Berita Wisata

Belum banyak yang tahu, berikut 5 rekomendasi destinasi wisata pantai di Cilacap Solopos.com

SOLOPOS.COM – Anggota BPBD Kabupaten Cilacap memantau gelombang air laut di Pantai Widarapayung, Selasa (26/7/2022). (Humas BNP)

Solopos.com, CILACAP – Cilacap yang terletak di selatan Jawa Tengah ini memiliki sederet pantai yang mengagumkan. Pantai Cilacap menjadi salah satu destinasi favorit para wisatawan untuk menghabiskan liburan atau sekedar bersantai.

Salah satu pantai ini bahkan masih asri karena hanya sedikit orang yang mengetahuinya dan sedikit orang yang mengunjunginya. Pantai ini terletak di salah satu pulau terkenal di Cilacap, yaitu Pulau Nusakambagan.

PromosiMayoritas konsumen memilih Tokopedia sebagai e-commerce yang paling aman, terpercaya dan memuaskan

Berikut beberapa rekomendasi dari solopos.com wisata tepi laut di Cilacap yang bisa menjadi pilihan saat berkunjung ke Cilacap.

1. Pantai Teluk Penyu

Pantai ini cocok untuk dikunjungi para pemburu Matahari terbit dan matahari terbenam. Panorama yang mempesona dapat dinikmati saat matahari terbit di pagi hari dan terbenam di sore hari.

EMagz Solopos

Luncurkan dari halaman Wisata.cilacapkab.go.id, Pantai Teluk Penyu memiliki objek wisata Benteng Pendem dan pabrik pengolahan minyak milik PT. PERTAMINA. Tidak heran jika pengunjung melihat panorama kapal tanker yang bekerja di sini.

Pantai ini berpasir dan ditumbuhi pepohonan untuk memberikan rasa teduh bagi pengunjung.

Ombaknya relatif kecil, sehingga cukup aman untuk bermain air di sekitar pantai. Pantai ini biasanya digunakan untuk kegiatan akhir pekan bagi wisatawan dan penduduk lokal seperti jogingbersepeda atau senam.

Pantai Teluk Penyu terletak di Desa Cilacap, Kecamatan Cilacap Selatan, Kota Cilacap. Jaraknya bisa dibilang sangat dekat dengan pusat kota Cilacap, sekitar 2 km.

2. Pantai Jetis

Berbeda dengan Pantai Teluk Penyu, Pantai Jetis dikenal dengan ombaknya yang cukup besar. Oleh karena itu pengunjung disarankan untuk lebih berhati-hati saat bermain di pantai.

Meski begitu, daya tarik pantai ini juga sangat menarik. Obyek wisata ini menawarkan keindahan pemandangan deburan ombak laut selatan dan pemandangan alam pegunungan serta keindahan alur Sungai Bodo.

Solopos interaktif

Selain itu, di sini Anda akan menemukan banyak pohon cemara laut yang ditanam untuk penghijauan di kawasan ini. Makanya, Pantai Jetis juga dikenal dengan nama Pantai Cemara Sewu. Pantai ini terletak sekitar 40 km sebelah timur kota Cilacap.

3. Pantai Kali Kencana

Pantai ini bisa dibilang salah satu permata tersembunyi Pulau Nusakambangan. Lokasinya berada di bagian selatan pulau.

Pantai Kali Kencana terletak di Pulau Nusakambagan, Kec. Tambakreja, Kabupaten Cilacap, Jawa Tengah.

Rute dan medan menuju lokasi pantai ini masih cukup sulit, yang mungkin menjelaskan kenapa pantai ini masih sedikit dikunjungi oleh pengunjung.

Namun, perjalanan panjang yang Anda tempuh akan terbayar sesampainya di sini. Anda akan disuguhi pemandangan yang indah dan eksotik, yaitu perpaduan antara pasir putih dan air laut yang biru jernih serta deretan pepohonan hijau yang mengelilingi pantai.

4. Pantai Permisan

Pantai Permisan juga merupakan salah satu objek wisata pantai tersembunyi di selatan Pulau Nusakambagan.

Karena sedikit orang yang tahu tentang pantai ini, keaslian dan kealamiannya selalu terjaga. Warna air lautnya yang biru dan sangat jernih serta pasir putihnya yang terbentang luas membuatnya semakin indah untuk diabadikan.

Iklan

Cocok untuk anda yang ingin menikmati waktu santai dan menghilangkan stress dengan suasana pantai yang tenang.

Pantai ini letaknya strategis, bersebelahan dengan Pelabuhan Sodong. Dengan demikian, akses menuju pantai Permisan juga cukup mudah untuk dilalui.

5. Pantai Widarapayung

Pantai Widarapayung merupakan objek wisata pantai dengan luas sekitar 500 hektar yang terletak di desa Widarapayung, kabupaten Binangun atau 35 km sebelah timur kota Cilacap.

Daya tarik Pantai Widarapayung yang bisa Anda nikmati adalah deretan pohon kelapa dan cemara yang menyejukkan serta hamparan pasir hitam yang bersih berkilau.

Selain menikmati pemandangan Pantai Widarapayung, Anda bisa menikmati berbagai aktivitas menarik, antara lain menunggang kuda, bermain pasir, berfoto dengan pemandangan laut yang indah, dan berburu kepiting.

Mengutip website Dinas Olahraga Pemuda dan Pariwisata Kabupaten Cilacap, fasilitas yang ditawarkan di pantai Widarapayung terbilang cukup lengkap. Misalnya jalan beraspal penampungan (shelter), pos pengamatan, kolam renang, parkir mobil, warung makan dan kesenian daerah.

Di pantai indah di Widarapayung ini juga sudah disiapkan petugas keamanan coastguard (mencari dan menyelamatkan) untuk menciptakan suasana yang aman bagi pengunjung.

Beriklan dengan kami

Berikut beberapa rekomendasi wisata tepi laut di Cilacap yang bisa menjadi referensi Anda sebelum ke Cilacap. Suasana pantai yang tenang akan sangat cocok untuk bersantai dari aktivitas sehari-hari.

Source: news.google.com

Related Articles

Back to top button