau ini.

Di Balik Fasilitas Pulau Padang

Meski termasuk pulau yang tidak terlalu padat penduduknya, namun fasilitas di pulau ini cukup lengkap. Di pulau ini terdapat fasilitas umum seperti sekolah, dari SD, SMP hingga SMA, tempat ibadah seperti masjid, gereja, dll, PLN, akomodasi walaupun sebatas guest house dan asrama, serta restoran.

Sedangkan pilihan transportasi bagi warga dan pengunjung pulau ini antara lain sepeda motor, sepeda, becak, perahu kecil, perahu nelayan, dan kapal feri.

Sejarah di Balik Pulau Padang

Konon pada zaman dahulu kala ada seorang laki-laki Bugis yang bernama Daeng Demak. Dia berlayar dan menemukan sebuah pulau yang indah, tetapi tidak ada penduduk di sana. Pulau yang ditemukan ini memiliki dataran yang luas dan banyak lahan kosong. Pepohonan yang ada di dalamnya masih sangat banyak ditumbuhi dan tidak teratur.

Nama Padang diambil karena Daeng Demak melihat tanah kosong di balik rimbunnya pepohonan. Itulah sebabnya pulau ini disebut Di belakang Pulau Padang. Kemudian waktu berubah dan berlalu dengan cepat. Berbagai suku mulai berdatangan ke pulau tersebut, namun sebagian besar dari mereka memutuskan untuk meninggalkan pulau tersebut dan kembali ke daerah asalnya masing-masing.

Beberapa orang yang selamat berusaha untuk menafkahi dan mempertahankan keberadaan pulau ini, termasuk dengan berupaya membiakkan keturunan untuk menambah jumlah penduduk pulau. Namun, mereka yang keluar pulau juga disebut-sebut merasa rindu kampung halaman, seolah-olah baru meminum air di “Belakang Padang”. Oleh karena itu, tidak jauh dari situ ada pulau lain yang masih termasuk wilayah belakang Padang dan dinamakan Pulau Penawar Rindu.

Baca juga: Menikmati Surga Bawah Laut Pulau Abang

Berburu foto di tur ini

Semua kursi di dalam Di belakang Pulau Padang Anda wajib mengabadikannya di galeri kamera Anda. Jangan lewatkan juga pemandangan bawah lautnya. Dari pintu masuk Anda bisa mengambil foto dengan latar belakang hamparan luas laut biru yang indah.

Penghuni juga bisa diajak berfoto bersama. Jangan ragu untuk menghubungi mereka karena warga akan dengan senang hati menyambut Anda, apalagi jika mereka bisa menjadi bagian dari cerita perjalanan Anda.

Tips berwisata ke luar Pulau Padang

Pertama-tama, untuk sampai ke sana Di belakang Pulau Padang Anda harus tiba terlebih dahulu di kota Batam. Dari sana Anda bisa naik perahu kecil atau menyewa perahu nelayan dengan biaya terjangkau. Perjalanan dari Batam menuju pulau ini juga tidak memakan waktu lama, hanya membutuhkan waktu sekitar 10 hingga 15 menit saja.

Menikmati keindahan di balik Pulau Padang

Anda yang tinggal di kota besar mungkin jarang menjumpai becak atau belum pernah mendengar tentang becak sebelumnya. Anda bisa berkeliling pulau ini dengan bantuan becak atau sepeda. Bayangkan melihat pemandangan indah ditemani angin sepoi-sepoi yang bertiup di ayunan becak. Sejenak Anda bisa melupakan penatnya kehidupan sehari-hari.

Peta Lokasi Dibalik Pulau Padang

Jam buka dan tarif masuk Balik Pulau Padang

Pulau ini bisa dikunjungi setiap hari mulai pukul 08.00 WIB hingga 19.00 WIB, atau saat warganya beraktivitas yakni saat warga sedang bekerja. Sebagai pengunjung atau wisatawan, Anda harus membayar biaya sebesar Rp 20.000/orang untuk memasuki pulau ini.

Menyewa perahu nelayan atau perahu kecil, menginap di losmen atau losmen terdekat di pulau ini, menyewa becak dan makan di restoran di pulau ini mempunyai harga tersendiri. Namun, biaya yang ditawarkan tidak akan membebani dompet Anda. Misalnya, sewa becak keliling pulau hanya dikenakan biaya Rp 20.000,00.

Sekian informasi dan fakta menarik seputarnya Di belakang Pulau Padang yang berlokasi di Batam. Semoga dapat menghibur anda dan membuat pariwisata Indonesia semakin digemari khususnya di Kepri.

Galeri foto belakang Pulau Padang

Potret pulau di belakang Pulau Padang dari laut
Keindahan Pantai di Balik Pulau Padang
Potret pelabuhan

Suasana Kota di Belakang Pulau Padang
Kopi Ameng, salah satu ikon dibalik Pulau Padang

Source: www.tempatwisata.pro

Related Articles

Back to top button