Berita Wisata

Belitung Tour: Menikmati keindahan pantai dari atas Bukit Samak, bekas pemukiman penduduk Belanda

POSBELITUNG.CO — Destinasi wisata Bukit Samak terletak di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Bukit Samak dulunya merupakan kawasan pemukiman para pejabat Belanda.

Selain perumahan, juga terdapat bangunan mewah yang pernah ditempati oleh para pimpinan perusahaan PT Timah di kota Manggar.

Rumah Bukit Samak yang sebelumnya ditempati pejabat Belanda, kemudian dijadikan rumah dinas Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Manggar.

Namun kini, dengan kerjasama pemerintah dan masyarakat sekitar, kawasan Bukit Samak telah menjelma menjadi objek wisata rekreasi baru di Beliltung Timur.

Kawasan wisata Bukit Samak A1 di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (18/9/2022).Kawasan wisata Bukit Samak A1 di Desa Lalang, Kecamatan Manggar, Kabupaten Belitung Timur, Minggu (18/9/2022). (Posbelitung.co/Disa Aryandi)

Bukit Samak menyuguhkan pemandangan alam dari atas bukit, berupa perairan Laut Belitung Timur yang sangat indah.

Anda bisa melihat panorama alam dengan sudut pandang yang luas, seperti pemandangan Pantai Nyiur Melambai, Pantai Tebing, Pantai Oliver dan Kota Manggar.

Selain itu, kapal yang melintas juga akan menjadi daya tarik tersendiri saat melihat panorama alam dari atas Bukit Samak.

Didukung dengan udara yang sejuk di pagi dan sore hari membuat Bukit Samak semakin menarik untuk dikunjungi sambil bersantai.

Tak hanya menyuguhkan pemandangan alam, Bukit Samak juga dilengkapi berbagai fasilitas dan spot foto menarik untuk memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung yang datang.

Diantaranya replika kerbau, replika perahu kater, prasasti Bukit Samak sebagai ikon, bendera berbagai negara eks G20, serta monumen gerhana matahari total.

Bukit A1 SamakBukit A1 Samak (Posbelitung.co/BryanBimantoro)

Selain itu, di Bukit Samak juga terdapat gazebo, mushola, taman bermain, kafe, dan restoran.

Bahkan bagi anda yang berminat untuk bermalam disini juga tersedia akomodasi dengan beberapa layanan seperti full AC, gedung serbaguna, entertainment, dll.

Dengan semua yang ditawarkan, Bukit Samak menjadi salah satu destinasi favorit anak muda di Kota Manggar, terutama di akhir pekan untuk bersantai atau berfoto.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button